Diskursus Sekularisasi Pendidikan Kontemporer dan Dampaknya terhadap Moralitas (Studi Analisis Filsafat Pendidikan Al-Attas dan John Dewey)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui diskursus sekularisasi pendidikan kontemporer dan dampaknya terhadap moralitas. Penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif yang ingin mengkaji lebih dalam terkait diskursus sekularisasi dalam ranah pendidikan Hasil analisa penelitian ini bahwa disorientasi makna moral, ilmu dan pendidikan memiliki kaitan erat dengan paham pragmatisme dan paradigma individual ala sekularis, sikap yang cenderung memisahkan sakralitas dan spiritualitas menjadi kunci keberhasilan pergeseran orientasi pendidikan di atas. Disisi lain peneliti melihat urgensi pada tatanan pendidikan yang perlu kembali diintegrasikan, baik unsur-unsur yang berkaitan erat dengan elemen-elemen World View Islam yang bersifat holistik hingga rekonstruksi orientasi pendidikan yang lebih dominan pada pembentukan manusia yang utuh dan menjunjung moralitas yang bersifat lebih komprehensif, universal dan tidak gersang akan nilai, norma dan peran agama. Simpulan penelitian ini bahwa pemikiran John Dewey dan Al-Attas dalam ranah pendidikan merupakan dua ciri khas yang berbeda. Ide Al-Attas dapat dijadikan tawaran solusi terhadap problem seputar disorientasi ilmu, shifting identity and bias (bias identitas dan perubahan). Sedangkan John Dewey sangat mencerminkan identitas kebaratan.
Kata Kunci: Al-Attas, John Dewey, Loss of Adab, Sekularisasi Pendidikan.
References
Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to the Metaphysics of Islām; An Exposition of the Fundamental Element of The World Viewof Islām. ISTAC. Kuala Lumpur
Al-Attas, S. M. N. (2001). Risalah untuk Kaum Muslimin. ISTAC. Kuala Lumpur
Al-Attas, S. M. N. (2009). Tinjauan Ringkas Peri Ilmu dan Pandangan Alam. Ta’dib Internasional. Kuala Lumpur
Daud, W., Nor, W. M. (2019). Budaya Ilmu: Makna dan Manifestasi dalam Sejarah dan Masa Kini. CASIS. Kuala Lumpur
Dewey, J. (2007). Experience and Education (Kappa Delta Pi Lecture). Free Press; Reprint edition. New York
Dewey, J. (2022). The Collected Works of John Dewey. Edited by DigiCat. USA.
DO, T. (2022). Progressive Education: Views from John Dewey’s Education Philosophy. WISDOM, 4(3), 22–31. https://doi.org/10.24234/wisdom.v4i3.907
Fesmire, S. (2019). The Oxford Handbook of Dewey (Oxford Handbooks). Oxford University Press. OUP USA
Hadi, M. F. (2023). Disorientation of Islamic Education Integration: Overview of the Crisis of Islamic Education in Indonesia. Atlantis Press SARL. Netherlands
Haris, A. (2016). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Upaya ‘Dehegemoni’ Ilmu Pengetahuan Barat). PROGRESIVA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 3(2). 13–22. https://media.neliti.com/media/publications/162536-ID-islamisasi-ilmu-pengetahuan-upaya-dehege.pdf
Harris, K. M. A. (2021). Sekularisasi Etika dan Krisis Moral Masa Kini. Journal AFKAR. 23(2). 121-170. https://doi.org/10.22452/afkar.vol23no2.4
Hildebrand, D. L. (2022). John Dewey. In The Routledge Companion to Pragmatism. Routledge. London
Long, M. L., Sabu, O. (2022). Analisis Pemikiran John Dewey tentang Reformasi Pendidikan. Journal of Development and Reseacrh in Education. 2(1). 10–17. https://ejournal.khairulazzam.org/index.php/journey/article/view/17/7
Mubarak, Z. (2019). Problematika Pendidikan Kita: Masalah-Masalah Pendidikan Faktual dari Guru, Desain Sekolah dan Dampaknya. Ganding Pustaka Depok. Depok
Muhyidin, M., & Dewi Mutmainnah. (2021). Menimbang Gagasan Islamisasi Ilmu-ilmu Sosial; Studi Kritis atas Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 16(2), 98–107. https://doi.org/10.55352/uq.v16i2.140
Natalia, L., Saingo, Y. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter dan Moral di Lembaga Pendidikan. MADANI: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 1(10). 266–72. https://doi.org/10.5281/zenodo.10109883
Purbajati, H. I. (2019). Pergeseran Paradigma Pendidikan dari Etis-Humanitis Ke Arah Pragmatis-Materialistik. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan 8(2). 152–66. http://dx.doi.org/10.29062/mmt.v8i2.50
Qomariah, N., & Fauziati, E. (2023). Kajian Literatur Sistematis Pragmatisme John Dewey dan Kontribusinya terhadap Pendidikan Indonesia. Jurnal Cahaya Mandalika. 4(2), 13-19. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i2.1404
Rahman, W. F. (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.56393/didactica.v2i1.1139
Robbaniyah, Q., Barnas, B., Afifa, M., & Fajar, A. (2023). Problematika Administrasi Pendidikan pada Sekolah pingiran di Yogyakarta . At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 496–506. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i4.296
Sakti, M. D. A. B., Badi’, S., & Mu’tasyim, H. (2021). Dampak Sekularisme dalam Perkembangan Sains Sosial (The Impact Of Securalism In The Development Of Science Social). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 171–183. Retrieved from https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/732
Sampe, N., Petrus, S. (2021). Realita Kompleks Pemimpin Kristen : Hikmat dan Integritas Pemimpin Kristen Menghadapi Laju Perubahan Dunia Sebagai Dampak Globalisme dan Posmodernisme. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen dan Pemberdayaan Jemaat 2(2):133–46. https://doi.org/10.34307/kinaa.v2i2.35
Sari, F., & Rahma, F. I. . (2023). Pendidikan Agama Islam dan Paham Keagamaan Aktual (Fundamentalisme, Radikalisme, Sekularisme dan Liberalisme). Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2(3). 95–102. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i3.190
W, R. W. A., Poluakan, P. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., Raharjo, S. T. (2020). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 2(2). 187-197. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241
Widiyanto, A. (2022). Studying Islam in an Age of Disruption: Towards Knowledge Integration. IJoReSH: Indonesian Journal of Religion, Spirituality, and Humanity. 1(1). 52–75. https://doi.org/10.18326/ijoresh.v1i1.52-75
Wilujeng, S. R., Syamsuddin, M. M., & Murtiningsih, R. S. (2022). Homo Religiosus dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. HUMANIKA, 29(2), 267-281. https://doi.org/10.14710/humanika.v29i2.50625
Zulkifli, I. H., and Riadi, A. (2022). Konsep Dasar Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Deepublish. Yogyakarta
Copyright (c) 2024 Ilzamudin Ma'ruf, Agus Gunawan, Rifdillah Rifdillah, Akhmad Sufyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.