Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya dan kendala guru dan juga persepsi siswa dalam penanaman nilai-nilai kepahlawanan dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid 19 dan masa new normal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan upaya yang dilakukan guru sejarah dalam perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), masa pandemi terkendala jaringan internet dan masa new normal terkendala jam pelajaran yang terbagi. Proses pembelajaran masa Pandemi Covid 19 dan masa New normal mengalami perbedaan dalam perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Simpulan selama pandemi COVID-19 dan era new normal, guru menghadapi perbedaan dalam perencanaan pengajaran dan proses belajar, yaitu: Membuat RPP menggunakan berbagai media belajar, menyediakan materi belajar virtual, dan menilai perilaku siswa dalam situasi kehidupan nyata. Sedangkan di era new normal, guru menyesuaikan RPP menggunakan sumber daya internet untuk memfasilitasi pembelajaran virtual, memberikan materi dan motivasi, dan mengevaluasi perilaku siswa dalam situasi kehidupan nyata.
Kata Kunci: Masa New normal, Masa Pandemi Covid 19, Nilai Kepahlawanan, Pembelajaran Sejarah.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; Cetakan 1). CV. Syakir Media Press. Makasar
Agung, L., & Wahyuni, S. (2019). Perencanaan Pembelajaran Sejarah (cetakan 1). Ombak. Yogyakarta
Amirudin, A., & Suryadi, A. (2017). Keragaman Media dan Metode Pembelajaran dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 pada Tiga SMA Negeri di Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Indonesian Journal of History Education, 4(2). 7-13. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/18091
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin, Ed.; Cetakan Pertama). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Makasar
Anis, M. Z. A., Mardiani, F., Wiyanarti, E. (2021). Historical Learning Through the Historical Thinking Learning Model (Mpbh) Based on Issue Centered History Brings Students Can Think Critical Thinking Reality and Expectations. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v10i1.10323
Badrun, U. (2006). Pahlawan. Perspektif. Jakarta
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta
Hartono, P., & Akhyar, A. M. (2021). Optimalisasi Pendidkan di Era Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 63–68. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10438
Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389
Hook, R. R. (1999). Forty Studies That Changed Psychology. Prentice Hall. New Jersey
Kasih, A., Romadi, R., & Atno, A. (2017). Implementasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Organisasi-Organisasi Kemerdekaan di Kelas XI IPS 1 SMA Nasional Nusaputera Semarang. Indonesian Journal of History Education, 5(2). 1-7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/19917
Kochhar, K. (2008). Pembelajaran Sejarah “Teaching Of History” (1st ed.). Grasindo. Jakarta
Lubis, A. R., Iman, A. N., Sitanggang, I. C., Saragih, S. N. (2022). Penanaman Nilai Kepahlawanan dalam Pembelajaran IPS di SMP N 2 Medan. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology). 5(2). 476-481. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/download/6218/4596
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119-127. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305
Ridlo, I. A. (2020). Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. INSAN: Jurna; Psikologi dan Kesehatan Mental. 5(2). 155–164. https://doi.org/10.20473/jpkm.V5I22020.162-171
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Edisi Pertama). Kencana. Jakarta
Simanjuntak, D. V. R. BR. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Under Graduates Thesis, UNNES. https://lib.unnes.ac.id/35429/
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif (S. Y. Suryandari, Ed.; Cetakan 3). Alfabeta. Bandung
Suharlin Ode Bau, Leny M.S. Tomagola, Jamin Safi, & Yusri A. Boko. (2022). Penguatan Nilai-Nilai Nasionalisme: Studi dalam Pembelajaran Sejarah. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan dan Humaniora), 6(1), 40-47. https://doi.org/10.36526/santhet.v6i1.1566
Suryadi, A. (2012). Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogi. 1(1). 74-84
Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 102–106. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.2992
Suwarso, W. A. (2020). Persepsi Masyarakat tentang New Normal COVID-19. PROYEKSI: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora (e-Journal)), 25(2), 81. http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v25i2.2603
Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695
Winarsih, I., Utomo, C., & Ahmad, T. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(2). 22-29. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/19920
Copyright (c) 2024 Agus Rahmat Mahmudi, Andy Suryadi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.