Hoax dan Tanggung Jawab Sosial Pengguna Sosial Media

  • Mukhlizar Mukhlizar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fitria Yuliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hoax dan tanggung jawab sosial pengguna sosial media. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan Hoax paling banyak ditemukan di sosial media karena informasi atau pesan dalam bentuk konten di sosial media dapat disampaikan secara langsung oleh pengguna kepada pengguna lainnya secara mudah dan cepat, tanpa adanya penyaringan pihak ketiga, maupun tanpa adanya pemeriksaan fakta dan kebenaran informasi. Kemampuan literasi media kepada pengguna sosial akan menunjukkan bahwa penggunaan media, harus disertai dengan kemampuan dalam menganalisis pesan media, menggunakan media secara cerdas, dan cermat. Tanggung jawab sosial merujuk pada tindakan dan rasa tanggung jawab, tidak hanya pada diri kita sendiri, tapi juga kaitannya dengan orang lain. Simpulan penelitian bahwa dalam menggunakan media sosial perlu memastikan kebenaran informasi agar tidak menyesatkan orang lain atu bahkan membawa dampak negatif bagi orang lain.

 

Kata Kunci: Hoax, Literasi Media, Pengguna, Sosial Media, Tanggung Jawab Sosial

 

Author Biographies

Mukhlizar Mukhlizar, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

 

 
Fitria Yuliani, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

 

 

References

Arjanto, Dwi. (24, Januari 2022). Amar Hukuman dalam UU ITE bagi Penyebar HOAKS: Bui Maksimal 6 Tahun dan atau… Diakses dari https://nasional.tempo.co/read/1553520/amar-hukuman-dalam-uu-ite-bagi-penyebar-hoaks-bui-maksimal-6-tahun-dan-atau

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32855

Haris, A. R. (2016). Information Issues in Digital Era. https://www.researchgate.net/publication/328528038_Issues_In_Digital_Era

Juditha, C. (2018). Interaksi Komunikasi HOAX di Media Sosial serta Antisipasinya (Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation). Jurnal Pekommas, 3(1), 31-44. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104

Junita, F. D., Gischa, S. (22, MAret 2022). Hoax: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contohnya. Diakses dari: https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/22/180000369/hoaks-pengertian-ciri-ciri-jenis-dan-contohnya

Mahdi, M. Ivan. (25, Februari 2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Diakses dari: https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Makdis, N. (2020). Penggunaan E-Book pada Era Digital. Al-Maktabah. 19. 77-84. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/download/21058/8876

Manning, J. (2014). Definition and Classes of Social Media. Encyclopedia of social media and Politics. Sage Publications. California

Sasmito, A. (26, Mei 2022). Hoaks dan Media Periode 16 – 22 mei 2022. https://mafindo.or.id/hoaks-media-periode-16-22-mei-2022/

Setyaningsih, R. (2017). Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti: Jurnal Komunitas dan Teknologi Informasi, 9(2), 118–125. https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i2.4520

Tafonao, T., & Yuliyanto, P. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Memerangi Berita Hoaks di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 1-12. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.30

Tim Cek Fakta. (5, Januari 2022). Tren Hoaks 2022: Omicron, Vaksin Anak, hingga pilpres 2024. Diakses dari: https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/01/05/174814882/tren-hoaks-2022-omicron-vaksinasi-anak-hingga-pilpres-2024?page=all
Published
2023-12-14
Abstract viewed = 29 times
pdf downloaded = 14 times