Analisis Perilaku Interaksi Sosial dalam Pembelajaran IPS
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku siswa ketika sedang berinteraksi sosial baik dengan guru maupun dengan teman sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perilaku siswa dalam berinteraksi sosial di SMP Plus Ja-alHaq Kota Bengkulu sudah dapat di kategorikan sangat baik, karena nilai-nilai karakter seperti perilaku sosial siswa, adanya kerjasama yang baik, pengetahuan yang cukup dan sikap siswa yang sopan serta tindakan siswa yang sesuai aturan. Dalam berinteraksi sosial antar sesama siswa (teman sebaya) ada beberapa seperti karakter sopan santun, bisa bekerjasama dan juga adanya persaingan yang seimbang. Semua itu di sebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Simpulan penelitian bahwa perilaku siswa ketika berinteraksi sosial dengan guru dalam pembelajaran sangatlah baik, salah satunya terlihat dari perilaku siswa seperti: 1). Bisa memahami dan menganalisis pembelajaran yang di sampaikan guru, 2) bisa menerima dan merespon setiap pembelajaran, 3) terlihat juga siswa sangat menghargai orang lain baik guru, karyawan atau pun teman sebaya.
Kata Kunci: Guru IPS, Interaksi Sosial, Perilaku.
References
Azizah, H., Marhadi, H., Syahrilfuddin, S. (2023). Analisis Sikap Sosial Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPS Kelas V SDN 164 Pekanbaru. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 3(2). 9193-9205. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Ketrampilan Sosial. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 4(2). https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.19
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149-166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara. Jakarta
Meldina, T., Melinedri, M., Agustin, A., Harahap, S. H. (2020). Iintegrasi pembelajaran IPS pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. AR-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar. 4(1). http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572
Putri, I. P. (2011). Hubungan Persepsi terhadap Kompetensi Kepribadian Guru dengan Keterlibatan Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/15974/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf
Putri, S. D., Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam mengunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Madrasah Itidiyah Darusallam Kota Bengkulu. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education. 1(1). http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1325
Rahmawati, V. E., Yani, D. P. (2014). Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi Diploma III Kebidanan UNIPDU Jombang. Jurnal Eduhealth. 4(2). https://journal.unipdu.ac.id/index.php/eduhealth/article/view/463
Sudariyanto, S. (2010). Interaksi Sosial. CV. ALPRIN. Semarang
Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. R&D, Cv. Alfabeta. Bandung
Yusnaldi, E., Hariro, A. Z. Z., Abdullah, B. M., Rahman, F. S., Ramadhani, R., Melisa, W. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(1). 2715-2721. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/12795/9800/23448
Copyright (c) 2024 Destiana Destiana, Desy Eka Citra, M. Ilham Gilang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.