Pengembangan LKS Mengidentifikasi Cerita Rakyat Berbasis Kontektual Siswa Kelas X Sma Mazro’illah Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS mengidentifikasi cerita rakyat berbasis kontekstual siswa kelas X SMA Mazro’illah Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dan kuisioner/angket. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, dan uji kepraktisan. Hasil penelitian dapat diperoleh kevalidan LKS mengidentifikasi cerita rakyat berbasis kontekstual tergolong dalam kategori baik dengan persentase 80,8%. Selanjutnya kepraktisan LKS memperoleh persentase 86,65%. Dengan demikian terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan LKS mengidentifikasi cerita rakyat berbasis kontekstual, selanjutnya bahan ajar valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Simpulan yang diperoleh yaitu LKS mengidentifikasi cerita rakyat berbasis kontekstual yang dikembangkan oleh peneliti yaitu bahan ajar dengan penyajian materi yang secara singkat dengan disertai materi, contoh dan latihan.
Kata kunci: LKS, Kontekstual, Mengidentifikasi Cerita Rakyat, Pengembangan