Kajian Nilai dalam Cerita Rakyat Asal Mula Batu Serombau

  • Resi Restika STKIP Rokania Pasir Pengaraian
  • Misra Nofrita STKIP Rokania
  • Rita Arianti STKIP Rokania

Abstract

            Latar belakang penelitian ini adalah terdapatnya kajian nilai dalam cerita rakyat asal usul batu Serombau yang mengandung nilai religius pada teks cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang ada dalam cerita rakyat asal usul batu Serombau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ditemukan 12 nilai yang ada dalam cerita rakyat asal usul Serombau yaitu 7 nilai keagamaan, 2 nilai Sosial dan 3 nilai moral. Nilai yang dominan ditemukan adalah nilai keagamaan, sedangkan nilai yang paling sedikit yaitu nilai sosial. Dapat disimpulkan bahwa cerita rakyat asal usul batu serombau  ini milik masyarakat yang dominan memeluk agama Islam serta menganut kepercayaan ilmu tarikat, “bersuluk” ditambah lagi cerita ini milik masyarakat Rokan Hulu, di mana kabupaten Rokan Hulu ini memiliki julukan, “Negri seribu Suluk” banyak rumah-rumah tempat bersuluk, yaitu tempat beribadah bagi masyarakat yang ingin mengamalkan ilmu tasauh. Sebab nilai keagamaan lebih menonjol pada cerita rakyat asal usul batu serombau ini kerena cerita rakyat ini cerita religius.           

Kata Kunci:  Cerita rakyat Asal Usul Batu Serombau, Nilai

References

Abdul Rozak Zaidan,dkk. (2007). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Azizah, N. A., Waluyo, H. J., & Ulya, C. (2019). Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra Di Sma Literature Psychology Study and Character Education Value of Rantau 1 Muara Novel By Ahmad Fuadi an. Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(April 2019), 176–185.

Akbar, K. (2019). Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Cerita Rakyat “Wadu Parapi” Pada Masyarakat Desa Parangina Kecamatan Sape Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. 9–18.

Endraswara, Suwardi. (2009). Folklor Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi.Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Haryanto, F. (2020). Analisis Nilai-Nilai dalam Teks Cerita Rakyat La Golo si Anak Pemalas: Tinjauan Sosiologi Sastra. Universitas Muhammadiyah Mataram, 14–16.

Lindarti. (2013). Analisis Struktur dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat di Kabupaten Karanganyar:Universitas Udayana

Pasaribu, F. R. (2016). Nilai-Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Kubah Terbang: Analisis Sosiologi Sastra.

Mayrita, H., & Sari, A. P. I. (2017). Peserta Didik Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. Seminar Ilmiah Kerja Sama Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan Dan Universitas Di Sumatera Selatan, 1–11. http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/3578

Moleong, Lexy J. (2014). Metode Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suhaimi. (2014). dengan judul Struktur dan fungsi cerita rakyat Pak Alui Sas-tra Lisan Masyarakat Melayu Sanggau Kabupaten Sanggau: Subyantoro, Arief, dan Suwarto,

FX. (2006). Metode & Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Yunus, Bakhrum, Yusri Yusuf, Zainuddin Yahya, dan Ramli Gadeng. (2012). Struktur Sastra Lisan Kluet.Jakarta:Pusat Pembinaan dan Pengem-bangan Bahasa.
Published
2022-12-31
Abstract viewed = 0 times