Kajian Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Campuran Sasak-Jawa: Perspektif Pendidikan Multibahasa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh budaya Jawa dan Sasak dalam proses pemerolehan bahasa kedua anak-anak campuran serta mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi dan strategi penyelesaiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan lima orang tua sebagai informan dari beberapa lokasi di Lombok Timur. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan pengisian Google Form. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan dialek dan kosa kata, komunikasi multibahasa, penggunaan bahasa dominan, dan kurangnya referensi bahasa daerah merupakan tantangan utama dalam pemerolehan bahasa kedua anak-anak campuran. Teori Variabilitas Bahasa, Interlanguage, dan Sosiolinguistik digunakan untuk mendukung pemahaman atas hasil penelitian. Dukungan dari pendidik, komunitas lokal, dan orang tua penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan kemampuan berbahasa kedua. Dengan demikian, strategi pendidikan yang inklusif dan holistik perlu dirancang untuk mendukung pemerolehan bahasa kedua anak-anak campuran.
Kata kunci: Anak campuran, Pemerolehan bahasa kedua, Pendidikan multibahasa
Copyright (c) 2024 Mispalah Mispalah, Baiq Addina Azza Awlia Wangi; Elmiati Elmiati; Baiq Rismarini Nursaly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.