Pancasila: Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia melalui Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dalam Pendidikan Abad 21 di Ekosistem Sekolah
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Pancasila sebagai entitas dan identitas bangsa Indonesia dalam konteks pendidikan abad ke-21 di ekosistem sekolah. Penelitian menggunakan metode atau pendekatan studi pustaka/kepustakaan (library research). Hasil penelitian didapatkan bahwa Pancasila adalah fondasi utama yang mengakar pada keberagaman nilai dan pilar penyatuan dalam keragaman etnis, budaya, dan agama di Indonesia. Implementasi pendidikan melalui Profil Pelajar Pancasila (PPP) membentuk generasi kompeten secara global sekaligus berakhlak mulia dan berwawasan Pancasila, memungkinkan siswa untuk mengalami pengetahuan pelajaran yang memperkuat karakter, dan membentuk belajar dari lingkungan sekitar. Simpulan baha melalui pendidikan di sekolah Pancasila adalah salah satu entitas dan identitas bangsa Indonesia yang menyatukan beragam nilai-nilai tercermin dalam keberagaman etnis, budaya, dan agama di Indonesia.
Kata Kunci: Entitas, Identitas, Pendidikan Abad 21, Profil Pelajar Pancasila.
References
Aini, N., Hasanah, N., Prandika, N., Fitri Jeni, N., & Sandi Prabowo, M. (2024). Pembentukan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila. KOLONI, 3(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/koloni.v3i1.583
Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (Edisi 1). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta
Dariah, I., Irfanullah, G., Umayyah, U., Ghofur, I., & Gunawan, I. (2023). Strategi Menumbuhkan Rasa Toleransi di Tengah Keberagaman Umat Desa Cisantana Cigugur-Kuningan. The 1st Nurjati Conference. 21. 113-120. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1271
Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Isbah, L. P. I., & Faisal, A. (2023). Mengapa Pancasila Mirip dengan Komunisme? Perspektif Guru Gembul. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 62–66. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.776
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576
Maulida, U., & Tampati, R. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Musdalipah, M., Lapude, R. Bin, & Muktamar, A. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Persfektif Pendidikan Agama Islam. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(4), 164–179. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v1i4.399
Salsabila, A., & Nawawi, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan Abad Ke-21 di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(1), 98–108. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.164
Sari, S. A. T., Misnawati, M., Rusdiansyah, R., Taufandy, L. A., Maya, S., & Nitiya, R. (2023). Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan Perwujudannya di SMAN 5 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 152–170. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.634
Suprojo, A., Ghunu, A., Chotimah, C., Trianawati, A., Putri, S. A., Emqi, M. F., Istikomayanti, Y., & Rozhana, K. M. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pentas Budaya dan Proyek Pembelajaran Wawasan Kebangsaan. Science Contribution to Society Journal, 3(1), 10–17. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/scs.v3i1.2853
Surya, D. W. T. (2023). Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam Mewujudkan Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Prosiding National Conference for Ummah, 2(1), 234–239. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1069
Tawil, M., & Tampa, A. (2024). Pelatihan Lesson Study Berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tinggi Bagi Guru SMAN 10 Makassar. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(11), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10637899
Zuhrika, A., Suryani, A., Azma Putri, A., Kurnia, A., & Safira, A. (2024). Pancasila sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik dalam Pendidikan Abad ke-21. KOLONI, 3(1), 41–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/koloni.v3i1.584
Copyright (c) 2024 Tutus Sri Hermansyah, Safira Nur Rahma, Lutfiana Sari, Nurani Dwi Pangestuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.