Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD

  • Irma Ima Wati Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau
  • Novianti Mandasari Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa media Fun Thinkers Book pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SD Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” yang valid dan praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model Four-D (4-D), yang terdiri dari 4 tahapan: Define, Design, Development dan Dissemination. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validitas Aiken’V dari ketiga ahli validator ahli bahasa 0,79, ahli media 0,78, dan ahli materi 0,91, dengan interpretasi validitas tinggi dan valid. Untuk mengukur kepraktisan media Fun Thinkers Book peneliti menggunakan angket respon guru kelas IV dan 6 siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda dengan hasil kepraktisan guru yaitu 94% dan kepraktisan siswa yaitu 96,87 dinyatakan sangat praktis. Hasil uji coba efektif dengan skor 0,70 berada dalam kategori tinggi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media Fun Thinkers Book praktis dan efektif layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Fun Thinkers Book, Media, Pengembangan.

 

Author Biographies

Elya Rosalina, Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau

 

 
Novianti Mandasari, Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau

 

 

References

Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2). Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400

Afrila, D., & Hidayat, A. F. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Statistika Pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 26-35. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/857

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar: Kajian Hipotetik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar. 7(4). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26466

Arywaiantari, D., Agung, A. A. G., Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611

Arsyah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajhan untuk Kelas V SDN 66 Payakumbuh. https://repository.uir.ac.id/10490/1/176910973.pdf

Apriliyani, A., Sudjarwo, S., Pargito, P. (2014). Pengembangan Media Gambar Realita dalam Pembelajaran IPS di SD. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/download/5529/3583

Rahmah, D. L., & Hidayat, M. T. (2022). Pengembangan Media "Fun Thinkers Book" untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6361–6372. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3259

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Friza, E. F., Suhendra, S., & Nurdianti, R. R. S. (2019). Ecobrik Education as a Community-Based Waste Management Management Solution [Edukasi Ecobrik Sebagai Solusi Manajemen Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat]. Proceeding of Community Development, 2, 799–807. http://dx.doi.org/10.30874/comdev.2018.153

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya. Bandung

Lestari, F., Egok, S. A., Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika: Wahana Jurnal Ilmu Pendidikan. 18(3). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4395

Mulyatiningsih, M. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. GP Press Group. Jakarta

Purnama, M., Rahmatina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studie. 4(1). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3756
Published
2023-12-31
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 12 times