Efektivitas Event Lomba Video Kreatif dan Menyanyi terhadap Citra Jenama Destinasi Tempat Wisata

Authors

  • Imani Satriani universitas pakuan
  • Mariana Rista Ananda Siregar Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.8162

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan lomba dengan citra jenama “Bogor Sport and Tourism” Kabupaten Bogor sebagai destinasi tempat wisata. Metode penelitian kuantitatif menggunakan analisis data deskriptif dan kausal dengan metode regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah peserta yang mengikuti event lomba yang telah melalui tahap seleksi untuk dilombakan sebanyak 41 peserta dengan teknik kuota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut kegiatan (event) memiliki pengaruh terhadap jenama kota (brand image). Jika kegiatan ditiadakan, maka jenama sebuah kota akan berkurang di benak khalayak. Selain kegiatan lomba, terdapat faktor komunikasi pemasaran lainnya yang memengaruhi jenama kota. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lomba video kreatif dan menyanyi dari pemerintah Kota Bogor berkontribusi dalam membentuk citra Kabupaten Bogor sebagai destinasi wisata yang perlu dipertahankan untuk melekat di pikiran masyarakat.

 

Kata Kunci: Bogor Sport and Tourism, Brand Image, Efektivitas, Event,

          Penjenamaan Kota.

 

Author Biographies

  • Imani Satriani, universitas pakuan

     

     
  • Mariana Rista Ananda Siregar, Universitas Pakuan

     

     

References

Admin, A. (29, April 2019). Kabupaten Bogor The City of Sport and Tourism. Diakses dari: https://diskominfo.bogorkab.go.id/the-city-of-sport-and-tourism-jadi-salah-satu-program-unggulan-rpjmd-tahun-2018-2023-kabupaten-bogor/

Anholt, S. (2007). Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities, and Regions. Palgrave Macmillan. London

Candrea, A. N., & Ispas, A. (2010). Promoting Tourist Destinations Through Sport Events. The Case of Braşov. Journal of Tourism, 10(10). 61–67. https://ideas.repec.org/a/scm/rdtusv/v10y2010i10p61-67.html

Cangara, H. (2013). Perencanaan Strategi Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Cresentia, M., & Rahman, R. (2020). Lomba video kreatif dan menyanyi bangkitkan geliat ekonomi pariwisata. https://diskominfo.bogorkab.go.id/lomba-video-kreatif-dan-menyanyi-bangkitkan-geliat-ekonomi-pariwisata/

Getz, D. (2008). Event Tourism: Definition, Evolution, and Research. Tourism Management, 29(3), 403–428. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.07.017

Hankinson, G. (2004). Relational Network Brands: Towards A Conceptual Model of Place Brands. Journal of Vacation Marketing, 10(2), 109–121. https://doi.org/10.1177/135676670401000202

Hankinson, G. (2007). The Management of Destination Brands: Five Guiding Principles Based on Recent Developments in Corporate Branding Theory. Journal of Brand Management, 14(3), 240–254. https://doi.org/10.1057/palgrave.bm.2550065

Hereźniak, M. Florek, M. Augustyn, A. (2018). On Measuring Place Brand Efectiveness-Between Theoretical Developments and Empircal Findings. Economics and Sociologu. 11(2). 36-51. http://dx.doi.org/10.14254/2071-789X.2018/11-2/3

Hereźniak, M., & Florek, M. (2018). Citizen Involvement, Place Branding and Mega Events: Insights From Expo Host Cities. Place Branding and Public Diplomacy, 14(2), 89–100. https://doi.org/10.1057/s41254-017-0082-6

Karens, R., Eshuis, J., Klijn, E. H., & Voets, J. (2016). The Impact of Public Branding: An Experimental Study on The Effects of Branding Policy on Citizen Trust. Public Administration Review, 76(3), 486–494. https://doi.org/10.1111/puar.12501

Kavaratzis, M. (2004). From City Marketing to City Branding: Towards A Theoretical Framework for Developing City Brands. Place Branding and Public Diplomacy. 1(1). 58-73. http://dx.doi.org/10.1057/palgrave.pb.5990005

Lund, N. F., Cohen, S. A., & Scarles, C. (2018). The Power of Social Media Storytelling in Destination Branding. Journal of Destination Marketing and Management. 8. 271–280. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2017.05.003

Madhalena, E., Syahputra, S. (2016). Pengaruh Event Marketing terhadap Brand Image Rokok Djarum Super MILD PT Djarum. ECODEMICA: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis. 4(2). 179-188. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/797

Puji, S. (2016). Konstruksi Sosial Media Massa. Al-Balagh: Jurnal Komunikasi Islam. 1(1), 30-48. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/balagh/article/view/505

Raho, B. (2016). Sosiologi. Ledalero. Nusa Tenggara Timur.

Rifai, M. (2020). Konstruksi Sosial Da'i Sumenep Atas Perjodohan Dini di Sumenep. Jurnal Dakwah Tabligh, 21(1), 58. https://doi.org/10.24252/jdt.v21i1.11212

Ruslan, I. (2017). “Nilai Anak” dalam Perspektif Masyarakat. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 8(2), 20–33. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/download/23861/18714

Saragih, K. O. (2017). Hak Waris Rumah Peninggalan Orangtua terhadap Anak Laki-Laki Bungsu di Kalangan Masyarakat Batak Toba Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura. 5(4). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfh/article/view/23034

Sari, F. F. (2017). Konstruksi Sosial Pemuda terhadap Pekerjaan Bidang Pertanian di Desa Sitemu Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. https://lib.unnes.ac.id/31846/

Sari, I. M. (2015). Analisis Implementasi City Branding (Study pada Kota Batu, Jawa Timur). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/2036/1864

Sari, N., Yunus, R., & Suparman. (2019). Ekofeminisme: Konstruksi Sosial Budaya Perilaku Perempuan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Palita: Journal of Social Religion Research, 4(2), 161–178. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/palita/article/view/760

Sianturi, J. N. (2017). Makna Anak Laki-laki di Masyarakat Batak Toba. (Studi KAsus di Kota Sidikalang KAbupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara). Jom Fisip, 4(1), 1–13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/download/13806/13367

Sitompul, P. (2014). Konstruksi Realitas Peran KPK dalam Pemberitaan Online Terkait Kasus Korupsi (Studi Framing Beberapa Pemberitaan Online Terkait Peran KPK pada Kasus Korupsi Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiah). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 18(2), 169. https://doi.org/10.31445/jskm.2014.180203

Sondang, F. (2016). Konstruksi Sosial Hukum Adat Pernikahan Masyarakat Batak. Unair, 1–22. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmnts2af5f4217dfull.pdf



Sulaiman, A. (2016). Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Jurnal Society, 6(1), 15–22. https://media.neliti.com/media/publications/268161-memahami-teori-konstruksi-sosial-peter-l-1e36a954.pdf

Syania, S. (2021). Konstruksi Sosial Masyarakat terhadap Perempuan yang Menikah Dini di Kecamatan Pamulang. UIN-Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61298/1/SHENI%20SYANIA.FISIP.pdf

Tambunan, M. (2006). Perubahan Fungsi dan Makna Anak Laki-Laki pada Komunitas Batak Toba- Kristen: Suatiu Kajian Antropologis pada Masyarakat Desa Cinta Damai Kecamatan Percut Sei Tuan. Universitas Negeri Medan. 721-754. http://digilib.unimed.ac.id/175/1/Perubahan%20fungsi%20dan%20makna%20anak%20laki%20laki%20pada%20komunitas%20Batak%20Toba%20Kristen%20suatu%20kajian%20antropologis%20pada%20masyarakat%20Desa.pdf

Yananda, M. R., Salamah, U. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasi Identitas, Makna Informasi. Makna Informasi. Jakarta

Downloads

Published

2023-12-30