Tradisi Pacu Jalur sebagai Penguat Nilai-Nilai Karakter
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tradisi pacu jalur sebagai penguat nilai-nilai karakter masyarakat Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mereview beberapa artikel yang berkaitan dengan budaya pacu jalur Kuantan Singingi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai yang terkandung pada pacu jalur antara lain a). Nilai religius; b) Nilai sosial; c) Nilai estetik; d) Nilai etis. Dapat disimpulkan bahwa tradisi pacu jalur adalah salah satu tradisi yang tidak hanya sebagai lomba adu kecepatan perahu. Melainkan tradisi yang berakar dari masyarakat Kuantan Singingi yang telah dilestarikan dan memiliki nilai-nilai karakter yang tinggi.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Pacu Jalur, Tradisi
References
Astuti, A. (2015). Pengembangan Nilai-Nilai Kewarganegaraan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sma Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Tomalebbi: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 1(3). 19–26. https://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/1660
Chairani, S., Jafra, R. A., Meliza, D. (2022). Tradition of Pacu Jalur in Kuantan Singingi. Lakhomi Journal: Scientific Journal of Culture. 3(3). 22-131. https://doi.org/10.33258/lakhomi.v3i3.756
Dedianto, D., Bahri, S. (2014). Dampak Tradisi Pacu Jalur Terhadap Kehidupan Masyarakat di Kecamatan Kuantan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 1(2), 1–12. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/3112
Fauzan A. (2015). Pacu Jalur Sebagia daya Tarik Wisata di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 2(2). 1-12. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/6903/6591
Hasbullah, H. 2015. Pacu Jalur dan Solidaritas Sosial Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kajian terhadap Tradisi Maelo). Media Komunikasi Umat Bergama, 7(2). 177-193. http://dx.doi.org/10.24014/trs.v7i2.1429
Hendri, M., Erlisnawati, E. (2017). Nilai Karakter dalam Budaya Pacu Jalur Pada Masyarakat Teluk Kuantan Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1). 49-66 https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.280
Laode, M. B. (2014). Analisis nilai-nilai Pendidikan Sosial Budaya dan Religi dalam Tradisi Budaya Katoba sebagai Pengembangan Bahan Pembelajaran IPS-SD (Studi Etnografi Masyarakat Etnik Muna Provinsi Sulteng). Disertasi UPI: Tidak diterbitkan.
Malihah, E., Nurbayani, S., & Anggraeni, L. (2020). Why is There Zero Women Candidate for Governor Election in West Java, Indonesia? Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.15294/komunitas.v12i1.21373
Nurfatimah, S. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila dalam Menumbuhkembangkan Wawasan Kebangsaan di Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 176– 183. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/download/1446/pdf/3704
Rodin, R. (2013). Tradisi Tahlilan dan Yasinan. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 11(1), 76-87. https://doi.org/10.24090/ibda.v11i1.69
Rusmaniah, R., Herman, H., Indriyani, P. D., Sari, R. M., & Nugroho, D. A. (2022). Pelestarian Kuliner Lokal Jengkol Tahilala Sebagai Warisan dan Perwujudan Nilai Budaya Banjar di Desa Pingaran: Preservation Of Local Culinary Jengkol Tahilala As A Banjar Cultural Heritage In Pingaran Village. Anterior Jurnal, 21(3), 57-61. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3502
Silawati, S., Aslati, A. (2014) Menguak Nilai-Nilai Magis Pada Tradisi Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya. 11(2). 237-250. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v11i2.837
Supentri, S. (2018). Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PPKn & Hukum, 13(1), 33-47 https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5499
Suwardi, S. (2007). Bahan Ajar Kebudayaan Melayu. Kampus Akademi Pariwisata Engku Puteri Hamidah. Pekanbaru
Copyright (c) 2023 tidi maharani, Citra Raflesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.