Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah
Abstract
Tujuan penelitian ini menjelaskan implementasi pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 9 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil menunjukan bahwa pada perencanaan kurikulum merdeka yang mencakup capaian pembelajaran, alur pembelajaran, tujuan alur pembelajaran yang terpadu dalam modul ajar. Pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah terealisasi sesuai modul ajar dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti cooperatif learning, diskusi, ceramah dan penugasan. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran sejarah terdiri dari asessmen diagnostik, formatif dan sumatif. Terdapat problematika yang dialami guru dalam implementasinya seperti kesulitan dalam membuat modul ajar dan penilaian dan projek profil pelajar pancasila. Dapat disimpulkan implementasi kurikulum merdeka di SMA N 9 Kota Padang berjalan cukup baik meskipun terdapat permasalahan yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Evaluasi, Pelaksanaan, Perencanaan.
References
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Lembaga Pendidikan. Prosiding (SENASSDRA) Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora, 1(1), 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2332
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/452
Marzoan, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/360
Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324
Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara. Jakarta
Natalia, K., & Sukraini, N. (2021). Pendekatan konsep merdeka belajar dalam pendidikan era digital. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 22–34. https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.93
Siregar, K. Z. B., & Marjo, H. K. (2022). Transisi Kurikulum di Indonesia: Apa Dampaknya Bagi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling? Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(2), 199–206. http://dx.doi.org/10.22437/jssh.v6i2.22908
Sofia, S. A., & Basri, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang: Kurikulum Merdeka. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.59513
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 146–167. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661
Susilawati, S., Octasari, A., & Juanda, J. (2023). Analisis Struktur Kurikulum K13 dan Struktur Kurikulum Merdeka Fase E untuk Kelas X dan Fase F untuk Kelas XII. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 24–32. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/366
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1). https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). 126-136. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121