Diferensiasi Produk Sebagai Asesmen Alternatif Bagi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

  • Misnawati Misnawati Universitas Hamzanwadi
  • Abdul Hayyi Universitas Hamzanwadi
  • Muslihatun Muslihatun SMP N 2 Labuhan Haji
  • Lalu Mukhlisin Madrasah Aliyah NW Wanasaba
  • Hasanuddin Hasanuddin MTs. SA Da’watul Khair Kumbak
  • Hary Murcahyanto Universitas Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan diferensiasi produk sebagai asesmen alternatif bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, di mana dua kelompok siswa diberikan perlakuan berbeda dalam pembelajaran, yaitu kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional dan kelompok eksperimen yang mengalami pembelajaran dengan diferensiasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diferensiasi produk dalam asesmen mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa diferensiasi produk dapat menjadi alternatif asesmen yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa.

 

Kata Kunci: Asesmen alternatif, Diferensiasi produk, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Published
2023-12-29
Abstract viewed = 25 times
pdf downloaded = 11 times