Akuntabilitas dan Transparansi pada Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Kependudukan)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui akuntabilitas dan transparansi pada pelayanan publik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian bahwa aplikasi SIPARAJA telah menerapkan Road map 3 (tiga) sasaran utama reformasi birokrasi. Sasaran pertama yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel. Seluruh pelayanan surat tipe A melalui aplikasi SIPARAJA tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Road Map Kedua yaitu mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien. Dalam penggunaan aplikasi SIPARAJA pengurusan administrasi kependudukan waktu yang digunakan untuk pemrosesan dokumen administrasi kependudukan dianggap lebih efektif. Sementara itu Road Map ketiga yakni birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Hal ini ditindaklanjuti dengan penerapan aplikasi SIPARAJA yang sesuai dengan standar pelayanan publik yang ditetapkan dalam Kemenpan Nomor 63/Kep/M.Pan/7/2003. Sementara itu, transparansi dapat dilihat pada adanya menu filter status yang dapat digunakan untuk mengetahui proses pengurusan dokumen administrasi kependudukan secara real time. Simpulan bahwa akuntabilitas dan transparansi dalam pelayanan publik di Kabupaten Sidoarjo sudah berjalan dengan baik dengan diterapkannya Aplikasi SIPARAJA dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Pelayanan publik, Transparansi, SIPARAJA
References
Agustina, D. E., Hikmah, M., Putri, F. E. (2022). Peningkatan Efektifitas Pelayanan Publik melalui Aplikasi SIPRAJA di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH). 5(2). 301-308. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.912
Ansell, C., Torfing, J. (2016). Handbook on Theories of Governance. Edward Elgar Publishing. Cheltenham
Apreliyanto, E. ., & Agustina, I. F. (2024). SIPRAJA Application-Based Village Governance Tata Kelola Pemerintahan Desa Berbasis Aplikasi SIPRAJA . Web of Scientist: International Scientific Research Journal (WoS), 2(1), 12. https://doi.org/10.47134/webofscientist.v2i1.29
Bovens, M. (2010). Two Concepts of Accountability: Accountability as a Virtue and as a Mechanism. Taylor & Francis Online. West European Politics. 33. 946-967. https://doi.org/10.1080/01402382.2010.486119
Fachruddin, S., Asriani, A., Rosmina, W. O. (2023). Akuntabilitas dan Transparansi Pelayanan Publik dalam Perspektif Masyarakat pada Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH). 5(2). 126-141. https://journal.umkendari.ac.id/index.php/jimsh/article/download/401/123
Gamaputra, G., Rosalia, N. A., Khoirunisa, K., Kusyeni, Rd. (2022). Penerapan Standar Pelayanan Publik melalui Aplikasi SIPARAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) di Kantor Kelurahan Celep. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi. 15(2). 81-96. https://doi.org/10.31334/transparansi.v5i2.2662
Haikal, M. F., Mauliana, D. (2022). Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Tallo Kota Makassar). Jurnal Administrasi Negara. 28(1). 89-103. https://www.journal.stialanmakassar.ac.id/index.php/jurnal_administrasi_negara/article/download/1651/104
Maani, K. Dt. (2009). Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pelayanan Publik. Jurnal Demokrasi. 8(1). 47-61. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jd/article/view/1190
Musaddad, A. A., Ahzani, W. K. F., Susilowati, M., Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPARAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation. 1(6). 206-214. http://jurnal.syntaxtransformation.co.
Nuriani, M. K., Rochim, I. A., & Kusnan, K. (2021). Akuntabilitas dan Transparansi Pelayanan Publik dalam Pengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Kantor Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Praja Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(03), 48–69. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/210
Oribel, F., & Wibawani, S. (2023). Efektivitas SIPRAJA di Desa Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 275–285. https://doi.org/10.33506/jn.v8i2.2422
Saputra, D., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. 7(2). 194-211. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497
Siregar, F. A. (2017). Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pelayanan Publik Studi Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan. Jurnal Publik Universitas Dharmawangsa. 2(2). 40-51. https://doi.org/10.46576/jpr.v2i2.304
Wardhana, Y. (2021). Akuntabilitas dan Transparasi dalam Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mesuji). Jurnal Progress Administrasi Publik, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.37090/jpap.v1i1.401
Copyright (c) 2024 Rosyidatul Ilmiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.