https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/issue/feed Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran) 2024-06-30T11:57:23+00:00 Dian Ramadhan Lazuardi ipm2kpekibasp@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran) is published by IPM2KPE as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of language science, literature and teaching, language teaching and linguistics by using quantitative, qualitative &amp; mix-method. Journal KIBASP published every June and December (Twice a year) in two versions, printed (p-ISSN 2597-520X) Online (e-ISSN 2597-5218)</p> https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8139 Kedwibahasaan pada Masyarakat Desa Kacamarga 2024-01-30T03:23:02+00:00 Ani Diana anidiana23@umpri.ac.id Dessy Saputry anidiana@umpri.ac.id Izhar Izhar anidiana@umpri.ac.id Eka Safitrian anidiana@umpri.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kedwibahasaan berdasarkan klasifikasi tingkat dan konteksnya, serta faktor penyebab terjadinya kedwibahasaan pada masyarakat Desa Kacamarga Kecamatan Cukuhbalak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data penelitian&nbsp; diperoleh dari hasil observasi, wawancara, rekam, dan simak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 255 KK dan sampel 30 KK. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa untuk kedwibahaan berdasarkan tingkatnya ada 19 tuturan (63%) tipe koordinatif, 11 tuturan (37%) tipe majemuk, dan untuk tipe subordinatif tidak ada. Jika dilihat berdasarkan konteksnya semua tuturan tersebut termasuk dalam tipe alamiah, sedangkan untuk &nbsp;sedangkan jika dilihat dari kedwibahasaan berdasarkan konteksnya hanya ada tipe alamiah saja, yaitu 30 tuturan (100%). Faktor penyebab terjadinya kedwibahasaan pada masyarakat Desa Kacamarga karena pengaruh penggunaan lebih dari satu bahasa daerah, yakni bahasa Lampung, Jawa, dan Sunda dalam berkomunikasi sehari-hari sehingga terjadi transfer bahasa secara alamiah antarwarga, terutama yang tempat tinggalnya berdampingan. Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas tuturan kedwibahasaan berdasarkan tingkatnya untuk tipe koordinatif lebih tinggi daripada tipe majemuk, dan dilihat dari konteksnya hanya ditemukan tipe alamiah saja.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Faktor Kedwibahasaan, Tipe Kedwibahasaan</p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-30T03:23:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8794 Analisis Tindak Tutur pada Cerpen Si Malanca Karya Harris Effendi Thahar 2024-01-30T04:09:22+00:00 Syaiful Abid Syaiful2016abid2@gmail.com Nur Nisa'i Muslihah Syaiful2016abid@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Tindak Tutur berupa Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam cerpen Si Malanca karya Harris Effendi Thahar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa Tindak Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi yang terdapat dalam cerpen Si Malanca Karya Harris Effendi Thahar. Adapun sumber data diambil dari percakapan yang ada pada cerpen Si Malanca karya Harris Effendi Thahar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pada cerpen si Malanca, ujaran yang muncul adalah Rasa Terkejut dan Takut, Penasaran, Rasa Egoisme. Keangkuhan Kekuasaan dan Kesombongan. Tindak lokusi pada Si Malanca karya Harris Effendi Thahar ada 10 kutipan. Pada cerpen Si Malanca, Ilokasi yang digunakan adalah sikap protes dan rasa bersalah akan sesuatu. Tindak Ilokusi pada Si Malanca karya Harris Effendi Thahar ada 13 kutipan. Adapun tindak perlokasi yang digunakan adalah ekspresif (Expressives) dan komisif (Commissives). Tindak perlokusi pada Si Malanca karya Harris Effendi Thahar ada 7 kutipan.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Kata Kunci: Analisis, Cerpen Si Malanca, Tindak Tutur</p> 2024-01-30T04:09:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8319 Uji Kelayakan Bahan Ajar Menulis Berbasis Pendekatan Produk Siswa Sekolah Dasar 2024-01-30T13:55:34+00:00 Sri Murti srimurti0523@gmail.com Nyayu Masnon AR srimurti05@gmail.com Ulpi Wahyuni srimurti05@gmail.com Vella Sabrila A srimurti05@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat uji kelayakan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk siswa SD Negeri 2 Lubukngin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Lubukngin yang berada di Desa Lubukngin Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&amp;D (<em>research and development) </em>untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia materi Menulis. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis wawancara dan angket menggunakan rumus V Aikens. Adapun hasil analisis data yang diperoleh melalui uji kelayakan tiga ahli dibidangnya yaitu ahli bahasa, ahli desain dan ahli materi adalah sebagai berikut: 1). Dari hasil kelayakan bahasa diperoleh hasil sebesar 0,821 berada di kategori “Sangat Valid”; 2). Dari hasil kelayakan desain diperoleh hasil sebesar 0,8 berada dikategori “Sangat Valid”; dan 3). Dari hasil kelayakan materi diperoleh hasil sebesar 0,78 berada di kategori “Cukup Valid”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk siswa SD Negeri 2 Lubukngin layak untuk digunakan oleh siswa pada materi menulis.</p> <p>Kata Kunci: Bahan Ajar, Menulis, Uji Kelayakan</p> 2024-01-30T13:55:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8790 Objektifikasi Perempuan dalam Film Uang Panai’ Mahal (Analisis Semiotika Roland Barthes) 2024-04-15T23:39:22+00:00 Mohamad Ibnu Rasyd mrusyd@gmail.com Sunarto Sunarto mrusyd@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan objektifikasi perempuan dan mengidentifikasi ideologi dominan dalam sebuah teks. Sutradara film ini menggambarkan <em>uang panai’ mahal</em> sebagai bentuk peningkatan kesadaran terhadap budaya patriarki Indonesia dengan menghadirkan fakta sosial dan membuka perspektif baru tanpa mendiskreditkan perempuan. Teori utama yang digunakan adalah teori<em> standpoint theory</em> yang didukung dengan teori feminisme radikal lebertarian, dan konsep objektifikasi oleh Nussbaum dan Langton. Metode analisis yang digunakan ialah analisis sintagmatik dan paradigmatik (5 kode pembacaan) semiotika Roland Barthes. Temuan penting dalam penelitian ini adalah adanya bentuk objektifikasi perempuan dalam konsep Nussbaum dalam film <em>uang panai’ mahal </em>yang dilakukan oleh laki-laki, perempuan dengan sesama perempuan serta perempuan dengan dirinya sendiri. Dalam penelitian ini ditemukan bentuk objektifikasi seperti <em>denial of autonomy, ownership, denial of subjectivity </em>dan<em> inertness. </em>Gambaran bentuk objektifikasi perempuan dalam film <em>uang panai’ mahal</em> dilandasi dengan kehadiran ideologi patriarki yang mendominasi. Ditemukan pula asumsi bahwa adanya penyajian fakta sosial yang menyudutkan perempuan, penembahan karakter perempuan pendukung malah menambah tindakan objektifikasi, kurangnya konstruksi perlawanan perempuan terhadap objektifikasi, kurang dimunculkannya karekter terobjektifikasi pada saat objketifikasi dilakukan, dan karekter dominan seakan mengatur kehidupan karakter terobjektifikasi. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengungkapkan pola-pola objektifikasi perempuan dalam industri film Indonesia. Dengan menyoroti aspek-aspek seperti interaksi antar karakter, representasi fakta sosial, dan ketidakselarasan kekuasaan, Penelitian ini membuka jalan untuk pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana perempuan digambarkan dalam karya film Indonesia. Melalui analisis yang teliti, penelitian ini dapat membantu mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin terjadi dalam representasi perempuan dalam film, serta mengungkapkan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap gender dan peran perempuan dalam kehidupan nyata.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Film, Objektifikasi, Perempuan, Semiotika</p> 2024-04-15T23:37:01+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8943 Analisa Queer dalam Film Love, Simon 2024-05-19T12:29:57+00:00 Dizafia Zafira Mayyasya Dizafia.zafira@ui.ac.id <p>Penelitian ini mengkaji konstruksi masyarakat terhadap LGBT dalam film "Love, Simon" karya Greg Berlanti di Amerika dan Indonesia. Meskipun perbedaan budaya, diskriminasi terhadap LGBT masih muncul dalam film tersebut. Film ini mengeksplorasi makna konotasi, denotasi, serta mitos melalui tiga tokoh utama: Simon, Bram, dan Ethan. Identitas homoseksual mereka dalam film tidak dipengaruhi oleh lingkungan, tetapi merupakan hasil penciptaan diri sendiri tanpa campur tangan eksternal. Analisis identitas homoseksual diungkap melalui performativitas fisik, interaksi verbal, dan tindakan seksual. Ekspresi fisik tokoh gay mencerminkan keberagaman penampilan tanpa standar tertentu. Interaksi verbal mencakup pengakuan orientasi seksual tokoh, seperti Simon yang menyampaikan kepada ayahnya bahwa ia gay. Tindakan seksual dijelaskan melalui pengakuan Simon yang terangsang melihat poster Daniel Radcliffe dan mencium Bram setelah pengakuan identitas Bram sebagai Blue. Temuan ini memberikan wawasan tentang representasi LGBT dalam film serta kompleksitas identitas homoseksual yang mampu menciptakan narasi yang inklusif.</p> <p>Kata Kunci: Analisa Queer, Film Love Simon</p> <p>&nbsp;</p> 2024-05-19T12:29:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8199 Tindak Tutur dalam Kegiatan Diskusi pada Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas VIII SMP 2024-05-21T23:05:49+00:00 Herniyastuti Herniyastuti herniyastuti12@gmail.com A. Yusdarwati Yusuf herniyastuti12@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk tindak tutur dalam kegiatan diskusi pada pembelajaran berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan diskusi, siswa menggunakan berbagai bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Selain itu, interferensi bahasa dan tuturan membentuk karakter juga ditemukan dalam tuturan mereka. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan diskusi dalam pembelajaran berbicara dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengamati dan memahami praktik tindak tutur siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Diskusi, Pembelajaran Berbicara, Tindak Tutur</p> 2024-05-21T23:05:49+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/9703 Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Menunjang Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar 2024-06-09T05:53:09+00:00 Ulil Nur Inawati ulilnurinawati@gmail.com Muhammad Hambali lillgrm@student.ub.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Kristen YBPK Wonoasri dan menganalisis dampak GLS terhadap kemampuan literasi peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes AKM literasi. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas 5 SD Kristen YBPK Wonoasri. Hasil penelitian diketahui Gerakan Literasi Sekolah belum dilaksanakan di SD Kristen YBPK Wonoasri. Maka dari itu penelitian ini dilaksanakan. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah diantaranya adalah Gerakan mencintai perpustakaan, gerakan membaca dan berdongeng 15 menit sebelum memulai pembelajaran, penyediaan pojok baca dan mading literasi, serta penyelenggaraan lomba cipta baca puisi. Hasil dari implementasi menunjukan GLS memberikan dampak pada peningkatan nilai AKM literasi dari kategori 5 (25%) menjadi kategori 2 (75%), serta peningkatan softskills peserta didik diantaranya peningkatan kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan belajar.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong><em>: Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Literasi, Peserta Didik, Sekolah Dasar</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> 2024-06-05T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8491 Representasi Dominasi Kekuasaan dalam Novel “Saman” Karya Ayu Utami: Kajian Teori Michel Foucault 2024-06-29T07:22:28+00:00 Titin Mariani titinmariani85@gmail.com M. Surip titinmariani85@gmail.com Malan Lubis titinmariani85@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk representasi dominasi dan relasi kekuasaan serta resistensi (perlawanan) yang terdapat dalam novel Saman karya Ayu Utami. Data dalam penelitian ini berupa kalimat dan paragraf yang berhubungan representasi dominasi otoritas dan relasi kuasa seta resistensi terhadap kekuasaan dalam novel Saman karya Ayu Utami. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa novel yang berjudul Saman karya Ayu Utami ini. Diambil beberapa data yang berkaitan menggunakan tenik pengumpulan data yaitu simak dan catat. Data yang didapat akan dikaji dengan Teori Relasi Kuasa Michel Foucault. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) dominasi otoritas mutlak&nbsp; dari penguasa terhadap masyarakat kelas bawah terdapat 9 data (2) representasi relasi kuasa yang terbentuk dalam lingkungan sosial dan kelompok ideologi tertentu terdapat 4 data (3) perlawanan (resistensi) dari masyarakat kelas bawah (inferior) terhadap penguasa (superior) terdapat 4 data. Simpulan dari penelitian ini yaitu dalam Novel Sama karya Ayu Utami terdapat dominasi otoritas.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Dominasi Otoritas, Inferior<em>, </em><em>Michel Foucault</em>, Relasi Kuasa, Superior</p> 2024-06-29T07:16:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/9928 Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Anak Perantau (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar) 2024-06-30T04:35:01+00:00 Rita Kartika Murni ritakartikamurni02@gmail.com Baiq Reni Ardiani Himayati ritakartikamurni@gmail.com Baiq Rismarini Nursaly ritakartikamurni@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi proses pemerolehan bahasa kedua anak-anak perantau pendatang dari Jawa yang lahir di Lombok Timur, serta faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada tiga sekolah dasar di Lombok Timur. Data diperoleh melalui wawancara dengan siswa dan orang tua, serta observasi di lingkungan sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor lingkungan sosial, peran orang tua, lingkungan sekolah, dan kebijakan pemerintah memainkan peran penting dalam pemerolehan bahasa kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa lingkungan sekolah memberikan dukungan signifikan dalam memfasilitasi pemerolehan bahasa kedua, sementara peran orang tua dan penerimaan masyarakat juga memiliki dampak yang besar. Implikasi dari temuan ini mencakup perlunya peningkatan kesadaran masyarakat, pelatihan guru yang lebih baik, dan perluasan kurikulum untuk memperhitungkan konteks sosial dalam pembelajaran bahasa kedua.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Anak Perantau Pendatang, Pemerolehan Bahasa Kedua</p> 2024-06-30T04:29:25+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/10046 Representasi Disfemisme pada Pemberitaan Isu Lingkungan di Media Massa Nasional: Studi Ekolinguistik 2024-06-30T04:42:34+00:00 Akhmad Mukhibun akhmadmukhibun2@student.uns.ac.id Dwiana Nur Rizki Hanifah dwiananurrizki@student.uns.ac.id Sumarwati Sumarwati sumarwati@staff.uns.ac.id Andayani Andayani andayani@staff.uns.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk disfemisme dan fungsinya dalam pemberitaan isu lingkungan di media massa nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan ekolinguistik. Sumber data berupa berita-berita tentang lingkungan pada <em>Kompas.com, Detik.com, </em>dan<em>, Tempo.co. </em>Teknik pengampilan sampel menggunakan <em>purposive sampling </em>yakni pengambilan sampel didasarkan pertimbangan mengenai berita yang memuat isu lingkungan. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data model mengalir Miles, Hubermen &amp; Saldana. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan disfemisme pada ketiga media massa nasional Indonesia. Bentuk disfemisme yang ditemukan meliputi kata sebanyak 30 data, frasa sebanyak 7 data, klausa sebanyak 12 data, dan kalimat sebanyak 19 data. Bentuk disfemisme paling banyak berupa kata. Fungsi penggunaan disfemisme yakni untuk mengungkapkan kejengkelan/kemarahan, mengkritik, menyindir, menyalahkan, dan menuduh. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pemerkayaan ilmu linguistik, terutama pada bidang ekolinguistik.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci<em>: </em>Disfemisme, Ekolinguistik, Isu Lingkungan, Media Massa Nasional,&nbsp; Pemberitaan</p> 2024-06-30T04:42:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/8594 Kreativitas dan Eksplorasi Diri melalui Penulisan Essai Buddhis 2024-06-30T08:12:36+00:00 Husin Taslim husin2022@sekha.kemenag.go.id Partono Nyanasuryana husin2022@sekha.kemenag.go.id Kabri Kabri husin2022@sekha.kemenag.go.id <p>Penulisan essai dalam tradisi Buddhis tidak hanya menjadi bentuk ekspresi diri, tetapi juga menjadi wahana mendalam untuk eksplorasi diri dan pengembangan pemahaman filosofis serta spiritual. Melalui pendekatan penelitian sistematik berbasis literatur, artikel ini menyajikan serangkaian karya yang secara menyeluruh mengeksplorasi konsep-konsep Buddhis melalui berbagai medium, termasuk sastra, filsafat, dan praktik meditasi. Metode Systematic Literature Review digunakan dengan cermat untuk memastikan pemilihan artikel yang tidak hanya relevan tetapi juga memiliki kualitas yang tinggi. Hasil-hasil penelitian menyoroti kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman eksistensi diri, transformasi pribadi, dan nilai-nilai dalam konteks Buddhisme. Integrasi konsep-konsep seperti kesadaran penuh, anicca, karuna, dan meditasi aktif dalam proses kreatif menawarkan pandangan yang unik terhadap eksplorasi diri melalui penulisan essai Buddhis. Dengan demikian, artikel ini menggambarkan bahwa penulisan essai dalam kerangka Buddhisme bukan hanya sekadar bentuk tulisan, melainkan merupakan perjalanan mendalam menuju pemahaman diri dan perkembangan spiritual yang lebih tinggi.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Eksplorasi Diri, Konsep Buddhis, Kreativitas, Penulisan Essai Buddhis</p> 2024-06-30T08:12:36+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/9322 Pengaruh Bermain Catur terhadap Kemampuan Komunikasi Berbahasa Ekspresif pada Anak Autisme 2024-06-30T09:28:57+00:00 Muchlis Adi Putra dedyariyanto9034@gmail.com Dedy Ariyanto dedyariyanto903@gmail.com Khusna Yulinda Udhiyanasari dedyariyanto903@gmail.com <p>Anak autis hipoaktif ditunjukkan dengan kemampuan komunikasi berbahasa ekspresif yang kurang sehingga menyebabkan anak sulit untuk menyampaikan dengan berbahasa ekspresif. Anak juga cenderung pasif dan tidak memiliki minat untuk melakukan aktivitas gerak serta lebih suka menyendiri ketika melihat teman-temannya bermain. Untuk membantu anak autis hipoaktif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi berbahasa ekspresif, diperlukan suatu permainan yang menarik minat anak untuk melakukan komunikasi yaitu melalui bermain permainan catur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi berbahasa ekspresif sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan permainan catur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian single subject research (SSR) dengan desain A-B. Hasil dari penelitian dilakukan menunjukkan bahwa intervensi menggunakan permainan catur memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbahasa ekspresif pada anak autis. Hasil tersebut dibuktikan dengan Persentase overlape dari perbandingan intervensi (B): baseline (A1). Dari persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan catur efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak autis.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Autis Hipoaktif, Berbahasa Ekspresif, Catur, Permainan</p> 2024-06-30T09:28:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/9372 Formula Materi Ajar Tata Bunyi dan Kosakata BIPA Level 1 dengan Menggunakan Media Audio Visual 2024-06-30T11:57:23+00:00 Nadia Puti Astari hariwahyono@untidar.ac.id Cahyo Yusuf nadiaputricantik144@gmail.com Hari Wahyono nadiaputricantik144@gmail.com <p>BIPA menjadi salah satu usaha untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia dapat terselenggarakan dengan baik didukung materi ajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan memformula materi ajar tata bunyi dan kosakata BIPA Level 1 dengan menggunakan media audio visual. Metode analisis dalam penelitian ini ialah metode hubung. Data dianalisis dengan menggunakan metode hubung, yaitu menghubungkan isi inti-materi ajar denganSKL dan Kurikulum Kursus dan Pelatihan BIPA. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah jabar, yaitu konstruk materi ajar dijabarkan menjadi bahan dasar untuk membuat media pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan: (1) hasil materi ajar tata bunyi dan kosakata BIPA Level 1 berhasil disusun sesuai acuan SKL dan Kurikulum BIPA serta di triangulasi oleh beberapa pakar BIPA; (2) materi ajar dikemas dalam media audio visual setelah dikonsultasikan dengan pakar media; (3) mencobakan materi ajar kepada pelajar BIPA pemula memperoleh hasil yang baik saat membaca kosakata sederhana bahasa Indonesia. Beberapa pelajar BIPA pemula yang bisa lebih baik membaca bahasa Indonesia dengan tepat yaitu Joanna dari Vietnam dan Louis dari Vietnam. Diharapkan dengan adanya penelitian BIPA Level 1 terkhusus mengenai tata bunyi dan kosakata ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan pada para pelajar BIPA pemula.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci: Kosakata, Materi Ajar, SKL dan Kurikulum BIPA, Tata Bunyi</p> 2024-06-30T11:55:11+00:00 ##submission.copyrightStatement##