Peran E-Wom dalam Memoderasi Pengaruh Motivasi dan Citra Destinasi terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Destinasi Pantai

  • Paulina Dewi Toffi Institut Pariwisata Trisakti
  • Rahmat Ingkadijaya Institut Pariwisata Trisakti
  • Nurbaeti Nurbaeti Institut Pariwisata Trisakti
  • Myrza Rahmanita Institut Pariwisata Trisakti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran e-wom dalam memoderasi pengaruh motivasi dan citra destinasi terhadap minat kunjungan wisatawan destinasi pantai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari analisis kuantitatif deskriptif menunjukkan bahwa X1 (Motivasi) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berkung wisatawan dibuktikan dengan nilai. 0,003. Sedangkan pada variabel X2 (citra destinasi) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Y (minat berkunjung) dibuktikan dengan nilai 0.085, dan pada variabel moderasi E-WOM dari hasil penelitian tidak mampu memoderasi pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y dibuktikan dengan nilai 0,507 dan 0,037. Simpulan peneliitan ini bahwa e-worm tidak dapat memoderasi motivasi dan minat berkunjung wisatawan sedangkan motivasi dan citra berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan.

Kata Kunci: Citra Destinasi, Minat Berkunjung, Motivasi Wisata, Pariwisata, Wisata Pantai

References

Anggara. D. W. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Motivasi, Fasilitas, Dan E-Wom Terhadap Niat Berkunjung Kembali Di Telaga Wahyu Magetan. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. 4. 10. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/search/authors/view?firstName=AGAM%20DWI&middleName=&lastName=ANGGARA&affiliation=UNIVERSITAS%20PGRI%20MADIUN&country=ID

Anggraeni, D. (2020). Pengaruh City Branding, Motivasi Wisata, E-WOM, Citra Destinasi dan Daya Tarik terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi. Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Universitas Dinamika. diakses dari: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4526/1/15430100012-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Anggraeni, D., Supriyanto, A., Fianto, A. Y. A. (2019). Pengaruh City Branding, Motivasi Wisata, E-WOM, Citra Destinasi dan Daya Tarik Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia. 1(2). https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/jimi/article/view/3266/1476

Anggraini, M., RAchman, A. F. (2020). Analisis Partisipasi Masyarakat Setempat dalam Kegiatan Pariwisata di Pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Journal of Innovation Reseach and Knowkedge. 3(1). https://doi.org/10.53625/jirk.v3i1.6073

Anggraini, R., Lupita, N. (2021). Pengaruh EWOM, Travel Motivation dan Destination Attractiveness terhadap Visit Intention di Kota Batam. Jeesya: Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah. 4(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.404

Auliya, Z. F., Pertiwi, I. F. P. (2019). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-WOM) and Travel Motivation toward the Interest in Visiting Lombok, Gender as a Mediator. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 13(2). https://doi.org/10.18326/infsl3.v13i2.201-218

Chan, S., & Fadiryana, N. A. (2019). Jurnal Manajemen Inovasi Universitas Syiah Kuala. Pengaruh Destination Image dan Tourist Experience Terhadap Revisit Intention yang Dimediasi oleh Perceived Value pada Destinasi Wisata Halal di Kota Banda Aceh. Jurnal Manajemen Inovasi. 10(2). 1-23. https://doi.org/10.24815/jmi.v10i2.15994

Choirisa, S. F., Purnamaningsih, P., & Alexandra, Y. (2021). The Effect Of E-Wom on Destination Image and Attitude Towards to The Visit Intention In Komodo National Park, Indonesia. Journal of Tourism Destination and Attraction , 9(1), 49-60. https://doi.org/10.35814/tourism.v9i1.1876

Dewi, K., Angligan, I. G. K. H., MAhardika, I. M. N. O. (2023). Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial dalam Membranding Destinasi Wisata sebagai Media Pemasaran. Waisya: Jurnal Ekonomi. 2(1). 1-11. https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/JW

Dunja, D., Siniša, B., Nikola, M., El, B. H., A. S. Y. (2019). Exploration Of Tourist Motivation And Preferred Activities In Rural Areas. Journal of the Geographical Institute "Jovan Cvijic". 69(1). 29-37. https://doi.org/10.2298/IJGI1901029D

Fitroh, S. K. A., Hamid, D., Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 42(2). 18-26. https://media.neliti.com/media/publications/87695-ID-pengaruh-atraksi-wisata-dan-motivasi-wis.pdf

Giantari & Utama. (2020). Peran Citra Destinasi Memediasi Pengaruh E-Wom terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan (Studi pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 9(4). 1230-1251. https://dx.doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p01

Ismayanti, M. (2021). Dasar-Dasar Pariwisata sebuah Pengantar. Universitas Sahid Jakarta. Jakarta

Nasution, O. B., Rohman, I. Z. (2022). Peran Akun Media Sosial Berbasis Konten Pariwisata pada Pengambilan Keputusan Wisatawan untuk Mengunjungi Destinasi Wisata pada Era Digital. JUMPA. 8(2). 774-789. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/download/83048/43067

Pratama, M. F. R., Andajani, E., & Rahayu, S. (2021). Peran Komunikasi E-Word Of Mouth terhadap Visit Intention Objek Wisata. Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam, 6(2), 117-124. https://doi.org/10.34202/imanensi.6.2.2021.117-124

Purwanto, H., Kadi, D. C. A., & Rismawati, G. (2021). Pengaruh Daya Tarik dan E-WOM terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung sebagai Variabel Intervening. MBR (Management and Business Review), 5(2), 251–264. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5867

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Murtadio, M. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Viral Marketing terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. SKETSA BISNIS (e-Jurnal), 6(1), 13-21. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1584

Sarapang, V. C., Surata, I. K., & Utama, I. P. (2022). Peran Citra Destinasi Pada Hubungan E-Wom dengan Minat Kunjungan Wisatawan di Pantai Losari, Kota Makassar. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 3(02), 115-126. https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i02.182

Sjaida, G., Khadijah, U., & Novianti, E. (2021). Stragtegi Komunikasi Pariwisata Taman Air Mancur Sri Baduga Melalui Media Instagram @Urangpurwakarta. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). 7(2). 386-410. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2021.v07.i02.p03

Sugianto, S. (2003). Teknik Sampling. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Alfabet, CV. Bandung

Susanti, N., Aryati, I., Damayanti, R. (2019). Historis, Daya Tarik Wisata dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Berkunjung di De Tjolomadoe. JRBM: Jurnal Riset Bisnis Manajemen. 12(2). 59-63. https://doi.org/10.23969/jrbm.v12i2.1424

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 37(2). 1-10. https://www.neliti.com/publications/87189/pengaruh-electronic-word-of-mouth-terhadap-citra-destinasi-serta-dampaknya-pada

Villamediana, J., Vila, N., Boluda, I. K. (2020). Predictors of Tourist Engagement: Travel Motives and Tourism Destination Profiles. Journal of Destination Marketing & Management. 16(3). 100412. http://dx.doi.org/10.1016/j.jdmm.2020.100412
Published
2024-06-09
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 7 times