Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMPN 2 Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota

  • Neneng Wahyuni STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan pengaruh keterampilan menulis teks siswa yang menggunakan metode demonstrasi. 2) Mendeskripsikan pengaruh keterampilan menulis teks siswa dengan menggunakan metode konvensional. 3) Mendeskripsikan pengaruh signifikan penggunaan metode demonstrasi terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kinerja. Pelaksanaan penelitian pada dua kelas sampel diperlakukan berbeda. Analisis data menunjukkan bahwa, metode demonstrasi berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa, dimana pada saat pretest nilai rata-rata adalah 63. Setelah metode demonstrasi diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas ini, terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada saat pembelajaran. tes akhir

dengan nilai rata-rata ( X ) 76. Hal ini terlihat pada perbandingan thitung dengan ttabel (4,677 > 2,021), karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha (Hipotesis Alternatif) diterima. Dengan demikian, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan metode demonstrasi lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional.

 

Kata Kunci: metode demonstrasi, metode konvensional, menulis, teks prosedur

References

Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. “ Evaluasi Bahasa dan Satra Indonesia”. Buku Ajar. Padang: FBSS Universitas Negeri Padang.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Harsiati, Titik dkk. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursaid dan Muhammad Hafrison. 2003. Teori Belajar Bahasa dan Interaksi Belajar Mengajar. Padang: Universitas Negeri Padang.

Nurudin. 2010. Dasar -dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Rianto, Milan. 2006. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Malang.
Departemen Pendidikan Nasional.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Semi, M. Atar. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Yusuf, Muri. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: Universitas Negeri Padang.
Published
2022-06-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times