Studi Evaluasi Strategi Perjalanan Wisata Pengenalan Pada Destinasi Wisata Prioritas Joglosemar

  • Yolanda Pratiwi Institut Pariwisata Trisakti
  • Myrza Rahmanita Institut Pariwisata Trisakti
  • Sri Mariati Institut Pariwisata Trisakti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi strategi perjalanan wisata pengenalan pada destinasi wisata prioritas Joglosemar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil menunjukkan perjalanan wisata prioritas Joglosemar merupakan strategi promosi yang efektif untuk memperkenalkan destinasi pariwisata di Indonesia. Selama perjalanan wisata terdapat hambara seperti, faktor cuaca, susah sinyal, pendamping guide yang belum handal, keterlambatan pelaksanaan acara dan waktu posting konten. Simpulan dari seluruh perjalanan wisata berjalan dengan baik dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Kemenparekraf sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai

Kata Kunci: Destinasi Wisata Prioritas, Kunjungan Keluarga, Kunjungan Pengenalan, Studi Evaluasi.

References

Baumgartner, C. (2022). Guideline For Responsible Fam Trips In the Frame of the Joint Project "Sustainable Information and Press Trips" by Futouris and Turespaña. Retrieved from https://futouris.org/wp-content/uploads/2024/07/2022_Guideline-for-Responsible-Information-Trips.pdf

Chi, H. K., Huang, K. C., & Nguyen, H. M. (2020). Elements of Destination Brand Equity and Destination Familiarity Regarding Travel Intention. Journal of Retailing and Consumer Services. ScienceDirect. 52. 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.12.012

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Edisi 12). Salemba Empat. Jakarta

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf

Endarto, I., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi Interaktif. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48250

Ningrum, S. (2018). Analisis Pengaruh Kegiatan Promosi Familiarization Trip terhadap Efisiensi Promosi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang. UNEJ E-Proceeding, . Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9215

Pham, T., & Nugroho, A. (2022). Tourism-Induced Poverty Impacts of COVID-19 in Indonesia. Annals of Tourism Research Empirical Insights, 3(2), 100069. https://doi.org/10.1016/j.annale.2022.100069

Putri, E. D. H., & Yulianto, H. (2019). Evaluasi Kinerja Pengelola PT Taman Wisata Candi Unit Ratu Boko Yogyakarta untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Melalui Balance Scorecard. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 1(1), 15-32. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/article/view/20

Saeroji, A. (2022). Strategi Pengembangan Museum Tosan Aji Purworejo dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3071-3076. https://doi.org/10.47492/jip.v2i9.1276

Sukarni, S. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Program Studi Seni Rupa dengan Pendekatan Goal Oriented Evaluation Model. Media Bina Ilmiah. 14(11). 1–9. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i10.568
Published
2024-07-31
Abstract viewed = 7 times
PDF downloaded = 10 times