Dinamika Pendidikan Anak Nelayan Pinggiran Sungai: Tantangan dan Potensi Pengembangan

Authors

  • Seth Miko universitas palangka raya
  • Wahidin Wahidin Universitas Palangka Raya
  • Endah Yusma Pratiwi Universitas Palangka Raya
  • Mardiana Mardiana Universitas Palangka Raya
  • Putri Diyah Permata Sari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7922

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tantangan pendidikan anak-anak nelayan yang sedang menempuh pendidikan SD di pinggiran sungai Rungan Petuk Katimpun bawah dan mengidentifikasi potensi pengembangan pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan pendidikan anak-anak SD di pinggiran sungai Rungan Petuk Katimpun bawah yaitu kedisiplinan guru, lokasi, fasilitas pendidikan (sarana prasarana, jumlah guru), kemampuan literasi dan numerasi, keadaan alam dan dukungan orangtua, mindset orangtua, pendanaan, terbatasnya kerja sama dengan sekolah, minimnya relawan Ransel Buku, kesibukan pengelola dan warga sekitar, kemampuan ekonomi serta kesibukan orangtua. Relawan Ransel Buku dan SD dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan yaitu dengan memanfaatkan potensi lokal ikan sungai, melakukan perjanjian kerja sama, serta dukungan orangtua terhadap keterlibatan anak menimba ilmu di sekolah formal dan nonformal. Simpulan penelitian ini mengungkapkan bahwa meskipun tantangan dalam implementasi pendidikan, tantangan ini terkait langsung dengan kualitas pendidikan untuk anak-anak, membuat potensi di sekolah dan lingkungan sangat penting untuk pendidikan yang efektif.

 

Kata Kunci: Anak, Nelayan, Pendidikan, Ransel Buku, Sungai

 

Author Biographies

  • Seth Miko, universitas palangka raya

     

     
  • Wahidin Wahidin, Universitas Palangka Raya

     

     
  • Endah Yusma Pratiwi, Universitas Palangka Raya

     

     
  • Mardiana Mardiana, Universitas Palangka Raya

     

     
  • Putri Diyah Permata Sari, Universitas Palangka Raya

     

     

References

Admin, D. (7, Juni 2023). Pendidikan Lingkungan Bisa Membangun Kesadaran Akan Keberlanjutan. ITB Ahmad Dahlan: Socio Technopreneur University. Diakses dari https://www.itb-ad.ac.id/?s=Pendidikan+Lingkungan+Bisa

Ahmadi, R. (2015). Mengintegrasi Layanan Pendiidkan Nonformal dan Pendidikan Formal Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah. Dedikasi: Jurnal Ilmiha Sosial, Hukum, Budaya. 32(9), 22–29. https://doi.org/10.31293/ddk.v32i1.1410

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa dan Kota dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 418–422. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592

Anisaturrahmi, A. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Non-Formal pada Rumah Baca Hasan-Savvas di Kota Lhokseumawe. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 38–58. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/10291/5748

Armidah, A. (2011). Model Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung Efisiensi dan Keefektifan Manajemen Pelayanan Pendidikan Dasar. Madrasah. 3(2). 215-232. https://dx.doi.org/10.18860/jt.v0i0.1812

Basrowi, B., Juariyah, S. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(1). 58–81. https://media.neliti.com/media/publications/17203-ID-analisis-kondisi-sosial-ekonomi-dan-tingkat-pendidikan-masyarakat-desa-srigading.pdf

Belajar, K., & Siswa, M. (2021). No Title. 4, 118–126.

Belle, T. (2004). Formal, Nonformal and Informal Education: A Holistic Perspective on Lifelong Learning. International Review of Education, 28(2), 159-175. https://plosjournal.deepdyve.com/lp/springer-journals/formal-nonformal-and-informal-education-a-holistic-perspective-on-sYq7J1qhB0?impressionId=5f4a1dbe9a99f&i_medium=docview&i_campaign=recommendations&i_source=recommendations

Darlan, S., & Miko, S. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Komputer di TBM Ransel Buku Petuk Katimpun Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 20(2), 134–140. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2278

Fajriyati Islami, N., Oktrifianty, E., & Magdalena, I. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar di Sdn Cipondoh 1 Kota Tangerang. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3), 500–518. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Fatmawati, L. N., Muktarruddin, M., Maysaroh, M., & Batubara, N. H. (2022). Analisis Potensi dan Peluang Usaha Nelayan di Kelurahan Negeri Lama: Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2281–2294. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2243

Khair, H. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Masyarakat di Era Modern. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 12(2), 24-36. Retrieved from https://ejournal.stitdukotabaru.ac.id/index.php/darululum/article/view/67

Manik, B., Umam, W. K., Irawan, F., Veronica, M., Misnawati, M., Nurachmana, A., & Christy, N. A. (2023). Taman Baca dan Belajar “Ransel Buku” Sebagai Aksi Nyata Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Buku dan Kegiatan Literasi. Journal of Student Research, 1(1), 141–158. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.961

Milati, I., Mulyani, N., Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam, S., & Lamgugob Desa Lamgugob Kec Syiah Kuala Kota Banda Aceh, J. T. (2021). Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Elektabilitas Orang Tua Dalam Menyekolahkan Anak. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 200–208. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/941

Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Mulyani, E. (2012). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705

Munawwir, A., & Hanip, N. S. P. (2021). Sekolah Pesisi Juang: Pendidikan Non-Formal Anak Pesisir. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 1. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p 1-11

Nashir, A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru terhadap Prestasi Belajar. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1, 21–28. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/349

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Priambodo, Y. A., & Prasetyo, S. Y. J. (2018). Pemetaan Penyebaran Guru di Provinsi Banten dengan Menggunakan Metode Spatial Clustering K-Means (Studi kasus: Wilayah Provinsi Banten). Indonesian Journal of Computing and Modeling, 1(1), 18–27. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/icm/article/view/1491

Rahayu, S., & Fakhruddin. (2019). Manajemen Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Eksiste'nsi Pendidikan Luar Sekolah E-Plus: Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 4(2), 164–174. http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7312

Rahman, A. (2020). Peningkatan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–831. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3695

Rohmat, M. N., & Hisyam, M. (2022). Inovasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Faidatuna, 3(3), 12-26. https://doi.org/10.53958/ft.v3i1.166

Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227

Sabani, F., & Lutfia, I. L. (2023). Penguatan Pendidikan di Masyarakat Melalui Vitalisasi Pendidikan Non-Formal di Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 13(1), 267–276. Retrieved from https://www.sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/323

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sekarayu, S. Y., & Irfan, M. (2023). Manajemen Relawan di Yayasan Istana Belajar Anak Banten. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(1), 182. https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.48859

Siswanto, E., & Hidayati, D. (2020). Management Indicators of Good Infrastructure Facilities To Improve School Quality. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(1), 69. https://doi.org/10.12928/ijemi.v1i1.1516

Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suwandi, B. dan. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta. Jakarata

Toynbee, A. (1972). The New One Volume Edition: “A Study of History. Oxford University Press. United States

Yunida, R., Kumalawati, R., & Arisanty, D. (2017). Dampak Bencana Banjir terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(4), 42–52. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg

Downloads

Published

2023-12-30