Analisis Nilai Moral dalam Novel Gadis Kecil di Tepi Gaza Karya Vanny Charisma W.

  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Delia Putri Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania
  • Rita Arianti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah meneliti nilai moral dalam novel Gadis Kecil di Tepi Gaza karya Vanny Chrisma W. yaitu untuk menanamkan kembali nilai moral pada generasi muda, karena moral merupakan gambaran baik buruknya perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel Gadis Kecil di Tepi Gaza karya Vanny Chrisma W. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Metode deskriptif. Hasil penelitian ini  ditemukan 74 data nilai moral pada novel Gadis Kecil di Tepi Gaza Karya Vanny Chrisma W. Dari 74 data tersebut dikelompokkan menjadi 3 jenis nilai moral.  Secara garis besar terdapat 3 jenis nilai moral pada Novel Gadis Kecil di Tepi Gaza Karya Vanny Chrisma W, yaitu: (1) hubungan manusia dengan tuhannya sebanyak 28 data, yang diklasifikasikan ke dalam 3 jenis yaitu kepercayaan 9 data, bersyukur 6 data dan doa 13 data. (2) hubungan manusia dengan diri sendiri sebanyak 21 data yang diklasifikasikan ke dalam 3 jenis yaitu teguh pendirian 12 data, optimis 7 data, penyesalan 2 data dan (3) hubungan manusia  dengan  manusia lain  sebanyak 25 data yang diklasifikasikan ke dalam 3 jenis yaitu peduli 18 data, berterima kasih 2 data dan menghargai 5 data. Berdasarkan analisis tersebut nilai moral yang paling dominan adalah nilai moral hubungan manusia dengan manusia lainnya terutama nilai peduli 18 data. Hal ini dibuktikan yang paling kuat adalah nilai moral Peduli, sebab orang-orang yang berada di sekeliling Palestine sangat menyayangi Palestine sehingga mereka saling peduli satu sama lain. Disimpulkan bahwa manusia pada dasarnya mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain dan sikap peduli hadir kerena rasa terpanggil untuk melibatkan diri dalam persoalan, keadaan atau kondisi yang ada di sekitar kita. Mengingat bahwa manusia pada dasarnya makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain termasuk dengan alam sekitar sebagai kelengkapan dalam hidupnya.

Kata kunci; Analisis, moral, nilai, novel

References

Chrisma W., Vanny. (2011): Gadis Kecil di Tepi Gaza, Surabaya: Diva Press.

Moleong, J. Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT. Remaja Rosdakaya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian. Bandung: Buku Ajar

Eliastuti, M. (2017) ‘Analisis Nilai-Nilai Moral dalam Novel “Kembang Turi” karya Budi Sardjono’, Jurnal Genta Mulia, VIII(1), pp. 40–52.

Firwan, M. (2017) ‘Nilai Moral Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral’, Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), pp. 49–60.

Hasanah, U. (2018) ‘NILAI MORAL DALAM SĀQ Al-BAMBŪ KARYA SAʻŪD AL-SANʻŪSĪ’, Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1), p. 112. doi: 10.14421/ajbs.2017.01106.

Lestari, S. W. and Dewi, T. U. (2020) ‘Analisis Nilai Moral Dalam Novel Sang Juara Karya Al Kadrl Johan: Tinjauan Sosiologi Sastra Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), pp. 273–288.

Murti, S. and Maryani, S. (2017) ‘Bulan Jingga dalam Kepala’, Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(1), pp. 12–24.

Nugroho, B. P. (2017) ‘Nilai Moral dalam Novel Suminar Karya Tiwiek SA’, Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 11(01), pp. 19–29.

Salfia, N. (2015) ‘Nilai Moral dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro’, Jurnal Humanika, 15(15), p. 3.

Susilo,Pendi., Nugroho, Agung., & Sari , I, P. (2021) ‘Analisis Nilai Moral Novel Kembara Karya Pradana Boy Zif’, LITERATURE : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 1(2), pp. 93–103.
Published
2022-12-31
Abstract viewed = 0 times