Strategi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Mengembangkan Kualitas Pembelajaran melalui Pemanfaatan Sumber Belajar

  • Luci Andrekiy AS SM Negeri 11 Seluma Bengkulu
  • Desy Eka Citra Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Seluma
  • M Ilham Gilang Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Seluma

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru IPS dalam mengembangkan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan sumber belajar di SMP Negeri 11 Seluma. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berfokus pada strategi guru IPS dalam meningkatkan kualitas belajar melalui penggunaan materi pembelajaran. Strategi ini termasuk menerapkan lingkungan belajar terstruktur, menggunakan media yang jelas dan menarik, memfasilitasi interaksi, dan menerapkan struktur pembelajaran yang efektif. Studi ini juga menekankan pentingnya motivasi guru, peran metode pengajaran, dan peran bahan pengajaran. Temuan menunjukkan Simpulan penelitian bahwa menerapkan strategi ini dapat menyebabkan hasil belajar yang lebih baik, peningkatan motivasi, dan kinerja siswa yang lebih bagus.

 

Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Strategi Guru, Sumber Belajar.

 

Author Biographies

Luci Andrekiy AS, SM Negeri 11 Seluma Bengkulu

 

 
Desy Eka Citra, Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Seluma

 

 
M Ilham Gilang, Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Seluma

 

 

References

Alma, B., Mulyadi, H., Razati, G., Nuryatim B. L. (2010). Guru Professional: Menguasai dan Terampil Mengajar. Alfabeta. Bandung

Anita, S. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka. Jakarta

Arifin, Z. (2013). Menjadi Guru Profsional. (Issu dan Tantangan Masa Depan). Edutech. 1(3). 132-155. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/download/3225/2239

Artini, N. M. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa SD Negeri 3 Leukih Singaraja. Indonesian Journal of Educational Development. 3(3). 409-417. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/download/2330/1720

Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Degeng, S. N. (2013). Ilmu Pembelajaran Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Aras Media. Bandung

Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan. 3(2). 207-213. https://media.neliti.com/media/publications/316839-pengelolaan-pembelajaran-dan-pengembanga-fc84770b.pdf

Fakhruddin, A. M., Annisa, A., Putri, L . O., Sudirman, P. R. A. T. (2023). Kompetensi Seorang Guru dalam Mengajar. Journal on Education. 5(2). 3418-3425. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/1021/806/

Febiani, M., Nisa, A. N. S., (2021). Analisis Aktivitas Pembelajaran IPS Berbasis Daring pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Peserta Didik SMP di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN. 6(1). https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.41826

Hasyim, A. (2005). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Pendidikan Karakter Media Akademik. Yogyakarta

Hurlock, E. B. (2012). Perkembangan Anak, Erlangga. Jakarta

Ikhsan, M. K. N., Febrrianti, N. (2020). Peran Guru Kelas dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SDN Kapuk 15 Pagi. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multidisiplin. 3. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/55

Ina, M. (2020). Desain Pembelajaran Sekolah Dasar. CV Jejak. Tangerang

Junindra, A., Nasati, B., Rusdinal, R., Gistituati, N. G. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator. 10(1). https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.124

Lestarim A. T., Bahri, S. (2021). Development of Social Studies Learning Outcomes with Tajhin Peddhis-Based Etnopedagogy Approach. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan. 13(3). 2309-2318. https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/download/977/545

Mashudi, M. (2022). Pengelolaan, Penyampaian, dan Pengorganisasian Isi Pembelajaran dalam Variabel Pembelajaran. Al’Adalah, 9(2), 105–118. Retrieved from https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/240

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Nata, A. (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Kencana Media Group. Jakarta

Nurhasanah, N. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain. Prosiding Seminar Nasional Pendiikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2614/2422

Putra, A. R. P., Ismaya, E. A. Santoso, S. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Sosains. 1(3). 219-227. https://sosains.greenvest.co.id/index.php/sosains/article/download/61/864/3031

Rahmawati, I., & Yulianti, D. (2020). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah COVID-19. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(1), 27-39. Retrieved from https://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/2840

Rohani, A. (2010). Media Instruksional Edukatif, PT Rineka Cipta, Cet. Pertama. Jakarta

Rosida, I., Muchtarom, M., Nuryadi, M. H. (2023). Teacher Strategies in Utilizing the Internet as a Learning Resource to Enhance Civic Literacy among 11th-grade Students at SMAN 1 Mojolaba. Proceeding of the 3rd International Conference on Social Sciences and Education (ICSSE). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/icsse/article/download/13336/9314

Rusya, T., Kusdinar, A., Arifin, Z. (1989). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. CV. Remaja Karya, Bandung

Rusydi, A. (2019). (Perencanaan Pembelajaran. LPPP Indonesia. Medan

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenadamedia Group. Jakarta

Sari, S. M., Satria, I., Citra, D. E. (2022). Strategi Guru Mata Pelajaran IPS dalam Menumbuhkan Sikap Sosial di SMP Negeri 12 Kota BEngkulu. SJPT: Jurnal PEndidikan Tematik. 3(3). https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/633

Sudiani, N. N., Atmadja, N. B., Maryati, T. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan kewarganegaraan Undiksha. 9(3). 632-644. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/38516/19142

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kauntitatif, R&D. Alpabeta. Bandung

Sumantri, M., & Johar, P. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Proyek PGSD Ditjen Dikti Depdikbud. Jakarta

Syamsuriyanti, S. (2022). Implementation of Eyes Teacher Learning Strategies IPS Lessons at SMP Negeri 27 Makassar. Solidarity: Journal of Social Studies, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.35719/solidarity.v1i2.80

Tahir, H., Jaksim, J. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kaledupa. JEC: Jurnal Edukasi Cendekia. 6(2). 52-57. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JEC/article/download/2817/1461

Uzer, U. M. (2011). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosadakarya. Bandung

Wardani, F. (2022). Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Pare Pada Era Pandemi Covid-19. Dialektika Pendidikan IPS, 2(1), 1 - 11. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/43906
Published
2024-02-05
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 30 times