Pengembangan Promosi Desa Wisata Melalui Media Sosial
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan promosi desa wisata melalui pemanfaatan media sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian banyaknya pengguna Instagram menjadi alasan pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya melalui media sosial tersebut. Tidak terkecuali pada suatu produk wisata utamanya promosi desa wisata melalui Instagram yang memiliki tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap desa wisata tersebut. Dusun Jepang yang dihuni oleh Komunitas Masyarakat Samin memiliki keunikan yang tersendiri karena ajaran unik dan kekayaan alamnya yang memikat, potensial untuk menjadi destinasi wisata. Namun sayangnya, promosi desa tersebut dibilang kurang aktif dan pemilihan nama supaya akun tersebut mudah dicari oleh masyarakat awam kurang difikirkan. Melalui upaya seperti penggantian nama Instagram menjadi supayan lebih dikenal dengan pemilihan nama yang familiar dikalangan masyarakat yakni "Komunitas Masyarakat Samin". Simpulan Media sosial telah menjadi platform media sosial yang efektif untuk mempromosikan suatu produk terumasuk promosi wisata. Pentingnya perencanaan konten untuk promosi wisata Dusun Jepang, sehingga menarik banyak wisatawan.
Kata Kunci: Kampung Samin Bojonegoro, Media Sosial, Pengembangan Promosi Desa Wisata.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak (Jejak Publisher). Bojonegoro
Anjarwani, S. E., Jatmika, A. H., Agitha, N., Albar, M. A., & Afwani, R. (2022). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Bijak bagi Remaja pada Era Globalisasi. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 3(2). https://doi.org/10.29303/jbegati.v3i2.840
Annur, C. M. (28, November 2023). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks.katadata.co.id. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920-8928. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2400
Badruzzaman, S., Saleh, R., Saleh, R. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Promosi Wisata di Aceh (Studi pada Komunitas Online @fotoaceh). JIM: Jurnal Ilmiha Mahasiswa. 5(1). https://jim.usk.ac.id/FISIP/article/view/14131
Fahlevy, R., & Saputri, R. T. (2019). Pengaruh Perubahan Sosial dan Perkembangan Pariwisata terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Kurau Barat Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 42-48. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8148
Farid, M., & Farhah, E. (2021). Pemanfaatan Algoritma Instagram dalam Meningkatkan Promosi ODTW Budaya (Studi Kasus di @Kampung Budaya Piji Wetan). Cakra Wisata: Jurnal Pariwisata dan Budaya. 22(2). 1-8. https://jurnal.uns.ac.id/cakra-wisata/article/view/50407
Hadi, W. (2019). Menggali Potensi Kampung Wisata di Kota Yogyakarta sebagai Daya Tarik Wisatawan. Journal of Tourism and Economic, 2(2). 129-139. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1929710&val=19869&title=menggali%20potensi%20kampung%20wisata%20di%20kota%20yogyakarta%20sebagai%20daya%20tarik%20wisatawan
Heriyanti, K. (2021). Yoga Jalan Merealisasikan Keseimbangan Pikiran dan Kesehatan Tubuh. Jurnal Yoga dan Kesehatan, 4(1), 1-10. https://www.ojs3.uhnsugriwa.ac.id/index.php/jurnal4/article/download/4/2
Jannah, R., Rohman, N., Kiswantoro, a., Hayatri, M. A. S., Asharono, R. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata 6(2):361-369. http://dx.doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.60942
Mayasari, R., Febriantoko, J., Putra, R. R., Hadiwijaya, H., & Kurniawan, D. (2022). Digitalisasi Desa: Pilar Pembangunan Ekonomi Desa. PT. Nasya Expanding Management (NEM-Anggota IKAPI). Pekalongan
Millatina, A. N., Hakimi, F., Zaki, I., & Yuningsih, I. (2019). Peran Pemerintah untuk Menumbuhkan Potensi Pembangunan Pariwisata Halal di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(1), 96-109. https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i1.2587
Muliawanti, L., & Susanti, D. (2020). Digitalisasi Destinasi sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Kabupaten Magelang. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(02), 135-143. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.53
Pangkey, D. E., Tulung, L. E., & Lotulung, L. J. H. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata di Provinsi Bali. Jurnal Ilmu Pemerintahan: Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 5(1), 110-120. https://doi.org/10.31289/jipikom.v5i1.1584
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Raharjo, T. W., & Ir Herrukmi Septa Rinawati, M. M. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Jakad Media Publishing. Surabaya
Santoso, I. B. (2022). Membangun Ekonomi Kreatif melalui Wisata Batik sebagai Upaya Membangkitkan Perekonomian Lokal di Era Kebiasaan Baru Desa Wisata Jarum Bayat. Media Wisata, 20(1), 115–123. https://doi.org/10.36276/mws.v20i1.306
Setio, A. H., Fatoni, U. F., Agustin, P. S. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E- WOM) dan Online Customer Review (OCR) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skincare Asderma Aesthetic). Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (JEMPPER). 3(1). 126-135. https://doi.org/10.55606/jempper.v3i1.2718
Suprastayasa, I. G. N. A., Adyatma, P., & Tirtawati, N. M. (2022). Desa Wisata Membangun Desa Dengan Pariwisata. Politeknik Pariwisata Bali. Bali
Sutarto, A., Admin, WBTB. (2018). Mayarakat Samin Bojonegoro. Warisan Budaya Takbenda Indonesia. Diakses dari: https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailCatat=8960
Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman dalam Perspektif Partisipasi Masyarakat. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 91-106. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1386
Widiati, I. A. P., & Permatasari, I. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism Development) Berbasis Lingkungan pada Fasilitas Penunjang Pariwisata di Kabupaten Badung. Kertha Wicaksana, 16(1), 35-44. https://doi.org/10.22225/kw.16.1.2022.35-44
Yudhiasta, S. & Rahmatin, L.S. (2022). Netnographic Analysis of Youtube User’s Comments on Conservation Threats. JSK: Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(1), 62-77. https://journal.stikosa-aws.ac.id/index.php/spektrum/article/view/276/129
Yudhiasta, S., Andrea, G., & Rahmatin, L. (2023). Integrasi Komunikasi Pemasaran dalam Konsep Pariwisata Berkelanjutan “Kampung Adat Segunung”. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 153-167. http://dx.doi.org/10.30587/jre.v6i2.6299
Copyright (c) 2024 Syafiul Muchtar Izza Nursanti, Sheidy Yudhiasta
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.