Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Macth pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7374Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Lubuklinggau tahun ajaran 2022/2023 setelah diterapkan Model Kooperatif Tipe Make a Match. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan jenis data kuantitatif. Populasi dan sampel adalah seluruh kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar sejarah siswa kelas IV SD Negeri 1 Lubuklinggau setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Make a Match secara signifikan tuntas. Hal ini sesuai dengan hasil uji-Z nilai post-test pada taraf signifikan α=0,05, diperoleh Zhitung (5,40) > Ztabel (0,4997), rata-rata hasil belajar sejarah siswa setelah penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match sebesar 77,88 dan persentase jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar mencapai 76,47%. Simpulan penelitian ini bahwa Model kooperatif tipe Make a Match dapat mempengaruhi hasil belajar IPS pada siswa.
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Make a Match, IPS.
References
Arikunto, S. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
Jihan, J., & Haris, H. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo. Yogyakarta
Rahman. R, Munandar, S. A., Fitriani, A. Karlina, Y., Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Undur Pendidikan. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. 2(1). 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Rusman, R. (2010). Model-Model Pembelajaran, PT, Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sugiyono, S. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Surahamna, E., & Mukmin, M. (2017). Peran Guru Ips Sebagai Pendidik Dan Pengajaran Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. HARMONI SOSIAL: Jurnal Pendidikan IPS. 4(1). 1-13. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/8660
Winarni, E. W., Koto, I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) dengan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Perkuliahan IPA Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2). 134-144. https://ejournal.unib.ac.id/dikdas/article/download/13875/6850