Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa media Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SD Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” yang valid dan praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model Four-D (4-D), yang terdiri dari 4 tahapan: Define, Design, Development dan Dissemination. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validitas Aiken’V dari ketiga ahli validator ahli bahasa 0,79, ahli media 0,78, dan ahli materi 0,91, dengan interpretasi validitas tinggi dan valid. Untuk mengukur kepraktisan media Fun Thinkers Book peneliti menggunakan angket respon guru kelas IV dan 6 siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda dengan hasil kepraktisan guru yaitu 94% dan kepraktisan siswa yaitu 96,87 dinyatakan sangat praktis. Hasil uji coba efektif dengan skor 0,70 berada dalam kategori tinggi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media Fun Thinkers Book praktis dan efektif layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Fun Thinkers Book, Media, Pengembangan.
References
Afrila, D., & Hidayat, A. F. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Statistika Pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 26-35. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/857
Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Hipotetik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar. 7(4). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26466
Arywaiantari, D., Agung, A. A. G., Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611
Arsyah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajhan untuk Kelas V SDN 66 Payakumbuh. https://repository.uir.ac.id/10490/1/176910973.pdf
Apriliyani, A., Sudjarwo, S., Pargito, P. (2014). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS di SD. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/download/5529/3583
Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media "Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382
Friza, E. F., Suhendra, S., & Nurdianti, R. R. S. (2019). Ecobrik Education as a Community-Based Waste Management Management Solution [Edukasi Ecobrik Sebagai Solusi Manajemen Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat]. Proceeding of Community Development, 2, 799–807. http://dx.doi.org/10.30874/comdev.2018.153
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya. Bandung
Lestari, F., Egok, S. A., Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika: Wahana Jurnal Ilmu Pendidikan. 18(3). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4395
Mulyatiningsih, M. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. GP Press Group. Jakarta
Purnama, M., Rahmatina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studie. 4(1). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3756
Copyright (c) 2023 Irma Ima Wati, Elya Rosalina, Novianti Mandasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.