Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar

  • Selvitri Yuliansi universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi, teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z pada taraf signifikan a =0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa Zhitung = 2,28 > Ztabel = 1,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning secara signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76, 81.

 

Kata Kunci: IPS, Model, Pembelajaran Kontekstual.

 

Author Biographies

Selvitri Yuliansi, universitas PGRI Silampari

 

 
Asep Sukenda Egok, Universitas PGRI Silampari

 

 
Agung Nugroho, Universitas PGRI Silampari

 

 

References

Abdullah, A. (2011). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta

Murtono, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Wade Grup. Ponorogo
Nurdiansyah, E. F. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizami Learning Center. Sidoharjo

Putri, R.S, Egok, A.S & Febriandi, R. (2022). Penerapan model Contectual Teaching and Learning terhadap pembelajaran TEMATIK. Jurnal of Elemantary School (JOES), 5(2), 369. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.3909

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta

Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara. Jakarta

Valen, A. & Egok, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division Siswa Kelas IV SD Negeri 82 Bengkulu. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru SEkolah Dasar, 4(2), 181-189. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2593

Yanti, N & Ptuarga, H. S. (2022). Penerapan Model Contextual Teaching Learning pada siswa kelas IV SD dalam Pembelajaran IPS Keragaman Suku Bangsa. Collase: Creative of Learning Student Elementary Education). 5(4). https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.6217
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 8 times