Pelaksanaan Program Life Skill di SMA

Authors

  • Hanik Rahmawati Universitas Islam Negeri Fatah Palembang
  • Saipul Annur Universitas Islam Negeri Fatah Palembang
  • Rabial Kanada Universitas Islam Negeri Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7124

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program life skill dan faktor-faktor pendukung dan penghambat program life skill di SMA Plus PGRI 2 Kayen. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian validitas bahan penelitian ini dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program life skill di SMA Plus PGRI 2 Kayen berjalan dengan baik, mulai dari pelaksanaannya, sarana-prasarana yang dibutuhkan cukup untuk menunjang berjalannya kegiatan, serta semua pihak yang terkait untuk mensukseskan berjalannya program life Skill di SMA Plus PGRI 2 Kayen. Adapun faktor pendukung yaitu sarana prasarana yang cukup dan pembimbing dari tenaga ahli. Adapun faktor penghambat ialah ada beberapa sarana prasarana yang peralatannya belum cukup dan kesadaran siswa untuk tertib dalam pembelajaran life skill masih rendah. Simpulan penelitian ini dengan adanya program life skill akan meningkatkan perkembangan potensi diri anak dalam hal positif dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: Life Skill, Pelaksanaan, Program.

 

Author Biographies

  • Saipul Annur, Universitas Islam Negeri Fatah Palembang

     

     
  • Rabial Kanada, Universitas Islam Negeri Fatah Palembang

     

     

References

Amalia, R. (2016). Manajemen Program Life Skill di MAN Purwokerto 2. IAIN Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/1997/

Annur, S. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan.: Noer Fikri Offiset. Palembang

Asrori, M., Baskoro, F., Wijaya, A., & Hozairi, H. (2022). Peningkatan Life Skill Siswa SLTA melalui Program SMA Double Track Sebagai Upaya Mengurangi Potensi Pengangguran di Jawa Timur. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2022.3.1.1-11

Fajarina, L. (2018). Implementasi Pendidikan Keterampilan (Vokasional) melalui Program Life Skill di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Jurnal Kebijakan Pendidikan. 7(1). 13-22. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/download/13064/12622

Hardani, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu. Yogyakarta

Hartono, J. (2018). Strategi Penelitian. Andi Offiset. Yogyakarta

Komariah, E. D. (2010). Administrasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Maloeng, L. J. (2002). Metodologi Penelitan Kualitatif. Rosda Karya. Bandung

Mulyono, M. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Nisa', Z. (2013). Implementasi Program Layanan Life SKill di SMA Muhamamduyah 1 Muntilan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/12418/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Prabowo, S. L. Nurmaliyah, F., Fathani, H. A. (2010). Perencanaan Pembelajaran pada Bidang Studi Tematik Muatan Lokal Kecakapan Hidup Bimbingan dan Konseling. UIN Maliki Press. Malang

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian. Alfabeta. Bandung

Wulandari, Z., Yulianingsih, W. (2022). Pengelolaan Program Life Skill Menjahit Tingkat Dasar dalam Meningkatkan Kompetensi Warga Belajar di Skb Sidoarjo. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. 11(1). 204-217. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Downloads

Published

2023-12-30