Analisis Feminisme Novel Sebening Air Mata Kayla Karya Taufiqurrahman AL-Azizy Berdasarkan Pendekatan Struktiral

  • Cintia Ervita STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian feminisme yang terdapat dalam novel “Sebening Air Mata Kayla†Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan melalui pengamatan buku-buku dengan disertai pencatatan yang berhubungan masalah yang akan diteliti, lalu melakukan kegiatan membaca secara keseluruhan novel “Sebening Air Mata Kayla†Karya Taufiqurrahman Al-Azizy kemudian mencatat yang terdapat dalam novel dan dianalisis kajian feminismenya. Analisis data dilakukan melalui tahapan deskripsi data, reduksi data, dan klasifikasi data. Dari hasil analisis data diketahui bahwa kajian feminisme yang terdapat dalam novel “Sebening Air Mata Kayla†Karya Taufiqurrahman Al-Azizy, yaitu kedudukan dan peran tokoh perempuan dalam sastra meliputi perempuan sebagai istri, ibu dan ibu rumah tangga sebanyak 26 kutipan, perempuan sebagai simbol status dan kedudukan suami sebanyak 7 Kutipan, ketergantungan perempuan terhadap laki- laki sebanyak 12 Kutipan dan ketertinggalan kaum perempuan dalam segala aspek kehidupan meliputi sosial sebanyak 2 kutipan, pendidikan sebanyak 4 kutipan, melalui  pendekatan  struktural  yaitu  alur  sebanyak  3  kutipan,  tokoh/watak sebanyak 5 ktupan, latar sebanyak 5 kutipan.  Total kajian feminisme dalam novel Sebening Air Mata Kayla berdasarkan pendekatan struktural sebanyak 62 kutipan. Berdasarkan jumlah kutipan yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa kedudukan antara laki-laki dan perempuan hampir mengalami kesetaraan.

 

 

 

Kata Kunci: feminisme, novel sebening air mata kayla.

References

Al-Azizy, Taufiqurrahman. 2014. Sebening Air Mata Kayla. Yogyakarta: DIVA Press.
Anggraini, Purwati. Citra Tokoh Perempuan dalam Cerita Anak Indonesia
(Sebuah Pendekatan Kritik Feminisme). Malang: UMM.
Ariesta, Widya. Novel Cinta Di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia: Analisis
Eksistensi Perempuan. Padang: UNP.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: DIVA Press. Darma, Yoce Aliah. 2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: MedPress.
Kurniawan, Heru. 2012. Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nurgiyantoro, Burhan 2013. Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada
University Pers.
Nurgiyantoro, Burhan 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada
University Pers.
Nurhayati. 2012. Pengantar Ringkas Teori Sastra. Yogyakarta: Media Perkasa. Pradopo, Rachmat Djoko, dkk. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta:
Hanindita Graha Widya.
Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.
Ratna, Nyoman Khuta. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.
Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Sofia, Adib. 2009. Aplikasi Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Citra Pustaka. Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra: Yogyakarta: Puataka Pelajar. Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suaka, I Nyoman. 2013. Analisis Sastra: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ombak.
Sugihastuti. 2010. Gender dan Inferioritas Perempuan. Yogyakarta Pustaka
Pelajar.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Suyitno. 2009. Apresiasi Puisi dan Prosa. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press. Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Wijaya, Herman. 2015. Teori dan Penerapan dalam Kajian Sosiologi Sastra.
Surakarta: Yuma Pustaka.
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 40 times
PDF downloaded = 77 times