Tradisi Pelaksanaan Pendidikan IPS di Sekolah Dasar

  • Husnul Mukti Universitas Hamzanwadi
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Kertih Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tradisi pelaksanaan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar sebagai upaya penyederhanaan materi ilmu sosial dalam rangka mencapai tujuan pembentukan warga negara yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah studi literatur dan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini adalah IPS merupakan hasil sintesis dari berbagai materi ilmu sosial yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik. Posisi maupun implementasi IPS mengalami perubahan seiring perubahan kurikulum. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar memberikan pelatihan dalam berbagai keterampilan, serta menanamkan nilai-nilai dan karakter pada peserta didik. Hal ini bertujuan agar keterampilan, nilai-nilai, dan karakter tersebut dapat diperkenalkan sejak dini dan diinternalisasikan dengan baik. Simpulan penelitian ini bahwa Pendidikan IPS di Sekolah Dasar merupakan penyederhanaan materi ilmu sosial yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik, dengan implementasi yang mengalami perubahan seiring perubahan kurikulum, dan memberikan pelatihan keterampilan serta menanamkan nilai dan karakter pada peserta didik sejak dini.

 

Kata Kunci: Keterampilan Belajar, Pembangunan Karakter, Penanaman Nilai

     

Author Biographies

I Wayan Lasmawan, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 
I Wayan Kertih, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

References

bbas, E. W. (2013). Mewacanakan Pendidikan IPS. FKIP_Unlam Press Wahana Jaya Abadi. Bandung. Diakses dari: https://docplayer.info/113097210-Acanakan-an-pendidik.html

Akhan, N. E., Çiçek, S., & Mert, H. (2019). Cumhuriyetten Günümüze Sosyal Bilgiler Öğretim Programlarında Değişen “İyi Vatandaşlık” Algısı. Anemon Muş Alparslan Üniversitesi Sosyal Bilimler Dergisi, 7(2), 9–20. https://doi.org/10.18506/anemon.428588

Anggraeni, A. (2020). FENOMENA KELEMAHAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cerdas Proklamator; 8(2). 98-109. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.63

Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/363

Birsyada, M. I. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan IPS (Suatu. Pendekatan Teoritis dan Praktis). Ombak. Yogyakarta

Blaik-Hourani, R. (2011). Constructivism and Revitalizing Social Studies. The History Teacher, 44(2), 227–249. http://www.jstor.org/stable/25799419

Chase, W. L., & Wilson, G. M. (1958). Preference Studies in Elementary School Social Studies. The Journal of Education, 140(4), 1–28. http://www.jstor.org/stable/42748796

Cordier, R. W. (1968). What Should Children Learn Through Social Studies? The Elementary School Journal, 69(2), 55–67. http://www.jstor.org/stable/1000613

Dewi, C., & Rohmanurmeta, F. M. (2019). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar. UNIPMA Press. Madiun

Enoh, M. (2016). Pendekatan Pembelajaran Pengetahuan Sosial dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12. https://doi.org/10.17977/jip.v12i1.79

Fraenkel, J. R. (1969). Value Education in the Social Studies. The Phi Delta Kappan, 50(8), 457–461. http://www.jstor.org/stable/20372415

Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung
Hasan, S. H. (1996). Pendidikan ilmu sosial. Depdikbud. Jakarta

Helmsing, M. (2016). New Materialisms for a (Re) new(ing) Curriculum of Social Studies Education. Counterpoints, 501, 137–151. http://www.jstor.org/stable/45157534

Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan IPS di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3493

Jaenudin, R. (2014). Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Forum Sosial, 7(1), 440–451

Jones, E. B., Pang, V. O., & Rodríguez, J. L. (2001). Social Studies in the Elementary Classroom: Culture Matters. Theory Into Practice, 40(1), 35–41. http://www.jstor.org/stable/1477216

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103–109. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/iis/article/view/3076

Keach, E. T. (1974). Social Studies Instruction Through Children’s Literature. The Elementary School Journal, 75(2), 98–102. http://www.jstor.org/stable/1000986

Mariati, M., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). The Social Science Contribution Through Social Studies Learning. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 110–120. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/iis/article/download/3051/2442

Meléndez, L. (2015). Using Children’s Books as a Social Studies Curriculum Strategy. YC Young Children, 70(3), 48–53. http://www.jstor.org/stable/ycyoungchildren.70.3.48

Mindes, G. (2015). Pushing Up the Social Studies from Early Childhood Education to the World. YC Young Children, 70(3), 10–15. http://www.jstor.org/stable/ycyoungchildren.70.3.10

Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan; Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(1). 51-64. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn/article/view/3283

Pramono, S. E. (2013). Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Widya Karya. Semarang

Putro, H. P. N. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPS Dalam Kurikulum 2013. In E. W. Abbas (Ed.), Mewacanakan Pendidikan IPS (pp. 39–68). FKIP_Unlam Press bekerjasama dengan Penerbit WAHANA Jaya Abadi. Bandung

Rachmah, H. (2013). Nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7–14

Sapriya, S. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Rosdakarya. Bandung

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Rosdakarya. Bandung

Supriono, Y. (2018). Pembelajaran IPS dalam Perspektif Kurikulum 2013. Tatar Pasundan Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32), 89–94

Suratni, N. W., Maryati, T., & Arta, K. S. (2015). Persepsi Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (Studi Kasus di Kelas VIII A SMP Bhaktiyasa Singaraja). Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjps.v3i3.2306

Sutrisna, E., & Wasino, W. (2010). Pembelajaran IPS dalam Realita di Era KTSP: Studi Eksplorasi Pelaksanaan Pembelajaran IPS pada Jenjang SMP di Kabupaten PATI. Paramita: Historical Studies Journal, 20(2). 178-189. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/1049/959
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 16 times
PDF downloaded = 10 times