Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas iv di Sekolah Dasar

  • Iis Junayah universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis discovery learning yang memenuhi kriteria valid, praktis dan juga efektif. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator diperoleh hasil validasi bahan ajar discovery learning sebesar 0,86 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk uji coba kelompok kecil serta guru kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Sukamaju diketahui bahwa kepraktisan bahan ajar berbasis discovery learning sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis. Pada uji coba keefektifan dilakukan pada kelompok besar pada siswa kelas IV SD Negeri Sukamaju yang berjumlah 14 orang dilakukan uji coba pretest dan postest yang diperoleh hasil untuk pretest menunjukkan nilai rata-rata 37, sedangkan untuk uji coba postest menunjukkan hasil rata-rata 81 dengan nilai N-gain 0,69 kategori sedang. Simpulan penelitian ini bahwa Bahan ajar berbasis discovery learning pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning, IPS, Pengembangan

 

Author Biography

Asep Sukenda Egok, Universitas PGRI Silampari

 

 

References

Al-Tabany, T. B. I. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konstektual: Konsep, Landasa, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Prenada Media Group. Jakarta

Ardiani, R. L., dan Purnasari, N. (2020). Kajian Metode Discovery Learning dan Resitasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa SD. At-Tarbai:Jurnal Kajian Kependidikan Islam. 5(2). 83-101. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/2562

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Gusdianna, p., Egok, A. S., & Gusdian, P., Egok, A. S. (2021). Pengembangan Media Kotak Permainan Spinning Whell Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 69 Lubuklinggau. LJESE: Linggau Jurnal of Elementary Education, 1(2),44-45. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/161

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51-63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. (2019). Discovery Learning: Penerapan dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87-99. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255-269.. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395

Patandung, Y. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508

Zuriyah, R., Listyaningsih, S. (2019). Pengembangan Game Jumanji Tiruan Sebagai Media Pembelajaran PPKN Pada Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD KRI Tahun 1945 Bagi Peserta Didik Kelas X di SMA Al-Fatah Bangilan Tuban. Kajian Moran dan Kewarganegaraan. 7(2). 481-485. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/28386/25966
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 2 times