Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bawah motivasi belajar siswa kelas VII C dengan menggunakan ice breaking saat proses pembelajaran lebih baik dar pada kelas VII D yang menggunakan konvensional di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil skor motivasi siswa kelas VII C yang menggunakan ice breaking yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 23 siswa (79%) dengan skor 71 sampai 86 sedangkan hasil skor motivasi belajar siswa kelas VII D yang menggunakan metode konvensional sebanyak 26 siswa dengan skor 67 sampai 83. Selain itu dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji T karena dk pembilang 50 pada taraf 5% yaitu 2,021. Dengan demikian thitung > ttabel (2,239>2,021). Simpulan dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga kelas yang diajarkan menggunakan ice breaking memiliki motivasi belajar yang baik sehingga mata pelajaran IPS mudah dipahami.
Kata Kunci: Ice Breaking, Motivasi Belajar, IPS
References
Arauf, A. T., Arifin, J. (2023). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SD INpres PA'Baeng Baeng. Journal of Education and Counselling. 1(2). 198-2014. https://asianpublisher.id/journal/index.php/compass/article/download/310/228
Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Febrianti, E. P. (2021). Motivasi Belajar Menurun Imbas Dari Covid-19. https://doi.org/10.35542/osf.io/k2tgz
Isnaeni, P. S. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa saat Pandemi di Madrasah Al Barokah Sindanggalih Sumedang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(83), 111–119. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1250
Mudyahardjo, R. (2003). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0. Diakses dari: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076/773
Rayamulis, R. (2019). Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Imu Pendidikan. Kalam Mulia. Jakarta
Rohani, S., Ritonga, S. (2023). Penggunaan Strategi Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law Eduication and Business. 1(2). https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1072
Saragih, U. M & Simanjuntak, E. B. (2024). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Muatan Lokal: Bahasa Simalungun di UPTD SDN 122401 Kota Pematangsiantar. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1093-1105. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.845
Siregar, N., and Nara, H. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia. Surabaya
Sopriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta. Bandung
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. Bandung
Susilowati, W., & Mufidah, N. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(1). 136-149. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v3i1.1501
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian. Kencana. Jakarta
Copyright (c) 2024 Ouci Utami, Adisel Adisel, Salamah Salamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.