Pengembangan Model Pembelajaran Sastra untuk Bahasa Indonesia yang Menginspirasi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran sastra yang dapat meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menerapkan model pembelajaran sastra yang dikembangkan kepada siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan sebelum dan setelah penerapan model, dan hasilnya dianalisis untuk menilai efektivitas model tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran sastra serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan model pembelajaran sastra. Simpulannya adalah bahwa pengembangan model pembelajaran sastra efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Sastra, Motivasi Belajar
Copyright (c) 2023 Muslihatun Muslihatun, Abdul Hayyi, Lalu Mukhlisin, Hasanuddin Hasanuddin, Misnawati Misnawati, Hary Murcahyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.