Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Video pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Lubuklinggau setelah menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantuan video pembelajaran secara signifikan tuntas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Teknik penelitian pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk essay. Teknik analisis data terdiri dari teknik prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test diperoleh 21,54 dengan persentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 73,05 dengan persentase ketuntasan 80% atau 25 siswa yang tuntas. Diperoleh nilai (2,29) ≥ (1,70). Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan video pada pembelajaran IPS signifikan tuntas
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video, Model Role Playing, Pembelajaran IPS
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Baru Algensindo. Jakarta
Hafid. Abd. (2011). Sumber Media Pembelajaran. Sulesana, 6(2). 69-78. https://core.ac.uk/download/pdf/234751524.pdf
Hafid, A. (2016). Sumber dan Media Pembelajaran. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 69-78. https://doi.org/10.24252/.v6i2.1403
Mulyasa, M. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sudjana, N., & Ibrahim, I. (2012). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo. Bandung
Sudjana, S. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Tarigan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 5(3). 102-112. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/download/43318/19033/
Trianto, T. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Kencana. Surabaya
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta
Copyright (c) 2023 Nadia Tias Nita, Aren Frima, Andriana Sofiarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.