Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Video pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD

  • Nadia Tias Nita universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan video pembelajaran secara signifikan tuntas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik penelitian pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk essay. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test diperoleh 21,54 dengan persentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 73,05 dengan persentase ketuntasan 80% atau 25 siswa yang tuntas. Diperoleh nilai (2,29) ≥  (1,70). Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan video pada pembelajaran IPS signifikan tuntas

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video, Model Role Playing, Pembelajaran IPS

 

Author Biographies

Nadia Tias Nita, universitas PGRI Silampari

 

 
Aren Frima, Universitas PGRI Silampari

 

 
Andriana Sofiarini, Universitas PGRI Silampari

 

 

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Baru Algensindo. Jakarta

Hafid. Abd. (2011). Sumber Media Pembelajaran. Sulesana, 6(2). 69-78. https://core.ac.uk/download/pdf/234751524.pdf

Hafid, A. (2016). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69-78. https://doi.org/10.24252/.v6i2.1403

Mulyasa, M. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sudjana, N., & Ibrahim, I. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo. Bandung

Sudjana, S. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Tarigan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 5(3). 102-112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/download/43318/19033/

Trianto, T. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Kencana. Surabaya

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 3 times