Pengaruh Intensitas Menonton dan Kredibilitas Najwa Shihab terhadap Literasi Media Sosial Media pada Subscribers pada Chanel Youtube Najwa Shihab

  • Khairunnisa Adriyanti Universitas Gunadarma
  • Widyo Nugroho Universitas Gunadarma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas menonton dan kredibilitas Najwa Shihab terhadap literasi media pada Subscribers (studi pada Channel Youtube Najwa Shihab). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner. Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma positivistik. Populasi penelitian ini adalah Subscribers dari Channel Youtube Najwa Shihab yang pernah mengakses dan menonton tayangan video pada akun Youtube Najwa Shihab. Sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan hubungan antara variabel intensitas menonton (X1) dan variabel kredibilitas Najwa Shihab (X2) terhadap literasi media (Y) memiliki pengaruh yang signifikan dan sangat kuat yakni sebesar 83,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel intensitas menonton (X1) dan Kredibilitas Najwa Shihab (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literasi media (Y). Saran untuk penelitian selanjutnya agar mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dan menambahkan variabel dalam penelitian ini yaitu kredibilitas pesan (message credibility).

 

Kata Kunci: Intensitas Menonton, Kredibilitas, Literasi Media, Subscribers.

 

Author Biography

Widyo Nugroho, Universitas Gunadarma

 

 

References

Ardianto, E. (2011). Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Aspikom. Yogyakarta

Azhar, A. (2020). Pengaruh Terpaan Pesan Video di Channel Eriko Lim terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Skripsi pada Program STRATA Satu Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Chaerun. N. Damayanti, Dunan, A., & Karman, K. (2021). Pengaruh Terpaan Media dan Kredibilitas Tuan Rumah (Host) terhadap Minat Politik Generasi Z. Komunika, 8(2), 79–86. https://doi.org/10.22236/komunika.v8i1.6473

Efendi, A., Astuti, P. I., Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora. 18(2). 12-24. http://dx.doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188

Ernawatiningsih, N. P. L. (2019). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1), 34-47. Retrieved from https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2157

Faiqah, F., Nadjib, M., Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi. 5(2). https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/1905

Fatmawati, F., Djamereng, A., Halik, A. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Program Siaran Mata Najwa terhadap Pengembangan Wawasan Mahasiswa Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar. Jurnal Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah dan Komunikasi. 1(3). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/16231

Hovland, Carl I., Irving K. Janis, and Harold H., Kelley (1953), Communication and Persuasion. CT: Yale University Press. New Haven

Jati, N. P., Abidin, Z., Oxcygentri, M. (2022). Pengaruh Sosial Media Youtube terhadap Perilaku Literasi Siswa SMA Hutama. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi. 5(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/4689

Kencan, W. H., Situmeang, I. V. O., Meisyanti, M., Rahmawati, K. J., Nugroho, H. (2022). Penggunaan MEdia Sosial dalam Portal Berita Online. IKRA-ITH HumanioraL Jurnal Sosial dan Humaniora. 6(2). 136-145. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/1509

Khanafi, I. A. (2017). Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan My Trip My Adventure terhadap Minat Traveling Mahasiswa. (Studi Eksplanatoris Pengaruh Intensitas Menonton Tayangan My Trip My Adventuree terhadap Minat Traveling pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2015). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/76703/NDA2MDUz/Pengaruh-Intensitas-Menonton-Tayangan-My-Trip-My-Adventure-terhadap-Minat-Traveling-Mahasiswa-Studi-Eksplanatoris-Pengaruh-Intensitas-Menonton-Tayangan-My-Trip-My-Adventuree-terhadap-Minat-Traveling-pada-Mahasiswa-S1-FISIP-Universitas-Sebelas-Maret-Surakarta-Angkatan-2015-HALAMAN.pdf

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku. Jakarta

Lestari, A., Santoso, B. (2021). Pengaruh Kredibilitas dan Terpaan Iklan Gojek Versi “Btx-It's Okay to Be Lebay” di Youtube terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Gojek pada Era New Normal. Jurnal Komunikasi dan Media. 2(1). 37-47. https://journal.unika.ac.id/index.php/jkm/article/view/4047/pdf

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Bandung
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung

Nelson, K., Courier, M., & Joseph, G. (2011). Teaching Tip: An Investigation of Digital Literacy Needs of Students. Journal of Information Systems Education, 22(2), 95–109. https://jise.org/Volume22/n2/JISEv22n2p95.html

Nuraini, Q. C. (2017). Literasi Media di Kalangan MAhasiswa di Kota Bogor. Junal ADHUM. 7(1). 1-9. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JAD/article/download/34/20/106

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan MEdia Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. 1(1). 202-224. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/download/219/179/804

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Putri, A. (2018). Pengaruh Intensitas Mengakses Youtube Channel Gita Savitri Devi dalam Segmen Beropini terhadap Perilaku Modelling Followers Remaja. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/42452/1/adinda%20PUTRI-PDF.pdf

Rahmawati, H., & Rozak, A. (2020). Hubungan Menonton Channel Youtube Remotivi terhadap Pemahaman Literasi Media pada Kader Pelajar Islam Indonesia Yogyakarta Besar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(1), 97–115. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4390

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya, Jakarta

Ramdhini, V. C., & Fatoni, A. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Video Youtube dan Kredibilitas Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian (Studi Channel Youtube Suhay Salim Video ‘Wardah InstaPerfect Review Tutorial Swatches’). Scriptura, 10(2), 53-59. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.53-59

Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia. 5(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/10259/6340
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 15 times
PDF downloaded = 15 times