Penerapan Model Pembelajaran Kumon melalui Media Lks terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

  • Susanti Susanti Universitas Flores
  • Aren Frima Universitas Flores
  • Ani Fiani Universitas Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Kumon melalui media LKS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Al Ilmu Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu kategori one group pre-test and post-test group. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 42,63 dengan persentase ketuntasan 8,33% atau ada 2 siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 77,29 dengan persentase ketuntasan 83,33% atau 20 siswa yang tuntas. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran Kumon melalui media LKS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV signifikan tuntas.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, LKS, Model Pembelajaran Kumon.

References

Alfisyahriya, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas IV SD. UMSIDA. Repository Universitas Muhammdiyah Sidoarjo.

Halidin, H. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. SAINTIFIK, 6(2), 143-148. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i2.268

Harianto, H. (2020). Implementasi Variasi Metode Kumon pada Kompetensi DASAR Gaya Antar Molekul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Sibolga. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 7(1). 78-89. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/download/22634/15017

Hartati, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) bagi Siswa Kelas IV SD Puri 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/21427/19/naskah_publikasi.pdf

Indriastuti, A. N. I., & Rusnilawati. (2022). Kumon’s Learning Model with the Assistance of Multiplication Table in Observed from Achievement and Discipline Attitude in Mathematics Learning. International Journal of Elementary Education, 6(4), 624–630. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i4.54010

Irwan, M. Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kumon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Pada Materi Pengolahan dan Analisis Kependudukan Pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMAN 2 Pekat Tahun Ajaran 2020/2021. Khatulistiwa, 3(1), 52-58. Retrieved from https://jurnal.elkatarie.ac.id/index.php/khatulistiwa/article/view/139

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Lismawati. 2010. Pengoptimalan Penggunaan Lembar Kerja Siswa LKS Sebagai Sarana Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA, http://www.academia.edu/3369590/pdf,diakses pada 3 April 2023 jam 12.11.

Marzuki, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Lingkaran melalui Metode Kumon pada Siswa Kelas VI SDN 11 Gandapura. Jurnal Serambi Akademica, 8(3), 283-286. https://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/download/2052/1667

Nugraheni, L. (2008). Metode Kumon dalam Pembelajaran Langsung untuk Materi Turunan Fungsi (Diferensial) di Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. MATHEDU. 3(2). 167-175. https://karyailmiah.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2018/01/gdlhub-likninnugr-902-1-isi.pdf

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Setyawan, D., & Arianto, R. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kumon Berbantuan Media Manipulatif Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 2 Panarung. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 51–59. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2976

Shoimin. (2020). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok, Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Sihombing, L. N., Sijabat, O. P., Simanjuntak, M. C., & Aritonang, R. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar, 1(1), 9-13. https://jurnal.uhnp.ac.id/jp2ns-uhnp/article/download/81/82

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono, S. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung
Published
2024-06-10
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 2 times