Peran Keluarga dalam Penguatan Karakter Buddhis

  • Diah Arum Puji Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Kabri Kabri Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Julia Surya Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dalam penguatan karakter Buddhis. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran keluarga dalam penguatan karakter Buddhisme sangat signifikan serta memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya penguatan karakter Buddhisme dalam konteks keluarga dan implikasinya terhadap tantangan global yang ada. Simpulan penelitian ini yaitu: Peran orang tua dalam membina kepribadian anak dapat melalui berbagai cara seperti memberikan pendidikan agama, mengajarkan sopan santun, memberikan teladan yang baik, menanamkan nilai-nilai kedisplinan, menanamkan nilai-nilai kejujuran, menanamkan nilai-nilai sosial, selalu menanamkan hal positif kepada anak, selalu memantau kegiatan anak, memberi pengarahaan kepada anak mengenai nilai-nilai religi atau agama seperti mengajak ke vihara dan menjadi pendengar yang baik untuk anak.

Kata Kunci: Karakter Buddhis, Peran Keluarga, Tantangan Global.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55. Retrieved from https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82

Amiro, T. dan H. Y. (2019). Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Menurut Perspektif Buddhis. JJIAPABL Jurnal Ilmu AGama dan Pendidikan AGama Buddha. 1(1). 29-44. https://media.neliti.com/media/publications/422569-none-683c5fb8.pdf

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA. 5(1). http://dx.doi.org/10.52434/jp.v5i1.43

Asih, R., Naga, D. S., & Muljadi, M. (2021). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Tanggung Jawab Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasional pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Dharmaputra Tangerang). Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 5(1), 52–64. https://doi.org/10.47861/dv.v5i1.44

Chowmas, D. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Buddhis pada Sekolah Minggu Buddha Mandala Maitreya Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 15-28. https://doi.org/10.69607/jm.v1i2.25

Herman, H. (2020). Analisis Model Komunikasi Publik Samanera dan Atthasilani: Studi Kasus Padepokan Dhammadipa Arama Batu. Journal of Humanity and Social Justice. 2(1). 1-14. http://ojs.isjn.or.id/index.php/journalhsj

Hutabarat, B. A., & Panjaitan, H. H. (2016). Tingkat Toleransi Antaragama di Masyarakat Indonesia. Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 3(1), 8-18. https://doi.org/10.33550/sd.v3i1.28

Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1). https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122

Karolina, A. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Berbasis Pembentukan Karakter: dari Konsep Menuju Internalisasi Nilai-Nilai Al-Quran. Jurnal Penelitian. 11(2). https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.2841

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. 1(1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Khotimah, H., & Retnowati, S. (2014). Kecenderungan Psikopat pada Remaja di Lembaga Pemasyarakatan Ditinjau dari Kelekatan Anak-Orang Tua. Jurnal Psikologi Tabularasa. 9(2). 109-121. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/224/95

Lestari, Y., Istiani, A., Farhanah, N. D., & Yaqin, M. A. (2022). Survei Metrik Kompleksitas User Interface Menggunakan Sistematic Literature Review. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics. https://journal.unublitar.ac.id/ilkomnika/index.php/ilkomnika/article/download/463/98

Ma’rifatin, U. ., & Kibtiyah, A. . (2021). Kontribusi Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4690–4698. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1626

Nuriani, N., Siu, O. C., Kumari, W., & Limurty, C. (2021). Membangun Pola Asuh Dan Nilai-Nilai Agama Buddha pada Keluarga Buddhis di Vihara Maha Manggala. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma. 1(1). https://doi.org/10.56325/jpmb.v1i1.30

Nyanasuryanadi, P., Kurdi, M. S., Kurdi, M. S., Cakranegara, P. A., Pratama, D., & Nilawati. (2023). Mainstreaming the Value of Religious Moderation by Teachers in the Digital Era. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1357-1368. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3198

Pramono, E., Lamirin, L., Ismoyo, T., Susanto, S., & Sutawan, K. (2022). Upaya Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Nilai-Nilai Kemanusiaan pada PESERTA DIDik. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 4(1), 9-20. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v4i1.60

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu Buddha (SMB) Taman Lumbini Tebango Lombok Utara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 778-786. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/389

Prasetyo, E., Kabri, K., Sukisno, S., & Kumari, W. (2022). Pertautan Sikap Yudhistira pada Lakon Wahyu Darma dengan Agama Buddha (Sebuah Analisis Hermeneutika). Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 4(2), 47-57. Retrieved from https://bodhidharma.e-journal.id/JS/article/view/76

Pujita, W. N., & Khiong, T. K. (2021). The Effect of Mahāyāna Puja Bakti and Emotional Intelligence on The Spiritual Intelligence of Buddhists at The Padmasari Temple in Lahat, South Sumatra. Smaratungga: Jurnal Of Education And Buddhist Studies, 1(2), 56-65. https://doi.org/10.53417/sjebs.v1i2.61

Rubiyati, R., Kuswoyo, Y., & Rapiadi, R. (2021). Menuju Masyarakat Buddha yang inklusif melalui Orientasi Sejak Dini. Jurnal Maitreyawira, 2(1), 30-35. https://doi.org/10.69607/jm.v2i1.35

Sapardi, S. (2020). Pendidikan dalam Keluarga Berbasis Etika Buddha. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 14(1). https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.141-158

Sinaga, J., Woran, R., & Sinambela, J. L. (2021). Pendidikan Karakter dalam Era Milenial: Menjawab Tantangan Global dan Lokal. Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. 3(2). 94-100. https://jurnal.sttarastamar-ngabang.ac.id/index.php/ngabang

Siswanto, D. ., Nyanasuryanadi, P. ., & Prasetyo, E. . (2023). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Predisposisi Mengikuti Pembelajaran Agama Buddha Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Donorojo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 676–680. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19308

Sriwilujeng, D. A. P., Kinteki, R., Tantoro, S., Susanto, N., Wijayati, E., Fikriya, R., Malady, G., & Kusumaryoko, P. (2019). Modul Penguatan Wawasan Kebangsaan. Repositori Institusi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tenologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17028

Sukarti, S. (2022). Pendidikan Multicultural pada Anak dalam Keluarga Buddhis. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial. 7(1). http://doi.org/10.25273/gulawentah.v7i1.12157

Sukarti, S. (2020). Internalisasi Karakter Religius Melalui Penguatan Saddhă Berbasis Pembiasaan. Widya Sandhi, 11(1), 29-47. Retrieved from https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/WS/article/view/178

Surono, Y., Utomo, B., & Muslianty, D. (2023). Minat Membaca dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. Journal on Education, 6(1), 8134-8148. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4232

Surya, J., Wibowo, M. E., Partono, & Utami, S. (2020). Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019). Theravāda Bhikkhunī of Sangha Agung Indonesia: Equality and Justice in Education, Spiritual Practice and Social Service. In International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019). 353-358. Published by Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.069

Taslim, H., Nyanasuryanadi, P., & Kabri, K. (2023). Pendekatan Analisis Transaksional dalam Buddhisme. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3133. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22543

Teiser, S. F. (2020). Buddhism and the Family. In The Ghost Festival in Medieval China. https://doi.org/10.2307/j.ctv173f1j2.12

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Yatiman, Y., Lamirin, L., Lisniasari, L., & Santamoko, R. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Swasta Daerah Air Joman Article Sidebar. Journal-Stabdharmawidya.Ac.Id.

Yudha, R. I., & Idris, S. E. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMK Bidang Manajemen Bisnis Jurusan Pemasarandi Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi. 1(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/mpe/article/view/4243
Published
2024-06-09
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 9 times