Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sd

  • Oka Meylia universitas PGRI Silampari
  • Syafrizal Syafrizal Universitas PGRI Silampari
  • Candres Abadi Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Muara Batang Empu setelah diterapkan Student Facilitator and Explaining. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimental design. Populasi seluruh kelas IV SD Negeri Muara Batang Empu dan sebagai sampel kelas IV.A sebagai kelas eksperimen yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan Hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan Student facilitator and explaining pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan yaitu rata-rata sebesar 88,96 dan jumlah yang tuntas mencapai 100%. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 13,14 ttabel 1,71 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan dari hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Muara Batang Empu setelah penerapan Student facilitator and explaining secara signifikan tuntas.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Student Facilitator and Explaining.

 

Author Biographies

Oka Meylia, universitas PGRI Silampari

 

 
Syafrizal Syafrizal, Universitas PGRI Silampari

 

 
Candres Abadi, Universitas PGRI Silampari

 

 

References

Akhiruddin, A., Sujarwo, S., Atmowardoyo, H., Nuhikmah, N. (2019). Bahan Ajar: Belajar dan Pembelajaran. CV. Cahaya Bintang Cemerlang. Gowa http://eprints.unm.ac.id/20944/1/Sertifikat%20HKI%20dan%20Produknya%20-%20BELAJAR%20%26%20PEMBELAJARAN%20%28Teori%20Dan%20Implementasi%29%20.pdf

Eviyanah, E. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMK Negeri 31 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 40–50. https://doi.org/10.21009/jps.071.03

Faisal & Lova. S. M. (2018). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. CV. Harapan Cerdas. Medan

Hajar. S. (2020). Implementasi Model Student Facilitator and Explaining pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. e-JIPSD: e-Jurnal Onovasi Pemebaljaran Sekolah Dasar. 8(8) 324–339. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10587

Herliani., Boleng. D. T., & Maasawet. E. T. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Lakeisha. Srikaton

Khosim. N. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran yang Menggembirakan. Surya Media Publishing. Bandung

Lestari, N. W. I., Kristiantari, M. G. R., Negara, I. C. A. O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2160

Nehe, Y. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 40-49. Retrieved from https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/864

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Syamsuri, A, S. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. PT. Nas Media Indonesia. Yogyakarta

Undang–Undang Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Wiranti, D. N. P., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Peta Konsep terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Journal of Education Technology, 1(3), 204–210. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 5 times