Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Multimedi Interaktif Siswa Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa multimedia interaktif siswa kelas V SD Negeri 32 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan Multimedia Interaktif yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan model Four-D. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 6 orang siswa. Instrumen untuk mengukur kualitas multimedia interaktif yaitu: lembar validasi, angket kepraktisan dan tes. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,80. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 6 orang diperoleh bahwa Multimedia Interaktif memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 98%,dan mempunyai efek potensial 96,42%. Simpulan penelitian ini bahwa multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dan praktis dan bisa digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Multimedia Interaktif, Pengembangan.
References
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal pendidikan matematika, 1(2). 51-63. https://media.neliti.com/media/publications/269813-pengembangan-lks-berbasis-rme-dengan-pen-82047945.pdf
Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. . (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS yang Bermakna pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25
Pramono, S. (2013). Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Widya Karya. Semarang
Pratiwi, I, A., Kanzunnudin, M., Rondli, W, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Berbasis Multikultular. Jurnal Konseling GUSJIGANG 2(1). 111-119. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/579
Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(8), 1105. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905
Surjono, H, D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. UNY Press. Yogyakarta
Copyright (c) 2023 Novian Hadi, Aswarliansyah Aswarliansyah, Armi Yuneti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.