Kemampuan Menghubungkan Latar Cerpen dengan Realitas Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (circ)

  • Mawar Lestari Putri STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri B. Srikaton menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri B. Srikaton berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis hasil observasi, teknik analisis hasil tes, dan teknik analisis hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal, yaitu (a) proses penerapan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial tercapai dengan baik ditunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial dari awal kegiatan inti hingga kegiatan akhir berjalan sesuai dengan rencana kegiatan pembelajaran serta mampu mengidentifikasi siswa dalam proses pembelajaran. (b) kemampuan menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial siswa berdasarkan hasil tes menunjukkan rata-rata 75,14 dengan ketuntasan mencapai 80%. (c) respons siswa terhadap penggunaan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran menghubungkan latar cerpen dengan realitas sosial baik, hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase jawaban responden (siswa sampel)

 

 

Kata kunci: model pembelajaran CIRC, latar cerpen, realitas sosial

References

Ali, M. 2002. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

------------. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, dkk. 2008. Model-model pembelajaran (SMP/SMA). Palembang. Pendidikan dan pelatihan professional guru rayon 4 Universitas Sriwijaya.
Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Latief, Muhamad Adnan. 2012. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

--------------. 2011. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Yogyakarta:BPFE.

Nurhayati, Tri Kurnia. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia dengan EYD. Jakarta: Eska Media.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. USA: The Jhons Hopkins University.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sriharsana. 2008. Buku Ajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Citra Pustaka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Dasar-Dasar Teori Sastra. Bandung: Angkasa.

Wahyudi. 2000. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia dengan EYD. Jakarta: Eska Media.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: garudhawaca.

Yasyin. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Yudhistira.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 43 times