Penerapan Model Probing Prompting terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

  • Sri Vera Oktaviani universitas PGRI Silampari
  • Hamdan Hamdan Universitas PGRI Silampari
  • Aswarliansyah Aswarliansyah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan jenis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z dan pembahasan dapat diperoleh nilai rata-rata tes akhir 81,99 dan persentase siswa yang tuntas pada pembelajaran sebanyak 27 siswa (81,81%). Serta berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Zhitung = 8,10 dan Ztabel = 1,65. Simpulan penelitian dapat dilihat bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N setelah penerapan model pembelajaran probing prompting signifikan tuntas.

 

Kata Kunci: Penerapan, Probing Prompting, IPS

   

Author Biographies

Sri Vera Oktaviani, universitas PGRI Silampari

 

 
Hamdan Hamdan, Universitas PGRI Silampari

 

 
Aswarliansyah Aswarliansyah, Universitas PGRI Silampari

 

 

References

Ahdar, D., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center. Sulawesi Selatan

Annisa Nidaur Rohmah, & Silvi Robiyatul Laily. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. IBTIDA’, 1(1), 33-40. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i1.109

Apriyanti, E., Amaliah, N. W. ., & Ndia, E. (2022). Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa . Biology and Education Journal, 2(2), 44–54. https://doi.org/10.25299/baej.2022.11511

Bomantara, G. U. P. W., Zulherman, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-prompting terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5). 3105 - 3112. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1227

Fauziyah, M., Mintohari, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-prompting terhadap Hasil Belajar pada Tema 8 (Ekosistem) Siswa Kelas V SDN Wiyung I Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(3). 533-543. https://www.neliti.com/id/publications/254467/pengaruh-model-pembelajaran-probing-prompting-terhadap-hasil-belajar-pada-tema-8#cite

Hidayat, R., Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. Medan

Hilmi, M. Z. (2017) Implementasi pendidikan IPS dalam Pembelajaran di Sekolah. Juranl Ilmiah Mandala Education. 3(2). 164-172. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v3i2.198

Kaptinining, T. Sudarmiani, S., Rifai, M. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Probing Prompting pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 2 Gelanglor Ponorogo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. 3. 1057-1068. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Lubis, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Cita-Citaku Kelas V SDN 017 Pandau Jaya. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam. 11(2). 176-189. http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v11i2.422

Mukhtar, M., Rosyidah, U., Setyawati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing Prompting dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. MATHEMA JOURNAL. 4(1). 50-58. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/download/1815/785

Ridwan, R., & Indra, I. (2021). Konsep Metodologi bagi Pemula, Cetakan Pertama. Anugerah Pratama Press, Jambi

Rohmah, A. N., Laily, S. R. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1(1). 33-40. https://doi.org/10.37850/ibtida’.v1i1.109

Samad, S. (2021). Penerapan Metode Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 26 Pulau Balang Lompo Kecamatan Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makasar. Diakses dari: http://eprints.unm.ac.id/33522/1/JURNAL.pdf

Sari, A. D., Suhendra, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. EDUPEDIA. 3(2). https://doi.org/10.24269/ed.v3i2.305

Sudjana, S. (2015). Metode Statistika. Tarsito. Bandung

Sugiyono. S, (2011). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Syahrum, S., & Salim, S. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Citapustaka. Bandung

Yunhadi, W. (2020). Karakteristik Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 5(2), 75-86. https://doi.org/10.21462/educasia.v5i2.52
Published
2024-03-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 4 times