Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Selvitri Yuliansi universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7294

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi, teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z pada taraf signifikan a =0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa Zhitung = 2,28 > Ztabel = 1,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Jajaran Baru setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning secara signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76, 81.

 

Kata Kunci: IPS, Model, Pembelajaran Kontekstual.

 

Author Biographies

  • Selvitri Yuliansi, universitas PGRI Silampari

     

     
  • Asep Sukenda Egok, Universitas PGRI Silampari

     

     
  • Agung Nugroho, Universitas PGRI Silampari

     

     

References

Abdullah, A. (2011). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta

Murtono, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Wade Grup. Ponorogo
Nurdiansyah, E. F. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizami Learning Center. Sidoharjo

Putri, R.S, Egok, A.S & Febriandi, R. (2022). Penerapan model Contectual Teaching and Learning terhadap pembelajaran TEMATIK. Jurnal of Elemantary School (JOES), 5(2), 369. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.3909

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta

Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Bumi Aksara. Jakarta

Valen, A. & Egok, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division Siswa Kelas IV SD Negeri 82 Bengkulu. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru SEkolah Dasar, 4(2), 181-189. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2593

Yanti, N & Ptuarga, H. S. (2022). Penerapan Model Contextual Teaching Learning pada siswa kelas IV SD dalam Pembelajaran IPS Keragaman Suku Bangsa. Collase: Creative of Learning Student Elementary Education). 5(4). https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.6217

Downloads

Published

2023-12-30