Diferensiasi Produk Sebagai Asesmen Alternatif Bagi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan diferensiasi produk sebagai asesmen alternatif bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, di mana dua kelompok siswa diberikan perlakuan berbeda dalam pembelajaran, yaitu kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen yang mengalami pembelajaran dengan diferensiasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diferensiasi produk dalam asesmen mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa diferensiasi produk dapat menjadi alternatif asesmen yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa.
Kata Kunci: Asesmen alternatif, Diferensiasi produk, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Copyright (c) 2023 Misnawati Misnawati, Abdul Hayyi, Muslihatun Muslihatun, Lalu Mukhlisin, Hasanuddin Hasanuddin, Hary Murcahyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.