Pendidikan Islam, New Media dan Pergeseran Otoritas Keagamaan
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk menganalisa pendidikan islam, new media dan pergeseran otoritas keagamaan dengan dampak perubahan dalam bidang social, politik, ekonomi dan budaya serta perubahan mendasar dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melalukan observasi dan pendalaman pada data yang didapat dari sumber-sumber literatur yang sudah ada sebagai rujukan primer dan menganalisis beberapa fakta serta data lain dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa media baru, yang menggunakan platform untuk menyebarkan Islam, bukan hanya platform untuk otoritas Islam. Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama (NU) adalah pengaruh yang signifikan di Indonesia, membentuk masyarakat modern. Agama dapat menciptakan pemahaman yang komprehensif tentang sistem agama, mengubahnya menjadi alat penting untuk memahami dunia. Simpulan penelitian ini bahwa mau tidak mau kita harus mengikuti era digital sebagai media pendidikan Islam dan Keagamaan.
Kata Kunci: New Media, Pendidikan Islam, Pergeseran Otoritas Keagamaan
References
Arrobi, M. Z. (2021). Otoritas Agama di Era Media Baru: Pemetaan Isu dan Tren Kajian. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Arrobi, M. Z., & Nadzifah, A. (2020). Otoritas Agama di Era Korona: dari Fragmentasi ke Konvergensi? MAARIF, 15(1), 197–215. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.85
Haryadi, D. (2020). Otoritas Keagamaan Baru: Habituasi dan Arena Dakwah Era Digital. Islamic Insights Journal, 2(2), 69-82. https://doi.org/10.21776/ub.iij.2020.002.02.01
Hasyim, N. M. (2020). New Media dan Transformasi Keagamaan (Studi Fenomena Agama dalam Prespektif Pengaruh New Media). UIN Sunan Kalijaga Press. Yogyakarta
Hefni, W. (2020). Moderasi beragama dalam ruang digital: Studi pengarusutamaan moderasi beragama di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1-22. https://orcid.org/0000-0003-2549-3684
Isbah, M. F., & Wibawanto, G. R. (2021). Perspektif Ilmu-Ilmu Sosial di Era Digital: Disrupsi, Emansipasi, dan Rekognisi. UGM Press. Yogyakarta
Jinan, M. (2013). Intervensi New Media dan Impersonalisasi Otoritas Keagamaan di Indonesia. Jurnal Komunikasi Islam (Journal of Islamic Comunication), 3(2), 321-348. https://doi.org/10.15642/jki.2013.3.2.321-348
Mahyudin, M., Habib, M. A. F., Silvinanjayanti, S. (2022). Dinamika Pengarusutamaan Moderasi Beragama dalam Perkembangan Masyarakat Digital. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial. 6(1). 1-15. https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/asketik/article/download/181/109/294
Marwantika, A. I. (2019). Potret dan Segmentasi Mad’u dalam Perkembangan Media di Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 1-14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100
Mas'ula, W., Hakim, A. M. (2023). Islamci Eduacation in the Era of Digitalization. Proceeding of 1st International Conferecne on Education, Society and Humanity. 1(1). 35-40 https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/download/5585/2045
Muslim, A. (2019). Pergeseran Otoritas Ulama Magetan Akibat Fragmetsi Media Dakwah Baru Yang Ekonomis. Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam Dan Tasawuf, 5(1), 30-48. https://doi.org/10.53429/spiritualis.v5i1.59
Mustofa, M. Y., Mas'ud, A., Elizabeth, M. Z. (2023). Hybrid Pesantren in Indonesia; Analyzing the Transformation of Islamic Religious Education in the Digital Age. At-JPI: Jurnal Pendidikan Islam. 14(1). 79-104. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/download/16928/6268
Rachmadhani, A. (2021). Otoritas Keagamaan di Era Media Baru: Dakwah Gusmus di Media Sosial. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 5(2), 150–169. https://doi.org/10.14421/panangkaran.v5i2.2636
Rahmayani, T. (2018). Pergeseran Otoritas Agama dalam Pembelajaran Al-Qur'an. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(2), 189-201. https://doi.org/10.24090/maghza.v3i2.2133
Ronaldi, A., Saidek, A. R., Lestarim W. (2023). New Media as an Ideological Transmission Opportunity for Religious Authorities in Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 13(2). 90-140. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/indo-islamika/article/viewFile/33667/pdf
Rustandi, L. R. (2020). Disrupsi Nilai Keagamaan dalam Dakwah Virtual di Media Sosial Sebagai Komodifikasi Agama di Era Digital. Sangkep: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 3(1), 23-34. https://doi.org/10.20414/sangkep.v3i1.1036
Saleh, M. (2021). Pengaruh New Media Handphone Terhadap Penyampaian Pesan Dakwah Pada Masyarakat Kota Lhokseumawe. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Masyarakat Islam, 11(1), 62-82. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/liwauldakwah/article/view/260
Santoso, J. (2022). Media Baru dan Otoritas Keagamaan Generasi Milenial Muslim. MAARIF, 17(2). http://dx.doi.org/10.47651/mrf.v17i2.196
Copyright (c) 2024 Muhammad Rifdillah, Wawan Wahyuddin, Ali Muhtarom, Purnomo Mulyosaputro, Vita Vitisia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.