Nomadic Tourism Management: E-Wom, Komponen Daya Tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) serta Persepsi Risiko terhadap Minat Berkunjung Digital Nomad
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM), komponen daya tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) serta persepsi risiko wisatawan mancanegara khususnya kalangan digital nomad, terhadap minat berkunjung mereka ke DKI Jakarta dan Bali sebagai destinasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 140 responden yakni wisatawan digital nomad yang belum pernah berkunjung ke Indonesia pada saat pandemi atau pasca pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, e-WOM dan komponen daya tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung digital nomad. Peran moderasi persespsi risiko memperlemah pengaruh minat berkunjung antara e-WOM dan komponen daya tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary) terhadap minat berkunjung. Simpulan penelitian bahwa kredibilitas profil pengirim ulasan sangat penting untuk memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan harapan pembaca ulasan, yaitu digital nomad.
Kata Kunci: Digital Nomad, Electronic Word of Mouth (e-WOM), Komponen Daya Tarik 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary), Minat Berkunjung, Pasca Pandemi, Persepsi Risiko.
References
Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. (2023). Open Journal Systems. https://ojs.unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/download/80056/42759 (diakes 24 Januari 2023).
Chua, M. H., Cheng, W., Goh, S. S., Kong, J., Li, B., Lim, J. Y. C., Mao, L., Wang, S., Xue, K., Yang, L., Ye, E., Zhang, K., Cheong, W. C. D., Tan, B. H., Li, Z., Tan, B. H., & Loh, X. J. (2020). Face Masks in the New COVID-19 Normal: Materials, Testing, and Perspectives. Research (Washington, D.C.), 2020, 7286735. https://doi.org/10.34133/2020/7286735
Cooper, C. (2005). Worldwide Destinations: The Geography of Travel and Tourism (Fourth Edition). Elisevier Butterworth Heinemann. Oxford
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hair, J., Hollingsworth, C., Randolph, A., & Chong, A. (2017). An Updated and Expanded Assessment of PLS-SEM in Information Systems Research. Industrial Management & Data Systems. 117(3). 442-458. http://dx.doi.org/10.1108/IMDS-04-2016-0130
Haking, J. (2017). Digital Nomad Lifestyle: A Field Study in Bali. Degree Project In Industrial Management, Second Cycle, 30 Credits. Stockholm. Sweden
Hayes, A. (2021, July 27). Digital Nomad. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/d/digital-nomad.asp.
Hugo, V. (2023). Analisis Pengembangan Komponen 4A (Attraction, Amenities, Ancillary dan Accessibility) Daya Tarik Wisata Green Bowl Beach Bali. Pradita University. Program Studi Pariwisata. Tangerang. https://repository.pradita.ac.id/198/1/Anggita%20Grace%20Damanik%20(PW).pdf
Kemenpar, Kementerian Pariwisata RI (2018). Materi Rapat Kerja Nasional Pariwisata. Digitalisasi Destinasi dan Nomadic Tourism. 22 Maret. BNDCC Nusadua Bali
Lin, C., Wu, Y.-S., & Chen, J.-C. V. (2013). Electronic Word-OF-Mouth: The Moderating Roles of Product Involvement and Brand Image. TIIM. Proceedings of 2013 International Conference on Technology Innovation and Industrial Managemen. Phuket Thailand. https://toknowpress.net/ISBN/978-961-6914-07-9/papers/S3_29-47.pdf
Panjaitan, M. R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula (Studi Kasus Konsumen Susu Dancow di Kota Medan). Respository: Universitas HKBP Nommensen. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3115
Prabawati, N. P. D. (2021). Desa Canggu, Bali Sebuah Basecamp Bagi Digital Nomad? Identifikasi Produk Wisata Berdasarkan 4 A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary). Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 14(2), 91–108. https://doi.org/10.47608/jki.v14i22020.91-108
Sugiama, A. G. (2014). Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Aset Pariwisata Edisi 1. Guardaya Intimarta. Bandung.
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel yang Telah Mengunjungi Destinasi Wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 37(2). 1-10. https://www.neliti.com/publications/87189/pengaruh-electronic-word-of-mouth-terhadap-citra-destinasi-serta-dampaknya-pada
Yang, E. C., & Nair, V. (2014). Tourism at Risk: A Review of Risk and Perceived Risk in Tourism. Asia-Pacific Journal of Innovation in Hospitality and Tourism (APJIHT), 3(2). https://doi.org/10.7603/s40930-014-0013-z
Zuhria, I. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Patalo, R. G., Widiawati, D. (2022). Dampak Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal Tesla: Perhotelan-Destinasi Wisata-Perjalanan Wosata. 2(1). 1-11. https://eprints.unmer.ac.id/2964/1/11.%20Dampak%20Attraction%2C%20Accessibility%2C%20Amenity%2C%20Ancillary%20Terhadap%20Minat%20....pdf
Copyright (c) 2024 Natasha Dewayani Sugiarto, Myrza Rahmanita, Doni Muhardiansyah, Rahmat Ingkadijaya
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.