Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Teks Eksplanasi untuk Mengukur Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V

  • Nazarudin Pratama Universitas PGRI Silampari
  • Viktor Pandra Universitas PGRI Silampari
  • Elya Roslina Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 59 Lubuklinggau. Metode penelitian ini adalah pre eksperimental, dengan desain yang digunakan adalah one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 59 Lubuklinggau yaitu kelas VA berjumlah 23 siswa dan kelas VB berjumlah 23 siswa. Pengambilan sampel dengan cara Teknik purposive sampling, yaitu pada kelas VB SDNegeri 59 Lubuklinggau berjumlah 23 siswa sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kepercayaan yang diperoleh α= 0,05 data thitung= 4,49 dan ttabel = 1,717 maka data tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel. Nilai rata-rata Pretest siswa sebesar 62,61 dan nilai rata-rata Postest sebesar 80,00, maka dapat dikatakan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 59 Lubuklinggau secara signifikan tuntas.

 

Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran, Problem based Learning, Teks Eksplanasi

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal PAUD, 3(1), 35-44.

Dahliana, D., Taufia, T., Nasrul, S., & Sukandar, W. (2019). Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 17-27.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harwati, C. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Hidayat, T., Hidayatullah, A., & Agustini, R. (2019). Kajian Permainan Edukasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2)

Hotimah, H. (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL EDUKASI, 7(3): 5-11.

Kosilah, K., & Septian, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6). 1139-1148.

Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. LITERASI, 8(1), 40-62.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165-170.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4).

Pramitha, D. A., & Wahjudi, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Laporan Keuangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2). 216-224.

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL berbantuan Media Gambar terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53-64.

Putrawangsa, S. (2018). Desai Pembelajaran. Mataram: CV. Reka Karya Amerta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumardi, (2020:1-9) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III A SDN 219 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. JPT: 1(2)

Wahyudi, A. (2022) Usaha Pendidik dalam Membimbing Siswa pada Materi Teks Eksplanasi. DIBSA, 1(1), 33-43.

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, P. D. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies Volume 4(2), 174-182.
Published
2023-12-30
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 6 times

Most read articles by the same author(s)