Perilaku Phubbing Siswa dalam Kehidupan Sosial di Lingkungan Sekolah

  • Roni Setiawan Universitas Sebelas Maret
  • Drajat Tri Kartono Universitas Sebelas Maret
  • LV Ratna Devi Sakuntalawati Universitas Sebelas Maret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku phubbing siswa dalam konteks kehidupan sosial di lingkungan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian secara menyeluruh mengungkapkan bahwa penggunaan smartphone berdampak negatif pada interaksi sosial, yang mengarah pada konsekuensi negatif dan perubahan persepsi. Faktor-faktor yang berkontribusi pada fenomena ini termasuk kemajuan teknologi, masalah multitasking, efek negatif budaya digital, dan disengajakan sosial. Penggunaan smartphone, terutama dalam kegiatan media sosial, mengurangi perhatian pada interaksi sosial di lingkungan terdekat. Fenomena ini telah menjadi norma budaya dalam pendidikan dan dunia digital, mempengaruhi interaksi sosial dan mempromosikan lingkungan sosial yang lebih sehat. Simpulan "Phubbing" mengacu pada tindakan yang mempengaruhi komunikasi, interaksi, dan kepercayaan dalam lingkungan sosial, terutama di antara siswa.

Kata Kunci: Kehidupan Sosial, Perilaku Phubbing,

References

Akbari, M. F. R., Rahayudi, B., & Muflikhah, L. (2023). Implementasi Deep Learning menggunakan Algoritma EfficientDet untuk Sistem Deteksi Kelayakan Penerima Bantuan Langsung Tunai berdasarkan Citra Rumah di Wilayah Kabupaten Kediri. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4), 1817–1825. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12596

Basit, A., Purwanto, E., Kristian, A., Pratiwi, D. I., Krismira, Mardiana, I., & Saputri, G. W. (2022). Teknologi Komunikasi Smartphone pada Interaksi Sosial. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), https://doi.org/10.30656/lontar.v10i1.3254

Laila, N., Febriyanni, R., & Syarifah, S. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Mata Pelajaran Alqur’an Hadits Kelas VIII MTS Darul Arafah. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 116–124. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.675

Leung, A. K., Maddux, W. W., Galinsky, A. D., & Chiu, C. (2008). Multicultural Experience Enhances Creativity: The When and How. American Psychologist, 63(3), 169–181. https://doi.org/10.1037/0003-066X.63.3.169

Maknuni, J. (2021). Strategi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 9–16. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.392

Mariati, L. H., & Sema, M. O. (2019). Hubungan Perilaku Phubbing dengan Proses Interaksi Sosial Mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Wawasan Kesehatan, 4(2), https://stikessantupaulus.e-journal.id/JWK/article/view/60

Marsal, A., & Hidayati, F. (2017). Pengaruh Smartphone Terhadap Pola Interaksi Sosial Pada Anak Balita di Lingkungan Keluarga Pegawai Uin Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), https://doi.org/10.24014/rmsi.v3i1.3529

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), https://doi.org/10.33087/dikdaya.v6i1.41

Mulyana, D., Sudiar, G. P., & Ali, H. F. (2023). Analisis Perubahan Sosial dan Pembangunan di MTs YPAK Cigugur: Tinjauan terhadap Peran Lembaga Pendidikan dalam Transformasi Sosial Masyarakat. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(2) . https://doi.org/10.62515/staf.v2i2.250

Paramita, T., & Hidayati, F. (2017). Smartphone Addiction Ditinjau dari Alienasi Pada Siswa SMAN 2 Majalengka. Jurnal EMPATI, 5(4). https://doi.org/10.14710/empati.2016.15456

Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555

Siregar, N., Suherman, S., Masykur, R., & Ningtias, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47

Yusuf, A., P. Iskandar, Y. H., Ab Hadi, I. S., Nasution, A., & Lean Keng, S. (2022). Breast Awareness Mobile Apps for Health Education and Promotion for Breast Cancer. Frontiers in Public Health, 10. https://www.frontiersin.org/journals/public-health/articles/10.3389/fpubh.2022.951641
Published
2024-06-23
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 3 times