Konstruksi Sosial Orang Tua terhadap Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

  • Fatih Akbar Rafsanjani Universitas Sebelas Maret
  • Atik Catur Budiati Universitas Sebelas Maret
  • Siany Indria Liestyasari Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi sosial orang tua terhadap implementasi kebijakan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi sosial orang tua terbangun atas realitas sosial bahwa: 1). Orang tua siswa mendapatkan informasi kebijakan sistem zonasi melalui berbagai sarana; 2). Beberapa orang tua belum sepenuhnya memahami urgensi sistem zonasi; 3). Perpindahan domisili dilakukan orang tua sebagai upaya mengakomodir kebijakan sistem zonasi. Melalui ke tiga fase ini dapat diketahui realitas yang terkonstruksi bagi orang tua siswa dalam memandang implementasi kebijakan PPDB sistem zonasi. Simpulan penelitian kebijakan sistem zonasi dalam PPDB adalah terobosan baru dalam dunia pendidikan, menuai beragam respon dari banyak kalangan terutama orang tua siswa. Teori konstruksi sosial memandang realitas sosial terbentuk melalui proses dialektika, yang tampak bahwa orang tua siswa masih terkonstruksi pada mekanisme PPDB.

 

Kata Kunci: Konstruksi Sosial, PPDB, Sistem Zonasi

 

Author Biographies

Atik Catur Budiati, Universitas Sebelas Maret

 

 
Siany Indria Liestyasari, Universitas Sebelas Maret

 

 

References

Asmanidar. (2021). Telaah Teori Konstruksi Sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman. Abrahamic Religions Jurnal Studi Islam, 1(1), 99–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/arj.v1i1.9488

Arif, F. M. (2019). Nalar Maslahat dalam Kebijakan Zonasi dan Penguatan Pendidikan Karakter. IQRO: Journal of Islamic Education. 2(1). 39-66. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/download/848/621

Berger, P. L., & Luckman, T. (1990). Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. LP3ES. Jakarta

Bulkani, B., Fatchurahman, M., Setiawan, M. A. (2023). Zonation System in Admission of New Student at State Secondary School in Indonesia: How Predictable to Learning Success. The Education and science journal 25(8):115-133. http://dx.doi.org/10.17853/1994-5639-2023-8-115-133

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research. In Synthese (5th ed., Vol. 195, Issue 5). SAGE Publications. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial The Social Construction of Reality: Peter L. Berger’s Thoughts About Social Reality. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.101

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); I). Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta

Hattami, M. (2022). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru pada Tingkat SMA di Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. http://eprints.ipdn.ac.id/11934/1/Repository%20m%20hattami.pdf

Madiana, I., Alqdri, B., Sumardi, L., Mustari, M. (2022). Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi serta Dampaknya terhadap Kesetaraan Hak Memperoleh Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(2c). 735-740. http://dx.doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.633

Ngangi, C. R. (2011). Konstruksi Sosial dalam Realitas Sosial. Agri-Sosioekonomi, 7(2), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.35791/agrsosek.7.2.2011.85

Nurlailiyah, A. (2019). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Realita, 17(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1381

Prasetya, R. A., & Pribadi, F. (2021). Akses Pendidikan Masyarakat Urban Pasca Penerapan Sistem Zonasi di Surabaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(1), 32–42. https://doi.org/10.23917/jpis.v31i1.13988

Purwanti, D., Irawati, I., Adiwisastra, J., Bekti, H., Studi, P., Publik, A., Sukabumi, M., Barat, J., Bandung, U. P., & Barat, J. (2019). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru berdasarkan Sistem Zonasi di Kota Bandung. Jurnal Governansi. 5(1). 12-23 https://doi.org/10.30997/jgs.v5i1.1699

Rachmadhany, F., Matin, M. (2021). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di SMA Negeri 14 Bekasi. Wahana: Tridharma Perguruan Tinggi. 73(1). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/whn/article/view/2893

Sari, R. R. N., & Arisanti, P. (2020). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas Kota Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 19–24. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

Sudarno, A. (10, Juli 2023). Palsukan Alamat, 155 Siswa Dicoret dari Daftar PPDB SMPN Kota Bogor. Diakses dari: https://www.liputan6.com/news/read/5340415/palsukan-alamat-155-siswa-dicoret-dari-daftar-ppdb-smpn-kota-bogor

Sulaiman, A. (2016). Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Society, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.33019/society.v4i1.32

Werdiningsih, R. (2020). Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Masyarakat Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56444/psgj.v1i02.1562

Widyaningtyas, A., Nugraha, N., & Sari, S. D. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Zonasi. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.56393/antropocene.v1i1.20

Yunus, E. B. (26, Juni 2023). Ingin Masuk SMA Negeri, Modus Titip KK Marak di Kota Salatiga. RMOLJateng. https://www.rmoljawatengah.id/ingin-masuk-sma-negeri-modus-titip-kk-marak-di-kota-salatiga
Published
2024-02-05
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 10 times