Analisis Minat Masyarakat untuk Mendaftar Menjadi Calon Jama’ah Haji

  • Yopen Indriayani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Nurul Hak Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Aan Shar Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui analisis minat masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah dalam mendaftar menjadi calon jama’ah haji. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa minat masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah dalam mendaftar menjadi calon jama’ah haji sangat baik dan sangat antusias. Ada tiga indikator minat yaitu perasaan senang, ketertarikan dan perhatian. Adapun faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah untuk mendaftar menjadi calon jama’ah haji yaitu faktor keluarga, faktor ekonomi dan faktor lingkungan, tetapi yang paling utama yaitu faktor keluarga karena sangat membantu dan memotivasi calon jama’ah hingga terdaftar. Calon jama’ah haji mendaftar menjadi calon jama’ah haji karena niat sendiri dan ada pula yang dipengaruhi oleh keluarga dan lingkungan sekitarnya. Simpulan penelitian ini mengungkapkan bahwa komunitas desa Karang Tinggi bercita-cita menjadi calon jama’ah haji yang baik dan antusias karena tiga alasan: 1) Keinginan untuk dekat dengan Allah SWT, 2) Keinginannya untuk dipandu oleh ajaran iman Islam, dan 3) Kebutuhan untuk perhatian pemerintah untuk mencegah pemerintah mengenakan pajak pada calon jama'ah, dan untuk menciptakan agenda spesifik yang terkait dengan calon Jama'ah.

Kata Kunci: Calon Jama’ah Haji, Mendaftar, Minat.

References

Anhar, M. Z., Soemitra, A. (2022). Strategi Pemasaran pada Pembiayaan Haji di Indonesia: Studi Literatur Persepsi Mahasiswa PascaSarjana Bidang Perbankan Syariah. Maro; Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis. 5(2). 193-201. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/maro/article/download/2810/2122

Arief, M. (2021). Dana Haji Indonesia. Prenadamedia Group. Jakarta

Aulia, N. T. (2022). Pengaruh Religusitas terhadap Minat Masyarakat Mendaftar Haji (Studi Kasus pada Masyarakat Kelurahan Porisgaga Baru, Kota Tangerang). Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66870/1/TIARA%20NUR%20AULIA-FDK..pdf

Djaali, D. (2008). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta

Ismudi, I., Ahmadsyah, I., Marzelin, A. A. (2022). Strategi Pemasaran Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji pada Bank Syariah Indonesia Meulaboh. Jurnal Ilmiah Mahaisiswa Ekonomi Islam. 4(2). 106-125. https://jim.usk.ac.id/EKI/article/viewFile/23056/10828

Kementerian Agama RI Provinsi Bengkulu. (0, Mei 2023). Pelayanan Haji Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Diakses dari: https://bengkulu.kemenag.go.id/page/pelayanan-haji-kementerian-agama-provinsi-bengkulu

Nasution, Z., HAdirman, H. (2020). Bentuk Politik Negara dalam Kebijakan Daftar Tunggu Haji pada Masyarakat Muslim di Bali. Al-Tadabbur: Jurnal Kajian Sosial, Peradaban dan Agama 6(1). 121-152. https://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/altadabbur/article/viewFile/356/317

Putri, E. N. F. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah pada Tabungan IB Hijrah Haji pada Bank Muamalat Indonesia (Kantor Cabang Pembantu Madiun). SKRIPSI. Thesis. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Diaskes dari: https://etheses.iainponorogo.ac.id/25809/1/402190202_EKA%20NUR%20FRANSISKA%20PUTRI_PERBANKAN%20SYARIAH.pdf

Ramayulis, R. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Kalam Mulia. Jakarta

Rifa'i, M., Zahra, F. A., Saad, M., Putri, S. W. D. (2021). Strategi Pemasaran dalam Bimbingan Ibadah Haji; Sebuah Upaya Meningkatkan Volume Jamaah Haji. (Studi Kasus pada KBIHU Nurul Haramain Probolinggo Jawa Timur Indonesia). HARAMAIN: Jurnal Manajemen Bisni. 1(2). 109-122. http://jurnal.stebibama.ac.id/index.php/JMB/index

Salam, N, Yuliar, A. (2020). Analisa Word Of Mouth dan Truth terhadap Minat Haji Khusus (Studi di Dewangga Lil Hajj Wal Umrah Surakarta). Academic Journal of Da’wa and Communication 1(2). 409-437. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/ajdc/article/download/2723/1009/12183

Sangadji, M. E., Sopiah, S. (2010). Metodologi Penelitian, Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Andi. Yogyakarta

Setiawan, E., YArmunida, M. (2019). Analisis Faktor Motivasi Jati Diri Muslim Melaksanakan Haji dan Umrah. Jurnal Baabu Al-Ilmi Ekonomi dan Perbankan Syariah. 4(1). 144-154. http://dx.doi.org/10.29300/ba.v4i1.1700

Subekti, S. R. V. Y. (2021). Pengaruh Kemampuan Finansial dan Daftar Tunggu Terhadap Minat Haji dengan Variabel Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. UIN Walisongo Semarang. Diakses dari: https://eprints.walisongo.ac.id/14847/1/SKRIPSI_1705036125_SITI_RIA_VENI_YUSRIYAH_SUBEKTI.pdf

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Managemen. Alfabeta. Bandung
Published
2024-06-23
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 3 times