Problematika Siswa dan Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Sopan Santun melalui Mata Pelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi problematika siswa dan upaya guru dalam meningkatkan perilaku sopan santun melalui Mata Pelajaran IPS di SMP N 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini mengunakan metode penulisan kualitatif yang memanfaatkan paradigma penelitian interpreatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa problematika siswa yang di hadapi guru ialah seperti siswa kurang disiplin, tidak bertanggung jawab, tidak toleransi, tidak jujur, tidak bersahabat, sering melawan guru, kurangnya pengetahuan siswa tentang perilaku sopan santun. Sedangkan upaya guru dalam menumbuhkan perilaku sopan santun terhadap siswa ialah memasukan materi tentang perilaku sopan snatun dalam pembelajaran, menerapkan perilaku jujur terhadap siswa, perilaku disiplin, saling menghormati, tolenasi, perilaku bertanggung jawab, bersahabat, serta mengunakan metode pembalajaran dalam meningkatkan perilaku sopan santun siswa, dan sebagai seorang guru harus menjadi tauladan bagi siswa. Simpulan penelitian in bahwa problematika siswa dan guru dalam peningkatan perilaku sopan santun sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Guru, Pembelajaran IPS, Problematika Siswa, Sopan Santun.
References
Audine, N., Sulistianah, S., Dewantari, T., Tohir, A. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia Dini di TK Amarta Tani Bandar Lampung. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (MUDE). 2(4). 689-692. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/download/4735/3714/
Bahri, S. D. (2020). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Edukatif), PT. Renika Cipta. Jakarta
Cahyaning, N. (2017). Pendidikan Akhlak: Pembinaan Sikap Sopan Siswa terhadap Guru di MTS Negeri I Rakit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Diakses dari: https://eprints.uinsaizu.ac.id/2900/2/NUR%20CAHYANINGSIH_PENDIDIKAN%20AKHLAK.pdf
Elkind, D., & Sweet, F. (2004). How to do Character Education. Diakses dari: http://www.goodcharacter.com/Article 4.html
Febbrian, H., Febrianti, N. (2023). Upaya Guru dalam Menanamkan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VI melalui Pembelajaran Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan). Journal on Education. 6(1). 503-517. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/2963/2511/.
Gillin, G., & Sukanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengatar. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Hamka, A A. (2012). Karakter Guru Profesional, Al-Mawardi Prima. Jakarta
Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. TADBIR Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3(2):165. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.939
Markahamah, M. (2009). Analisis kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Muhammadiyah Universitasy Pres. Surakarta
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya. Bandung
Mulyasana, M. (2015). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Oktaciani, S. N. (2022). Penanaman Sikap Sosial melalui Pembelajran IPS pada Siswa Kelas V di SDN 2 Telagawaru Tahun Pembelajaran 2021/2022. Fakultas, Tarbiyah dan Keguruan. UIN Mataram. Diakses dari: https://etheses.uinmataram.ac.id/3554/1/Siti%20Nur%20Oktaviani%20180106192%20.pdf
Pramusti, V (2023). Upaya Guru Kelas dalam Pembentukan Etika Sopan Santun Siswa melalui Pembelajaran Bahasa Jawa di MI Muhamadiyah PK Blimbing, Gatak, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Diakses dari: https://eprints.iain-surakarta.ac.id/8062/1/193141099%20VELANIA%20PRAMUSTI.pdf
Rubiana, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter psada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. SHEs: Conference Series 3(4). 1292-1300. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/download/55739/33156
Rusyan, A. T. (2013). Membanggun Karakter Anak Bangsa. PT Pustaka Dinamika. Jakarta
Seolaeman, M. M. (2015). Ilmu Sosial Dasar-Teori dan Konsep Ilmu Sosial. PT Refika Aditama. Bandung
Setiadi, E. M., & Kolib, U. (2009). Pengantar Sosiologi. Pemahaman fakta dan Gejala Permasalahan sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Kencana. Jakarta
Siregar, A. R., Sari, N. (21, Maret 2022). Tawuran Pelajar 2 Sekolah di Tangerang, Satu Orang Tewas KEna Bacok. Kompas.com. Diakses dari: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/03/21/16340271/tawuran-pelajar-2-sekolah-di-tangerang-satu-orang-tewas-kena-bacok
Sudrajat, A. (2015). Pengaruh Keteladanan Orang Tua Terhadap Tingkat Sopan Santun Remaja Usia 13-18 Tahun Dengan Masyarakat di RW 01 Desa Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Skripsi. Kementerian Agama Republik Indonesia. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Diakses dari: http://repository.syekhnurjati.ac.id/2766/1/ADAM%20SUDRAJAT%20PAI%202015%20(WM%20BLM)-min.pdf
Sudrajat, A. (25, Januari 2010). Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan. Diakses dari: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/01/25/konsep-pengambilan-keputusan-dalam-manajemen-pendidikan/
Ujiningsih, U., Antoro, S. D. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24–25 November 2010, Tangerang Selatan. Diakses dari: https://repository.ut.ac.id/2568/1/fkip201034.pdf
Wahyudi, D., & Arsana, I. (2014). Peran Keluarga dalam Membina Sopan Santun Anak di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 290-304. https://doi.org/10.26740/kmkn.v1n2.p290-304
Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan, PT Bumi Aksara. Jakarta
Copyright (c) 2024 Wulandari Wulandari, Asiyah Asiyah, Sepri Yunarman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.