Dinamika Pendidikan Anak Nelayan Pinggiran Sungai: Tantangan dan Potensi Pengembangan
DOI:
https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7922Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tantangan pendidikan anak-anak nelayan yang sedang menempuh pendidikan SD di pinggiran sungai Rungan Petuk Katimpun bawah dan mengidentifikasi potensi pengembangan pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan pendidikan anak-anak SD di pinggiran sungai Rungan Petuk Katimpun bawah yaitu kedisiplinan guru, lokasi, fasilitas pendidikan (sarana prasarana, jumlah guru), kemampuan literasi dan numerasi, keadaan alam dan dukungan orangtua, mindset orangtua, pendanaan, terbatasnya kerja sama dengan sekolah, minimnya relawan Ransel Buku, kesibukan pengelola dan warga sekitar, kemampuan ekonomi serta kesibukan orangtua. Relawan Ransel Buku dan SD dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan yaitu dengan memanfaatkan potensi lokal ikan sungai, melakukan perjanjian kerja sama, serta dukungan orangtua terhadap keterlibatan anak menimba ilmu di sekolah formal dan nonformal. Simpulan penelitian ini mengungkapkan bahwa meskipun tantangan dalam implementasi pendidikan, tantangan ini terkait langsung dengan kualitas pendidikan untuk anak-anak, membuat potensi di sekolah dan lingkungan sangat penting untuk pendidikan yang efektif.
Kata Kunci: Anak, Nelayan, Pendidikan, Ransel Buku, Sungai
References
Ahmadi, R. (2015). Mengintegrasi Layanan Pendiidkan Nonformal dan Pendidikan Formal Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah. Dedikasi: Jurnal Ilmiha Sosial, Hukum, Budaya. 32(9), 22–29. https://doi.org/10.31293/ddk.v32i1.1410
Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa dan Kota dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 418–422. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592
Anisaturrahmi, A. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Non-Formal pada Rumah Baca Hasan-Savvas di Kota Lhokseumawe. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 38–58. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/10291/5748
Armidah, A. (2011). Model Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung Efisiensi dan Keefektifan Manajemen Pelayanan Pendidikan Dasar. Madrasah. 3(2). 215-232. https://dx.doi.org/10.18860/jt.v0i0.1812
Basrowi, B., Juariyah, S. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(1). 58–81. https://media.neliti.com/media/publications/17203-ID-analisis-kondisi-sosial-ekonomi-dan-tingkat-pendidikan-masyarakat-desa-srigading.pdf
Belajar, K., & Siswa, M. (2021). No Title. 4, 118–126.
Belle, T. (2004). Formal, Nonformal and Informal Education: A Holistic Perspective on Lifelong Learning. International Review of Education, 28(2), 159-175. https://plosjournal.deepdyve.com/lp/springer-journals/formal-nonformal-and-informal-education-a-holistic-perspective-on-sYq7J1qhB0?impressionId=5f4a1dbe9a99f&i_medium=docview&i_campaign=recommendations&i_source=recommendations
Darlan, S., & Miko, S. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Komputer di TBM Ransel Buku Petuk Katimpun Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 20(2), 134–140. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2278
Fajriyati Islami, N., Oktrifianty, E., & Magdalena, I. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar di Sdn Cipondoh 1 Kota Tangerang. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(3), 500–518. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Fatmawati, L. N., Muktarruddin, M., Maysaroh, M., & Batubara, N. H. (2022). Analisis Potensi dan Peluang Usaha Nelayan di Kelurahan Negeri Lama: Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2281–2294. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2243
Khair, H. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Masyarakat di Era Modern. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 12(2), 24-36. Retrieved from https://ejournal.stitdukotabaru.ac.id/index.php/darululum/article/view/67
Manik, B., Umam, W. K., Irawan, F., Veronica, M., Misnawati, M., Nurachmana, A., & Christy, N. A. (2023). Taman Baca dan Belajar “Ransel Buku” Sebagai Aksi Nyata Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Buku dan Kegiatan Literasi. Journal of Student Research, 1(1), 141–158. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.961
Milati, I., Mulyani, N., Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan An-Nur Nanggroe Aceh Darussalam, S., & Lamgugob Desa Lamgugob Kec Syiah Kuala Kota Banda Aceh, J. T. (2021). Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Elektabilitas Orang Tua Dalam Menyekolahkan Anak. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 200–208. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/941
Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448
Mulyani, E. (2012). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705
Munawwir, A., & Hanip, N. S. P. (2021). Sekolah Pesisi Juang: Pendidikan Non-Formal Anak Pesisir. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 1. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p 1-11
Nashir, A. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru terhadap Prestasi Belajar. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1, 21–28. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/349
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Priambodo, Y. A., & Prasetyo, S. Y. J. (2018). Pemetaan Penyebaran Guru di Provinsi Banten dengan Menggunakan Metode Spatial Clustering K-Means (Studi kasus: Wilayah Provinsi Banten). Indonesian Journal of Computing and Modeling, 1(1), 18–27. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/icm/article/view/1491
Rahayu, S., & Fakhruddin. (2019). Manajemen Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Eksiste'nsi Pendidikan Luar Sekolah E-Plus: Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 4(2), 164–174. http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7312
Rahman, A. (2020). Peningkatan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–831. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3695
Rohmat, M. N., & Hisyam, M. (2022). Inovasi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Hudy Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Faidatuna, 3(3), 12-26. https://doi.org/10.53958/ft.v3i1.166
Rondli, W. S. (2022). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Project Market Day. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8227
Sabani, F., & Lutfia, I. L. (2023). Penguatan Pendidikan di Masyarakat Melalui Vitalisasi Pendidikan Non-Formal di Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 13(1), 267–276. Retrieved from https://www.sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/323
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sekarayu, S. Y., & Irfan, M. (2023). Manajemen Relawan di Yayasan Istana Belajar Anak Banten. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(1), 182. https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.48859
Siswanto, E., & Hidayati, D. (2020). Management Indicators of Good Infrastructure Facilities To Improve School Quality. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(1), 69. https://doi.org/10.12928/ijemi.v1i1.1516
Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suwandi, B. dan. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta. Jakarata
Toynbee, A. (1972). The New One Volume Edition: “A Study of History. Oxford University Press. United States
Yunida, R., Kumalawati, R., & Arisanty, D. (2017). Dampak Bencana Banjir terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(4), 42–52. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg