Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS

  • Ouci Utami Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Adisel Adisel Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Salamah Salamah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bawah motivasi belajar siswa kelas VII C dengan menggunakan ice breaking saat proses pembelajaran lebih baik dar pada kelas VII D yang menggunakan konvensional di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil skor motivasi siswa kelas VII C yang menggunakan ice breaking yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 23 siswa (79%) dengan skor 71 sampai 86 sedangkan hasil skor motivasi belajar siswa kelas VII D yang menggunakan metode konvensional sebanyak 26 siswa dengan skor 67 sampai 83. Selain itu dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji T karena dk pembilang 50 pada taraf 5% yaitu 2,021. Dengan demikian thitung > ttabel (2,239>2,021). Simpulan dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga kelas yang diajarkan menggunakan ice breaking memiliki motivasi belajar yang baik sehingga mata pelajaran IPS mudah dipahami.

Kata Kunci: Ice Breaking, Motivasi Belajar, IPS

References

Anjani, P., Aryaningrum, K., Suruyani, I. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 91 Palembang. Jurnal Sekolah. 7(1). 128-135. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/download/36831/20050

Arauf, A. T., Arifin, J. (2023). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SD INpres PA'Baeng Baeng. Journal of Education and Counselling. 1(2). 198-2014. https://asianpublisher.id/journal/index.php/compass/article/download/310/228

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Febrianti, E. P. (2021). Motivasi Belajar Menurun Imbas Dari Covid-19. https://doi.org/10.35542/osf.io/k2tgz

Isnaeni, P. S. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa saat Pandemi di Madrasah Al Barokah Sindanggalih Sumedang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(83), 111–119. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1250

Mudyahardjo, R. (2003). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0. Diakses dari: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076/773

Rayamulis, R. (2019). Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Imu Pendidikan. Kalam Mulia. Jakarta

Rohani, S., Ritonga, S. (2023). Penggunaan Strategi Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law Eduication and Business. 1(2). https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1072

Saragih, U. M & Simanjuntak, E. B. (2024). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Muatan Lokal: Bahasa Simalungun di UPTD SDN 122401 Kota Pematangsiantar. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1093-1105. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.845

Siregar, N., and Nara, H. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia. Surabaya

Sopriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta. Bandung

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. Bandung

Susilowati, W., & Mufidah, N. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1). 136-149. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1501

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Kencana. Jakarta
Published
2024-06-06
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 9 times