Pengaruh Media Sosial terhadap Program Kewirausahaan Warga Belajar Disabilitas Daksa

  • Halimatus Zahra Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Inna Hamida Zusfindhana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rosika Novia Megaswarie

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan media sosial dan pemasaran online. Metode yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian  dilakukan dalam 11 sesi, meliputi: 5 sesi baseline  dan  6 sesi intervensi. Pada fase baseline persentasenya sebesar 41,66%, 41,66%, 43,75%, 45,83%, 43,75%, dan pada fase intervensi persentasenya sebesar 47,91%, 64,58%, 72,91%, 87,5%, 100%, 100%. Dari data tersebut terlihat nilai fase dasar terendah sebesar 41,66, nilai tertinggi sebesar 45,83, dan rata-rata sebesar 43,33%. Namun pada tahap intervensi nilai terendahnya adalah 47,91 dan rata-ratanya adalah 76,81%. Perubahan level keduanya adalah +4,16. Dapat disimpulkan bahwa metode praktik ini memberikan dampak terhadap aktivitas kewirausahaan warga belajar PKBM Rumpun  Aksara.

Kata Kunci: Kewirausahaan, Media Sosial, Tunadaksa.

References

Aprilia, I, D., Permana, J., Syarifah, L. S. (2019). Analisis Kebutuhan Pelatihan Kewirausahaan: Sebuah Upaya Pengembangan Kemandirian Ekonomi Bagi Penyandang Disabilitas, JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan. 19(3). 356-366. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22329

Aprilia, I. D., Permana. J., Prihatin, E. (2019). Life Skill Educational Management Based on Vocational for Students with Disabilities to be Ready for Work. Conference: Proceedings of the 2nd International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2018). http://dx.doi.org/10.2991/icream-18.2019.28

Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A.-M., Bedrule-Grigoruță, M. V., & Boldureanu, D. (2020). Entrepreneurship Education through Successful Entrepreneurial Models in Higher Education Institutions. Sustainability, 12(3), 1267. http://dx.doi.org/10.3390/su12031267

Chandra, F. (2021) Sosial Media Marketing. DIVA Press Yogyakarta

Dwistia, H. ., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33

Farida, E. A., Fathoni, M., & Kusomo, S. H. (2023). Konsep Dasar Ekonomi Mikro. CV. Rey Media Grafika. Batam

Hastuti, P. (2020). Kewirausahaan UMKM. Yayasan Kita Menulis. Medan

Isma, A., Rakib, M., Mufida, N., & Sholihah, M. (2023). Pengaruh Sikap dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Business and Accounting, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.61255/jeemba.v1i1.15

Ismandari, F. (2019). Situasi Penyandang Disabilitas. Kementerian Republik Indonesia. Jakarta https://media.neliti.com/media/publications/516665-none-00c39e77.pdf

Kurniati, D., Oktanita, O., Karimah, C. N., PRatama, F. E. A. (2022). Pemberdayaan Wirausahaan Batik Disabilitas Melalui Digital Marketing di Kabupaten Jember. J-Dinamika Jurnal Pengabdian Masyarakat. 7(3). 382-384. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i3.3540

Kurniawati, N., Risbons, S., & Heri, Y,M, (2020) Studi Kasus Keterlambatan Motorik Tunadaksa. Jurnal of early childhood education, vol 5(3)

Kustiawan, W., Nurlita, A., Siregar, A., Siregar, S. A., ARdianti, I., Hasibuan, M. R., Agustina, S. (2022). Media Sosial dan Jejaring Sosial. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi. 2(1). 26-30. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/download/4989/2149/

Mudmaina, Y. (2021). Pemberdayaan Difabel melalui Program Pemberian Pengetahuan dan Pelatihan Ketrampilan (Studi Yayasan Rumah Difabel di Jagalan kota Semarang). SKripsi. Thesis. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Diakses dari: https://eprints.walisongo.ac.id/14627/1/1401046031_YULIA%20MUDMAINA_FULL%20SKRIPSI.pdf

Muniarty, P. (2021). Kwirausahaan Widina Bhakti Persada. Bandung

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1

Novila Kurniawati, Risbon Sianturi, & Heri Yusuf Muslihin. (2022). Studi Kasus Keterlambatan Motorik Kasar Anak Tunadaksa: . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 109-120. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10922

Pasaribu, E., Yefriza., Ekaputri, RA.. Azansyah. (2023) Pemanfaatan Marketplace dan Digital Marketing pada Usaha Himpunan Wanita Penyandang Disabilitas Kota Bengkulu. Indonesia Journal Of Civil Society. 5(1), 83-89. https://doi.org/10.35970/madani.v5i1.1480

Permana, J., Prihatin, E., Rochyadi, E., Syarifah. L. S. (2021). Comparative Analysis of the Implementation of Life Skill Education Management in Students With Disability Between Public Special School and Private Special Schools. Conference: 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020). http://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210212.087

Prihatin, E., Aprilia, I. D., Permana. J., Syarifah, L. S. (2019). Sinergitas Sekolah dengan Pemerintah, Masyrarkat dan Dunia-Dunia Usaha/Industri: Sebuah Langkah Optimalisasi Pengelolaan Pendidikan Life Skill pada Siswa Disabilitas. Jurnal Penelitan pendidikan. 19(3). 334-344. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i3.22327

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politika. 3(1). https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704

Santoso, H. B., Wibowo, A., Siang, J. J., Delima, R., Chrismanto, A. R. (2021). Pemberdayaan Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi bagi Masyarakat Penyandang Disabilitas di Gunung Kidul. PATRIA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 3(1). 1-11. https://doi.org/10.24167/patria.v3i1.2298

Sulaeman, S. (02, Juli 2020). Survei: 70 Persen UMKM Berencana Jualan di Media Sosial.Liputan 6. Retrieved from: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4294602/survei-70-persen-umkm-berencana-jualan-di-media-sosial

Syarief, N., Pangestu, A., Putri, H., Filkhaqq, T., & Harjanti, G. Y. (2022). Karakteristik dan Model Pendidikan Bagi Anak Tuna Daksa. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 4(2), 275-285. https://doi.org/10.37092/ej.v4i2.337
Published
2024-06-23
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times