Strategi Programing RRI dalam Mempertahankan Program Dakwah melalui Acara Hikmah Pagi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi programing yang digunakan oleh RRI Jakarta, dalam rangka mempertahankan program dakwah melalui acara Hikmah Pagi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi programming konten dakwah melalui program Hikmah Pagi oleh RRI Jakarta, menjadi salah satu contoh keputusan yang tepat dan berhasil menunjukkan bahwa media radio tetap relevan sebagai alat yang efektif dalam rangka menyebarkan pesan-pesan agama dan moralitas, di era modern saat ini sekalipun. Dengan strategi programing yang tepat ini, maka radio dapat terus berperan penting dalam upaya memperkuat nilai-nilai agama dan moral dalam masyarakat Indonesia, khususnya bagi generasi yang tidak terbiasa bersinggungan dengan teknologi canggih seperti smart TV, dan smartphone. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program Hikmah Pagi di RRI Jakarta, semua kalangan tetap menjadi sasaran dari dakwah yang berlangsung dan menunjukkan bahwa radio tetap eksis sebagai media informasi asalkan acara di dalamnya dapat dikemas dengan menarik.
Kata Kunci: Dakwah, RRI Jakarta, Strategi.
References
Bakhri, K. (2020). Strategi Radio Dakwah Islam Semarang dalam Meningkatkan Pendengar. Sahafa Journal of Islamic Communication, 3(1). 51-59. https://doi.org/10.21111/sjic.v3i1.4608
Goni, F., Rustan, A. S., & Qadaruddin, M. (2016). Dakwah melalui Radio (Analisis Program Konsultasi Agama Islam di Radio Mesra FM). Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 6(1). 1-19. https://doi.org/10.35905/komunida.v6i1.111
Hilmi, M., Alfandi, M., & Prisdayanti, S. (2022). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Pendidikan dan Dakwah dalam Mempertahankan Eksistensi di Kota Semarang. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 8(2). https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v8i2.1623
Husain, A. (2020). Dakwah Islamiyah dan Tantangannya di Era Digital. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(1). 104-118. http://dx.doi.org/10.52802/amk.v8i1.190
Maharani, D. (2021). Strategi Rri (radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 4(1). 1-11. https://ejournal.sumselprov.go.id/pptk/article/view/334
Munthe, M. (2019). Penggunaan Radio sebagai Media Komunikasi Dakwah. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 5(2). 1-18. https://doi.org/10.37064/jki.v5i2.3993
Prasti, R. (2010). Dakwah melalui Media Radio (Analisis Program Cahaya Pagi di Radio Alaikassalam Sejahtera Jakarta (Rasfm). Bachelor Thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43322
Shiddiq, M. F., Khuza’i, R., & Hmz, N. (2015). Dawah melalui Radio. Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam. SpeSIA: Seminar penelitian Sivitas Akademika Unisba. 1(2). 37-42. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1537
Surianor, S. (2017). Efektivitas Komunikasi Dakwah melalui Radio. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 14(27), 1–21. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v14i27.1225
Wulandari, T. S., Aliyudin, M., & Dewi, R. (2019). Musik sebagai Media Dakwah. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(4), 448–466. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i4.1089
Yanti, F. (2012). Membangun Radio Komunitas Sebagai Media Dakwah Bina’ Al-Ummah, 7(2). 1-14. http://dx.doi.org/10.24042/bu.v7i2.577
Yanti, Y. C. M. (2017). Psikologi Komunikasi dalam Meningkatkan Dakwah Da’i di Masjid Fajar Ikhlas Kelurahan Sumberejo Kecamatan Kemiling. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(2). 245-263. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/alAdyan/article/view/2112/1601
Copyright (c) 2024 Mochammad Dede Firdaus, Erman Anom
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.