Kerapuhan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Digital

  • Jepri Utomo Universitas Madako Tolitoli
  • Shermina Oruh UPRI Makassar
  • Andi Agustang Universitas Negeri Makassar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kerapuhan sosial siswa dipengaruhi oleh pembelajaran digital pada sekolah berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikombinasikan dengan pendekatan tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerapuhan sosial siswa dipengaruhi secara signifikan oleh pembelajaran digital. Melalui integrasi penelitian relevan dan teori-teori sosiologi, fokus utamanya adalah pada perubahan pola interaksi sosial, produksi realitas sosial, dan pengaruh struktur digital. Kerapuhan sosial di kalangan siswa dapat diperburuk oleh sejumlah variabel, termasuk isolasi, kurangnya keterlibatan sosial, kurangnya solidaritas organik dan mekanik, serta kurangnya resiliensi siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah hubungan sosial siswa dipengaruhi oleh penggunaan teknologi dalam pembelajaran melalui berbagai cara. Teknologi meningkatkan efektivitas pembelajaran, namun juga dapat menyebabkan kerapuhan sosial, termasuk kesepian dan berkurangnya interaksi tatap muka. Diperlukan strategi yang memadukan teknologi dengan hubungan sosial tatap muka dan kerja sama antara orang tua, guru, dan lembaga pendidikan. Sangat penting memprioritaskan literasi digital dan pendidikan karakter untuk mengurangi dampak buruk teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan lingkungan pembelajaran yang seimbang dan mendukung pertumbuhan holistik siswa.

 

Kata Kunci: Kerapuhan Sosial Siswa, Pembelajaran Digital

References

Agit, A., Mujahidin, & Amiruddin, N. (2023). Evaluasi Pengggunaan Teknologi terhadap Efektivitas Belajar. Journal Educandum , 9(1), 31–42. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1051

Aljasiri, A. D., Natanael, N., Setiaji, A. F. (2023). Studi Dramaturgi Mahasiswa Santri dalam Kehidupan Kampus. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5719–5727. https://doi.org/10.56799/jim.v2i12.2474

Arisandi, N. P. ., Halimah, L. ., Heryani, H. ., Hidayah, Y., & Sujastika, I. . (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Kesenian Pencak Silat. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 921–938. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1551

Cahyani, I. P., & Ayuningtyas, F. (2023). Gerakan Sekolah Cakap Digital: "Pemanfaatan Tiktok dalam Model Pembelajaran Fun Learning" berbasis Kolaborasi Murid dan Guru di SD IT Attasyakur, Kota Depok. ABDIKOM: Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 10–18. https://ejournal.upnvj.ac.id/abdikom/article/view/5968%0Ahttps://ejournal.upnvj.ac.id/abdikom/article/download/5968/2427

Cahyono, S., Sudaryati, E., & Sawarjuwono, T. (2024). Dramaturgy Study: The Story of “Si Pandir” on The Effectiveness of Village Fund Management. EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal), 15(1), 14–32. https://doi.org/10.18860/em.v15i1.19594

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Dewi, P. A. C. (2023). Literasi Dampak dan Tantangan Digitalisasi Bagi Anak Usia Sekolah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1389. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15035

Godhe, A. L., Ideland, J., & Ollinen, K. (2023). Dilemmatic Spaces Pertaining to Digitalisation, Equity and Increased Goal Attainment in Swedish Schools and Preschools. Pedagogy, Culture & Society, 1–19. https://doi.org/10.1080/14681366.2023.2298446

Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital terhadap Pendidikan saat ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145–163. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Hakim, I. (2024). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Perkembangan Kepribadian Siswa di Era Digital. Netizen: Journal of Society and Bussiness. 1(5), 243–248. https://btqur.or.id/index.php/netizen/article/download/80/96/170

Handiyani, M. H., & Abidin, Y. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360

Juárez, M. A. P., Ortega, D. G., Pérez, J. M. A. (2023). Digital Distractions from the Point of View of Higher Education Students. Sustainability. 15(7). 6044. https://doi.org/10.3390/su15076044

Kamaruddin, N. (2022). Fenomena Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah di Era Digitalisasi. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(2), 39-54. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i2.3893

Komara, E., Stefanie, S. ., Irnawati, R. ., & Agustini, T. . (2023). Peran Psikologi Pendidikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1686-1698. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i2.791

Maharani, D., & Meynawati, L. (2023). Sisi Terang dan Gelap: Digitalisasi pada Perkembangan Pendidikan Indonesia. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1771

Majid, B. (2022). Optimalisasi Madrasah Digital melalui Implementasi Transformasi Digital di MTs Negeri 5 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(2), 101–108. https://doi.org/10.14421/jpm.2022.72.01

Mukhamad, Yasir, & Sukino. (2022). Dramaturgi Citra Guru Profesional dalam Ruang Kelas dan Masyrakat. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1), 75–82. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4100

Sapan, A., Rusdi, M., Yusri Rizki, M., Chayatun Machsunah, Y., Zahruddin, A., & Mitra Purba, P. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Meminimalisir Pengaruh Negatif Teknologi Era Digital. Jurnal on Education, 06(01), 3162–3167.

Sarnoto, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika, I. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2915

Satata, D. B. M., & Nopriyanto, R. (2023). Digitalisasi Sebagai Media Pembelajaran Sosial Psikologi Era Society 5.0. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(3), 86–93. https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/view/5020

Stevanus, I., Parida, L. (2021). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di Sekolah Dasar Kota Yogyakarta. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 12(2). 305–319. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1356

Wildan, S., & Idris, H. (2023). Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Studi Kasus di Era Digital. As-Sabiqun, 5(1), 198–205. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2717

Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 325–338. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21211

Yunita, S., Pratama, D. E., Silalahi, M. M., & Sembiring, T. (2023). Implikasi Teknologi Era Digital terhadap Transformasi Pendidikan di Siderejo Hilir Kacamatan Medan Tembung Sumatera Utara. Jurnal Darma Agung, 31(1), 745. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3083
Published
2024-06-06
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 10 times