Studi Evaluasi Strategi Perjalanan Wisata Pengenalan Pada Destinasi Wisata Prioritas Joglosemar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi strategi perjalanan wisata pengenalan pada destinasi wisata prioritas Joglosemar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil menunjukkan perjalanan wisata prioritas Joglosemar merupakan strategi promosi yang efektif untuk memperkenalkan destinasi pariwisata di Indonesia. Selama perjalanan wisata terdapat hambara seperti, faktor cuaca, susah sinyal, pendamping guide yang belum handal, keterlambatan pelaksanaan acara dan waktu posting konten. Simpulan dari seluruh perjalanan wisata berjalan dengan baik dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Kemenparekraf sehingga tujuan kegiatan dapat tercapai
Kata Kunci: Destinasi Wisata Prioritas, Kunjungan Keluarga, Kunjungan Pengenalan, Studi Evaluasi.
References
Chi, H. K., Huang, K. C., & Nguyen, H. M. (2020). Elements of Destination Brand Equity and Destination Familiarity Regarding Travel Intention. Journal of Retailing and Consumer Services. ScienceDirect. 52. 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.12.012
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Edisi 12). Salemba Empat. Jakarta
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf
Endarto, I., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi Interaktif. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48250
Ningrum, S. (2018). Analisis Pengaruh Kegiatan Promosi Familiarization Trip terhadap Efisiensi Promosi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang. UNEJ E-Proceeding, . Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9215
Pham, T., & Nugroho, A. (2022). Tourism-Induced Poverty Impacts of COVID-19 in Indonesia. Annals of Tourism Research Empirical Insights, 3(2), 100069. https://doi.org/10.1016/j.annale.2022.100069
Putri, E. D. H., & Yulianto, H. (2019). Evaluasi Kinerja Pengelola PT Taman Wisata Candi Unit Ratu Boko Yogyakarta untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Melalui Balance Scorecard. Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE), 1(1), 15-32. Retrieved from https://itbsemarang.ac.id/sijies/index.php/jbe33/article/view/20
Saeroji, A. (2022). Strategi Pengembangan Museum Tosan Aji Purworejo dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3071-3076. https://doi.org/10.47492/jip.v2i9.1276
Sukarni, S. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Program Studi Seni Rupa dengan Pendekatan Goal Oriented Evaluation Model. Media Bina Ilmiah. 14(11). 1–9. https://doi.org/10.33758/mbi.v14i10.568
Copyright (c) 2024 Yolanda Pratiwi, Myrza Rahmanita, Sri Mariati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.