Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan dalam Pembelajaran Sejarah

  • Agus Rahmat Mahmudi Universitas Negeri Semarang
  • Andy Suryadi Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya dan kendala guru dan juga persepsi siswa dalam penanaman nilai-nilai kepahlawanan dalam pembelajaran sejarah pada masa pandemi Covid 19 dan masa new normal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan upaya yang dilakukan guru sejarah dalam perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), masa pandemi terkendala jaringan internet dan masa new normal  terkendala jam pelajaran yang terbagi. Proses pembelajaran masa Pandemi Covid 19 dan masa New normal mengalami perbedaan dalam perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Simpulan selama pandemi COVID-19 dan era new normal, guru menghadapi perbedaan dalam perencanaan pengajaran dan proses belajar, yaitu: Membuat RPP menggunakan berbagai media belajar, menyediakan materi belajar virtual, dan menilai perilaku siswa dalam situasi kehidupan nyata. Sedangkan di era new normal, guru menyesuaikan RPP menggunakan sumber daya internet untuk memfasilitasi pembelajaran virtual, memberikan materi dan motivasi, dan mengevaluasi perilaku siswa dalam situasi kehidupan nyata.

Kata Kunci: Masa New normal, Masa Pandemi Covid 19, Nilai Kepahlawanan, Pembelajaran Sejarah.

References

Abdillah, R. H. &. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin, Eds.; Pertama). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Medan

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.; Cetakan 1). CV. Syakir Media Press. Makasar

Agung, L., & Wahyuni, S. (2019). Perencanaan Pembelajaran Sejarah (cetakan 1). Ombak. Yogyakarta

Amirudin, A., & Suryadi, A. (2017). Keragaman Media dan Metode Pembelajaran dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 pada Tiga SMA Negeri di Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Indonesian Journal of History Education, 4(2). 7-13. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/18091

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin, Ed.; Cetakan Pertama). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Makasar

Anis, M. Z. A., Mardiani, F., Wiyanarti, E. (2021). Historical Learning Through the Historical Thinking Learning Model (Mpbh) Based on Issue Centered History Brings Students Can Think Critical Thinking Reality and Expectations. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v10i1.10323

Badrun, U. (2006). Pahlawan. Perspektif. Jakarta

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Hartono, P., & Akhyar, A. M. (2021). Optimalisasi Pendidkan di Era Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 63–68. https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10438

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389

Hook, R. R. (1999). Forty Studies That Changed Psychology. Prentice Hall. New Jersey

Kasih, A., Romadi, R., & Atno, A. (2017). Implementasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Organisasi-Organisasi Kemerdekaan di Kelas XI IPS 1 SMA Nasional Nusaputera Semarang. Indonesian Journal of History Education, 5(2). 1-7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/19917

Kochhar, K. (2008). Pembelajaran Sejarah “Teaching Of History” (1st ed.). Grasindo. Jakarta

Lubis, A. R., Iman, A. N., Sitanggang, I. C., Saragih, S. N. (2022). Penanaman Nilai Kepahlawanan dalam Pembelajaran IPS di SMP N 2 Medan. BEST JOURNAL (Biology Education Science & Technology). 5(2). 476-481. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/download/6218/4596

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119-127. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305

Ridlo, I. A. (2020). Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. INSAN: Jurna; Psikologi dan Kesehatan Mental. 5(2). 155–164. https://doi.org/10.20473/jpkm.V5I22020.162-171

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Edisi Pertama). Kencana. Jakarta

Simanjuntak, D. V. R. BR. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Under Graduates Thesis, UNNES. https://lib.unnes.ac.id/35429/

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif (S. Y. Suryandari, Ed.; Cetakan 3). Alfabeta. Bandung

Suharlin Ode Bau, Leny M.S. Tomagola, Jamin Safi, & Yusri A. Boko. (2022). Penguatan Nilai-Nilai Nasionalisme: Studi dalam Pembelajaran Sejarah. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan dan Humaniora), 6(1), 40-47. https://doi.org/10.36526/santhet.v6i1.1566

Suryadi, A. (2012). Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogi. 1(1). 74-84

Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 102–106. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.2992

Suwarso, W. A. (2020). Persepsi Masyarakat tentang New Normal COVID-19. PROYEKSI: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora (e-Journal)), 25(2), 81. http://dx.doi.org/10.26418%2Fproyeksi.v25i2.2603

Wahidah, I., Athallah, R., Hartono, N. F. S., Rafqie, M. C. A., & Septiadi, M. A. (2020). Pandemik COVID-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 11(3), 179–188. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i3.31695

Winarsih, I., Utomo, C., & Ahmad, T. (2017). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of History Education, 5(2). 22-29. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/19920
Published
2024-06-23
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 2 times