Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Multimedi Interaktif Siswa Kelas V SD

  • Novian Hadi Universitas PGRI Silampari
  • Aswarliansyah Aswarliansyah Universitas PGRI Silampari
  • Armi Yuneti Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa multimedia interaktif siswa kelas V SD Negeri 32  Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 serta untuk menghasilkan Multimedia Interaktif yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan model Four-D. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 6 orang siswa. Instrumen untuk mengukur kualitas multimedia interaktif yaitu: lembar validasi, angket kepraktisan dan tes. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,80. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 6 orang diperoleh bahwa Multimedia Interaktif memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 98%,dan mempunyai efek potensial 96,42%. Simpulan penelitian ini bahwa multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dan praktis dan bisa digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Multimedia Interaktif, Pengembangan.

 

Author Biographies

Aswarliansyah Aswarliansyah, Universitas PGRI Silampari

 

 
Armi Yuneti, Universitas PGRI Silampari

 

 

References

Femi, Marwanti, E. ., Setyawan, A. D. ., & Nofrida, E. R. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis PPT interaktif muatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Bangunharjo Sewon Bantul . Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(3), 294–302. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14872

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal pendidikan matematika, 1(2). 51-63. https://media.neliti.com/media/publications/269813-pengembangan-lks-berbasis-rme-dengan-pen-82047945.pdf

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. . (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS yang Bermakna pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25

Pramono, S. (2013). Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Widya Karya. Semarang

Pratiwi, I, A., Kanzunnudin, M., Rondli, W, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Berbasis Multikultular. Jurnal Konseling GUSJIGANG 2(1). 111-119. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/579

Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(8), 1105. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905

Surjono, H, D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. UNY Press. Yogyakarta
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 10 times