Implementasi Pendidikan Agama Islam Multikultural Berbasis Boarding School

  • Habibullah Habibullah Universitas Islam Negeri
  • Abdullah Idi Universitas Islam Negeri
  • Adisel Adisel Universitas Islam Negeri

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implemnetasi pendidikan agama Islam multikultural berbasis boarding school. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitataif. Hasil analisis menunjukkan aspek-aspek pendidikan agama Islam multikultural berbasis boarding school di Sekolah Menengah Atas Plus Negeri 17 Palembang dan SMA Ar-Risalah Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan adalah aspek-aspek nilai multikultural utama, antara lain; demokrasi, toleransi, kesetaraan atau kesejajaran, dan keadilan. kebersamaan, persaudaraan, kerjasama, humanisme, inklusif, tolong menolong, empati, kerukunan dan harmoni. Yang didasarkan atas kajian kitab kuning di SMA Ar-Risalah Kota Lubuklinggau meliputi; nilai keanekaragaman (at-tanawwu’iyyah), persamaan dan keadilan (al-musawah wal-’adl, at-tasamuh), musyawarah (al-musyawarah), persaudaraan dan persamaan (al-ukhuwwah), kemudian perdamaian (al-salam). Simpulan penelitian bahwa sekolah menggunakan teori Thomas Lickona untuk mengajarkan pengetahuan dan perasaan multikultural kepada siswa. Kedua sekolah berfokus pada berbagai aspek multikulturalisme, termasuk demokrasi, toleransi, kesetaraan, kesejajaran, keadilan, kebersamaan, persaudaraan, kerjasama, humanisme, inklusif, tolong menolong, empati, kerukunan, dan harmoni.

Kata Kunci: Agama, Budaya, Multikulturalisme, Nilai, Pendidikan.

References

AM, Q. A., Rohimin, r., Nurlalili. (2023). Implementasi Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research. 3(3). 80-90. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Haedari, A., Sholeh, R. (2020). Implementasi Manajemen Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Al Muqoddas Tukmudal Sumber Kabupaten Cirebon. Eduprof: Islamic Education Journal. 9(1). 128-148). https://iaibbc.e-journal.id/xx/article/view/34

Hair, M. A., Wahyuni, S. (2023). Desain Pendidikan Agama Islam Multikultural di Pondok Pesantren Ziyadatut Taqwa Pamekasan. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman. 10(4). 394-404. https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/download/2078/1180/

Huda, MH. N. (2005). Multikulturalisme dalam Bayang-Bayang Histografi Resmi Nasional. Nuansa. Bandung

Kholis, A., Wafa, M. C. A. (2022). Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern sebagai Upaya Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (Studi di Pondok Pesantren Asy Syamsuriyah Brebes). JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipiner. 1(1). 1-12. http://journal.amorfati.id/index.php/jipsi

Ma'arif, S. A. (2022). Implementasi Pendidikan Islam Multikultural sebagai Basis Pembentukan Karakter Santri (Studi Fenomenologi di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang). Universitas Islam Malang Program Pascasarjana Doktor Pendidikan Agama Islam Multikultural. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/323381-pendidikan-islam-multikultural-di-pondok-d56f0c06.pdf

Maksudin, M. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Mubarok, M. ., & Yusuf, M. . (2024). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural di Sekolah Menegah Atas Islam Terpadu Ar-Rahmah dalam Menumbuhkan Kesadaran Siswa terhadap Keberagaman Masyrakat. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 199-209. https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2830

Muhammad, G., Rofiani, R., Arifin, B. S., Ruswandi, U. (2022). Penerapan Pendidikan Agama Islam untuk Menjaga Kualitas Pendidikan Islami di Aisyiyah Boarding School Bandung. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. 11(3). 388-399. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TADIBUNA/article/download/7370/3876

Neuman, W. L. (2013). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Terjemahan. Edina, T. Sofia. Jakarta

Nurhaliza, S., Siregar, I. S. (2020). Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat Kab. Langkat. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE). 1(1). 89-106. https://media.neliti.com/media/publications/323381-pendidikan-islam-multikultural-di-pondok-d56f0c06.pdf

Nurhayati, D. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan, Rajarafindo. Jakarta

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Refika Aditama. Bandung

Truna, D. S. (2010). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikulturalisme. Kementrian Agama RI. Jakarta

Wahyudi, A., Mahfuds, Y., & Machmud, W. S. (2023). Implementation Of Multicultural Education Values In Islamic Boarding School. Fenomena, 22(1), 85–92. https://doi.org/10.35719/fenomena.v22i1.127

Yaqin, M. A. (2005). Guruan Multikultural. Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Pilar Media. Yogyakarta

Islam, M. (2021). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal. 5(1). 69-79. https://doi.org/10.21070/halaqa.v5vi1i.1129
Published
2024-06-23
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 3 times