Analisis Pendidikan Inklusif: Kendala dan Solusi dalam Implementasinya

  • Husnul Mukti Universitas Hamzanwadi
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

 Tujuan kajian ini untuk mengidentifikasi kendala-kendala dalam implementasi pendidikan inklusif, serta solusi yang dapat mengoptimalkan penyelenggaraan pendidikan inklusif melalui perbaikan aspek input dan prosesnya. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian ini adalah kendala dalam pendidikan inklusif meliputi guru pembimbing khusus yang kurang memadai, kompetensi minim guru reguler, persepsi keliru tentang Anak Berkebutuhan Khusus, kurikulum yang belum disesuaikan, serta kurangnya sarana dan prasarana yang ramah dengan solusi meningkatkan guru pembimbing, pelatihan untuk guru reguler, sosialisasi tentang Anak Berkebutuhan Khusus, adaptasi kurikulum, dan peningkatan fasilitas. Simpulan penelitian ini adalah Pendidikan Inklusif membutuhkan peningkatan guru pembimbing, kompetensi guru, persepsi yang tepat, adaptasi kurikulum, dan fasilitas yang ramah, serta penerapan model pembelajaran yang sesuai.

 

Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Kurikulum Modifikasi, Model Pullout,

          Pendidikan Inklusif

 

Author Biographies

Ida Bagus Putu Arnyana, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 
Nyoman Dantes, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

References

Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124

Andriyani, W. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(3), 307–315. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/download/7703/7329

Anzari, M., Sarong, A. H., & Rasyid, M. N. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif terhadap Penyandang Disabilitas. Syiah Kuala Law Jurnal, 2(1), 57–73. https://doi.org/10.24815/sklj.v2i1.10586

Archana, S. S. (2022). Analysis of Inclusive Practices of Regular Schools for Promoting Inclusive Education. Journal of Research & Development, 14(19), 44–48. https://zenodo.org/records/7430992

Asempa, Y. E. (2020). From Segregation to Inclusive Education: Examining the Environmental Adaptations on Pupils with Disabilities in Regular Schools Within Yilo Krobo Municipality, Ghana. Research Journal in Advanced Social Sciences; 1(2). 13-25. https://royalliteglobal.com/rjass/article/view/394

Azzahra, I. M., Diana, R. R., Nirwana, E. S., Wiranata, Rz. R. S., & Andriani, K. M. (2022). Learning Facilities and Infrastructure Based on the Characteristics of Children with Special Needs in Inclusive Education. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2). 169-190. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/14432

Baharuddin, B., & Saidang, S. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di SDN No. 39 Cakke. Jurnal Edumaspul, 4(2), 189–204. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/717/382/

Baroroh, E., & Rukiyati, R. (2022). Pandangan Guru dan Orang Tua tentang Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3944–3952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510

Budiarti, N. D., & Sugito, S. (2018). Implementation of Inclusive Education of Elementary Schools: A Case Study in Karangmojo Sub-District, Gunungkidul Regency. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 214–223. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.8727

Chandrahasa, G. (2022). Inclusive Education Issues and Challenges of Inclusive Education. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(11), 1481–1483. https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT22NOV847_%281%29.pdf

Dawson, S. M. L. (2014). Pull-Out or Push-in Service Delivery Model: Conducive to Students or Teachers? https://fisherpub.sjf.edu/education_ETD_masters

Dewi, D. P. (2018). Asesmen Sebagai Upaya Tindak Lanjut Kegiatan Identifikasi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. WAHANA, 70(1), 17–24. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i1.1563

Dewi, I. M. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Tingkat SMP di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 11(1), 15–25. https://doi.org/10.21831/sakp.v11i1.17791

Dewi, P. S. D., Ujianti, P. R., & Magta, M. (2020). Penerapan Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada TK Rare Bali Shool). Jurnal Pendidikan, 8(2), 87–97. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.441

Direktorat PPK LK Pendidikan Dasar. (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Efendi, M. (2018). The Implementation of Inclusive Education in Indonesia for Children with Special Needs: Expectation and Reality. Journal of ICSAR; 2(2). 142-147. http://journal2.um.ac.id/index.php/icsar/article/view/2318

Fernandez, N., & Hynes, J. W. (2016). The Efficacy of Pullout Programs in Elementary Schools: Making it Work. The Journal of Multidisciplinary Graduate Research, 2(3), 32–47. https://www.shsu.edu/academics/education/journal-of-multidisciplinary-graduate-research/documents/2016/Article%203%20-%202016%20-%20Fernandez%20and%20Hynes.pdf

Fitri, A. Z. (2022). Inclusive Education Curriculum Management with Modification Humanistic Design. Journal of Social Studies Education Research, 13(3). 150-173. https://doaj.org/article/008a79a8a5bb465fa8030f156b115b9c

Gyamfi, B. A. (2021). Towards an Inclusive Teaching: Examining Educator’s Skills in Identifying Children with Special Needs in Inclusive Classroom in Adansi North District, Ghana. Journal of Education, Curriculum and Teaching Studies; 2(1). https://royalliteglobal.com/ects/article/view/651

Hafiz, A. (2017). Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal As-Salam, 1(3), 9–15. Retrieved from https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/14

Haq, N. Al, & Kurnia, L. K. (2022). Implementasi Sistem Evaluasi dan Penilaian Anaka Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Sultan Agung; 2(3). 268–278. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpsa/article/view/21477

Hartadi, D. R., Dewantoro, A., & Junaidi, A. R. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. 5. https://dx.doi.org/10.17977/um031v5i22019p90-95

Haryanto, V. V., Wardani, L. K., & Wagiri, F. (2023). How Interior Design Impacts Learning Performance for Children with Special Needs in Surabaya. Kata. 25(00). 113-118. http://kata.petra.ac.id/index.php/ing/article/view/19599

Hermanto, Wiyono, B. B., Imron, A., & Arifin, I. (2016). Analisis Potensi dan Masalah pada Fase Konseptualisasi Pengembangan Model Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(1), 14–30. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v12i1.12836

Ita, E. (2019). Konsep Sistem Layanan Penyelenggaraan Pendidikan Melalui Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 186–195. Retrieved from https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/32

Khamidulina, Z. (2018). A Qualitative Study of Parental Perceptions of Inclusive Education in Kazakhstan: The View of Three. Nugse Research in Education Journal. 3(2), 3–7. http://nur.nu.edu.kz/handle/123456789/3730

Khan, I. K., Hashmi, S. H., & Khanum, N. (2017). Inclusive Education in Government Primary Schools: Teacher Perceptions. Journal of Education and Educational Development; 4(1). 32-47. https://www.journals.iobmresearch.com/index.php/JoEED/article/view/1331

Kurniasih, N., Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2016). Pengembangan Puzzegi (Puzzle Segi Empat) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Tuna Netra. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 57–66. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif YBPK Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), 53–68.

Malata, L. N., & Muzata, K. K. (2022). Lesson Preparation for Inclusive Teaching of Learners with Disabilities from Grade 1 to 7 at Kankumba Primary School. International Journal of Educational Innovation and Research; 1(2). 149-162. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/ijeir/article/view/2492

Munawwaroh, L. (2018). Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif yang Ramah Anak. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 173–186. https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/download/167/162

Ningrum, K. A., & Assjari, M. (2019). Inclusion Education, A Study and Critical Analysis With The Dimensions of Inclusion Index In SMPN 28 Surabaya. Proceedings of the International Conference on Special Education, 51–56. https://zenodo.org/records/6906182

Novtasari, R., & Utami, R. T. (2022). Peningkatan Akses Edukasi dan Konsultasi Pendidikan Inklusif pada Sekolah Reguler Melalui Pemberdayaan Stakeholder Sekolah Luar Biasa. Jurnal Dedikasi Negeri, 1(1). http://journal.uml.ac.id/JDN

Nuruddin, N. (2022). Trend Penelitian Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Ẽl-Midad: Jurnal PGMI, 14(2), 167–196. Retrieved from https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/5725

Okyere, B. A., Amedahe, F. K., & Edjah, K. (2002). The Education of Children with Special Needs in Ghana: Policies, Assessment and Teacher Training. IFE PsychologIA; 10(2). http://ajol.info/index.php/ifep/article/view/23462

Opoku, M. P., Nketsia, W., Agyei-Okyere, E., Oginni, O. S., & Torgbenu, E. L. (2022). Inclusive Education in West Africa: Predictors of Parental Attitudes, Knowledge and Perceived Social Norms Influencing Inclusive Practices in Ghana and Nigeria. International Journal of Inclusive Education, 26(2), 124–142. https://doi.org/10.1080/13603116.2019.1642397

Pardede, P. F. D., & Fernandes, R. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Perspektif, 3(2), 272–278. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i2.237

Prajalani, Y. N. H., Sunardi, S., & Widyastono, H. (2021). Implementation of Adaptive Curriculum for Children with Special Needs in Inclusive Education Provider Schools in Surakarta. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding; 8(10). 378-384. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/3090

Rahbini, R. (2012). Pendidikan Inklusif; Sebuah Konstruksi Pendidikan Anti Diskriminasl Bagi Difabel. Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 29–44. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/download/1060/338

Rifani, L. G. (2016). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(9), 951–962. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/download/103225/101916

Rindiani, R., & Irdamurni, I. (2019). Media Blokjes untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Anak Tunanetra. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 148–153. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/6399

Rodi, N. P. R., Noor, M., & Saptarini, V. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pendidikan Inklusif di Kota Metro. Jurnal Visionist, 5(2), 18–28. https://doi.org/10.21831/jpk.v19i1.61202

Rumantiningsih, D. K., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Tunanetra Melalui Pengembangan Media PANDIKAR Berkode Braille. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 105. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.105-114

Sakti, S. A. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 04(2), 238–249. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2019

Sari, E. Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inklusif Tingkat Sekolah Dasar Bagi Slow Learner Children Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Tulungagung. JURNAL PENA SD, 3(1), 29–42. https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.916

Savitri, N. E., & Irdamurni. (2020). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di SDN 17 Jawa Gadut. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(3), 38–45. https://ranahresearch.com

Suara NTB. (21, Januari 2021). Sekolah Inklusi Bertambah, Pendidikan ABK Diharapkan Diakomodir dengan Baik. Diakses dari: https://dikbud.ntbprov.go.id/index.php/Beritaaa/Detail/183

Suarni, A., Purnamasari, R., & Sunardi, N. P. (2023). Models And Methods of Inclusion Learning At Alam Purwakarta School. International Journal of Early Childhood Community Learning. 1(1). 30-36. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/ijecie/article/view/7600

Sudarto, Z., Rofiah, K., Ardianingsih, F., & Sujarwanto. (2019). Program Intervensi Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus: Proses Pengembangan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Inklusi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p1-10

Sukbunpant, S., Arthur-Kelly, M., & Dempsey, I. (2013). Thai Preschool Teachers’ Views About Inclusive Education for Young Children with Disabilities. International Journal of Inclusive Education, 17(10), 1106–1118. https://doi.org/10.1080/13603116.2012.741146

Sunardi, I., & Sunaryo, D. (2011). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya). JASSI Anakku, 10(2), 184–200. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/3990

Tejaningrum, D. (2017). Perspektif Orang Tua Terhadap Implementasi Pendidikan Inklusif Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Konseling Pendidikan, 1(1), 73–89. https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2357

Tejena, N. R., Nawangsari, N. A. F., & Rustika, I. M. (2022). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Inklusi tentang Pendidikan Inklusif Melalui Psikoedukasi. Jurnal Diversita, 8(2), 231–240. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.7514

Warminda, Y., Hasrul, H., & Haryani, M. (2022). Implementasi Kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi ABK dan/atau Memiliki Bakat Istimewa di SMPN Kota Padang. Jurnal Basicedu, 6(6), 9989–10003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4047

Wicaksana, G. B. A., Warmadewi, A. A. I. M., & Widiasavitri, P. N. (2021). Development of Visual Media Products for Children with Special Needs at the Denpasar Autism Center. Jurnal Sutramas; 1(2). 41-48. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/sutramas/article/view/4099

Winarsih, M., Bintoro, T., & Nanik, U. (2022). Pemberdayaan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Raudhatul Athfal dalam Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 120–125. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Woodcock, S., Sharma, U., Subban, P., & Hitches, E. (2022). Teacher self-Efficacy and Inclusive Education Practices: Rethinking Teachers’ Engagement with Inclusive Practices. Teaching and Teacher Education, 117, 103802. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103802

Xue, R., Chai, H., Yao, L., & Fu, W. (2023). The influence of School Inclusive Education Climate on Physical Education Teachers’ Inclusive Education Competency: The Mediating Role of Teachers’ Agency. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1079853
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 122 times
PDF downloaded = 231 times